Asesmen Murid dan Teaching at the Right Level (TarL)

Aleepenaku.com-Asesmen Murid dan Teaching at the Right Level (TarL). Sahabat guru semuanya, apakah sudah mengunjungi laman PMM? Khususnya mempelajari tentang Asesmen Murid dan Teaching at the Right Level (TarL)? Nah, pada artikel ini admin aleepenaku ingin berbagi tentang Asesmen Murid dan Teaching at the Right Level (TarL).


Teaching at the Right Level (TarL)

Kesenjangan pemahaman atau keberbedaan pemahaman tentang suatu topik materi tertentu sering terjadi antara satu murid dengan murid lainnya di suatu kelas. Mengapar hal tersebut bisa terjadi? Sebab, adanya beberapa faktor, salah satunya adalah level murid tersebut belum tepat dengan level atau capaian belajar yang ditetapkan. Sehingga sangat mungkin terjadi perbedaan pemahaman di kelas pembelajaran.

Nah, untuk melakukan atau memperbaiki situasi yang demikian itu, perlu adanya metode tertentu yang diterapkan oleh guru. Metode Teaching at the Right Level (Tarl) dapat menjadi jawaban dari permasalahan tersebut. Sebab, TarL merupakan pendekatan belajar yang tidak mengacu pada tingkat kelas, melainkan pada tingkat kemampuan murid. Artinya, metode ini lebih spesifik pada tingkat kemampuan setiap murid.

Hal yang Perlu Disiapkan Guru

Berikut hal-hal yang perlu disiapkan dan dilakukan guru dalam menerapkan metode TaRL:

  1. Melalukan asesmen awal pembelajaran kepada murid. Asesmen awal pembelajaran ini berfungsi untuk mengetahui karakteristik, potensi, dan kebutuhan murid, agar guru tahu sampai mana tahap perkembangan dan capaian belajar murid.
  2. Perencanaan pembelajaran. Setelah mengetahui hasil dari asesmen murid-murid, guru dapat menyusun perencanaan  proses pembelajaran yang sesuai, seperti perangkat ajar apa yang digunakan, metode, hingga pengelompokan murid sesuai tingkat kemampuan.
  3. Tahap pembelajaran. Pada tahap pembelajaran, guru juga perlu melakukan asesmen secara berkala. Asesmen berkala ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses perkembangan yang terjadi pada murid. 

Selain itu, sangat penting pula untuk melakukan evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran di akhir berfungsi untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran dan membantu merancang pembelajaran berikutnya.


Asesmen Sebagai Penunjang TarL

Asesmen merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian hasil belajar peserta didik. Selanjutnya, hasilnya digunakan sebagai bahan refleksi serta landasan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Asesmen sangat penting dalam penerapan TarL. 

Di sinilah setiap guru sangat penting untuk belajar. Platform Merdeka Mengajar menghadirkan Asesmen Murid agar dapat membantu guru mendapatkan informasi dari proses dan hasil pembelajaran murid.

Asesmen di platform Merdeka Mengajar terdiri dari dua jenis, yaitu Asesmen Pembelajaran dan Asesmen Kompetensi Minumum (AKM) Kelas. Simak tabel di bawah ini untuk melihat perbedaan keduanya.

Perhatikan tabel berikut.

Sumber tabel: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/7126931962649-Apa-Itu-Asesmen-Murid

Tanya Jawab Seputar Asesmen Murid dan Jawaban di PMM

Apa jenis asesmen yang tersedia di platform Merdeka Mengajar?

Asesmen Pembelajaran untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran di dalam kelas dan asesmen diagnostik/AKM Kelas untuk memahami kemampuan rata-rata murid secara periodik berdasarkan level kompetensi literasi dan numerasi.

Mengapa asesmen yang saya cari tidak tersedia?

Jumlah Asesmen Pembelajaran maupun AKM Kelas saat ini masih terbatas dan sedang dalam proses penyusunan oleh tim Kemendikbudristek.

Apakah literasi dan numerasi yang ada pada asesmen akan dijadikan mata pelajaran?

Tidak. Literasi dan numerasi adalah bentuk pengelompokkan soal AKM Kelas, bukan sebagai mata pelajaran.

Apakah saya harus menggunakan soal asesmen yang ada di platform Merdeka Mengajar?

Asesmen Murid pada platform Merdeka Mengajar adalah penunjang bagi Anda yang ingin menerapkan Teaching at the Right Level (TarL) sebagai metode pengajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Namun, Anda diperbolehkan menggunakan soal asesmen di luar platform Merdeka Mengajar selama Anda bisa mendapatkan informasi mengenai karakteristik, potensi, dan kebutuhan murid, dan mengetahui sampai mana tahap perkembangan dan capaian belajar murid.  

Apakah saya bisa menghapus hasil AKM Kelas?

Tidak bisa. Hasil AKM Kelas ditujukan sebagai referensi berbasis data historis. Dengan demikian, Anda dapat meninjau kembali hasil asesmen tersebut dan dapat membandingkannya dengan hasil asesmen di periode sebelum atau setelahnya.


Demikianlah informasi tentang Asesmen Murid dan Teaching at the Right Level (TarL). Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Asesmen Murid dan Teaching at the Right Level (TarL)"