Pelatihan Guru Membedah Kelas Literasi

 


Kegiatan Pelatihan Bedah Kelas dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada guru tentang pelaksanaan kegiatan lterasi di kelas. Pada kegiatan literasi kelas, bedah kelas merupakan ativitas membenahi kelas sesuai dengan konsep literasi kelas.

Bedah kelas berarti membangun kelas dengan kelengkapan literasi kelas. Misalnya, harus ada pojok baca, poster, papan pajangan karya siswa, pojok pasar, pohon literasi, gambar tematik dan sebagainya. Atribut tersebut diatur sedemikian rupa agar tampak rapi, menarik dan membuat siswa nyaman belajar di kelas.

Sedangkan dimensi lain dari literasi kelas adalah kegiatan literasi kelas itu sendiri. Kegiatan literasi yang dirancang oleh guru, seyogyanya dapat dilakukan oleh siswa. Kegiatan literasi kelas di kelas awal dan tinggi, tidaklah sama. Menyesuaikan dengan taraf berpikir dan perkembangan siswa. Tentu saja juga disesuaikan dengan muatan pelajaran yang dipelajari.
Sebab, pada gilirannya, kegiatan literasi kelas ini akan berintegrasi dengan kegiatan pembelajaran. Dimulai dari pembiasaan hingga pada tataran pembelajaran.

Nah, pedoman dan implementasi kegiatan literasi kelas ini, telah terangkum dalam buku Bedah Literasi Kelas. Buku tersebut disarankan untuk dibedah dan diambil sebagai contoh pengalaman empiris penulisnya. Buku tersebut berisi pengalaman penulisnya dalam melaksanakan kegiatan literasi di kelas. Semoga bermanfaat.

 


Post a Comment for "Pelatihan Guru Membedah Kelas Literasi"