Mengenal Perangkat Chromebook, Akses Akun dan Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Aleepenaku.com-Mengenal Perangkat Chromebook dan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Mengenal Perangkat Chromebook dan Platform Merdeka Mengajar (PMM) ini merupakan informasi penting agar tenaga pendidik dapat memahami dan memanfaatkan chromebook dan PMM dalam dunia pendidikan. 

sumber gambar: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/22966443323801-Menggunakan-Platform-Merdeka-Mengajar-Melalui-Chromebook


Chromebook

Chromebook dan PMM baru dikenal beberapa tahun terakhir. Bahwa Perangkat Chromebook dan Platform Merdeka Mengajar (PMM) ini digunakan dalam bidang pendidikan. Cukup dikenal di kalangan guru dan tenaga pendiidkan lainnya.

Sebagaimana dijelaskan pada laman https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/22966443323801-Menggunakan-Platform-Merdeka-Mengajar-Melalui-Chromebook, bahwa Chromebook merupakan perangkat komputer atau laptop yang sama dengan yang laptop pada umumnya. 

Lalu, apakah ada perbedaannya dengan laptop? Perbedaannya hanya pada sistem operasi yang digunakan, yaitu Chrome OS. Chromebook dilengkapi dengan Chrome Device Management (CDM) sebagai perangkat lunak, dan memiliki fungsi untuk melakukan pendaftaran (enrollment) Chromebook pada domain belajar.id. Pendaftaran (enrollment) dilakukan oleh penyedia jasa yang memiliki syarat tertentu. 

Penting!

Hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan platform Merdeka Mengajar di Chromebook:

Pastikan login menggunakan Akun belajar.id milik Anda

Pastikan logout setelah selesai menggunakan platform Merdeka Mengajar di Chromebook.

Akun yang Bisa Mengakses

Bagi sekolah yang menerima bantuan Chromebook ini, kini sudah dapat menggunakan platform Merdeka Mengajar atau PMM yang telah diinstal oleh admin. Pastikan Chromebook tersebut sudah terhubung dengan internet dengan stabil agar platform Merdeka Mengajar dapat terinstall ke Chromebook . Pengguna chromebook dapat masuk/login ke PMM melalui Chromebook menggunakan Akun belajar.id bagi pendidik dan kepala satuan pendidikan. 

Perlu diketahui bahwa setiap sekolah yang menerima bantuan Chromebook ini maka secara langsung dapat mengakses perangkat. Namun untuk chromebook ini diakses dengan menggunakan Akun belajar.id. Pengaturan utama pada Google Chrome di perangkat Chromebook yang telah dilakukan enrollment, yakni:

belajar.id

belajar.kemdikbud.go.id

mail.google.com

calendar.google.com

drive.google.com

classroom.google.com

Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Platform Merdeka Mengajar merupakan platform yang digunakan hanya untuki Guru dan Kepala Sekolah. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat platform secara keseluruhan Anda memerlukan akses masuk/login dengan:

Akun belajar.id (contoh: namaakun@guru.smp.belajar.id) bagi guru dan kepala sekolah yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek dan terdata di Dapodik. 

Akun madrasah (contoh: namaakun@madrasah.kemenag.go.id) bagi guru madrasah yang berada di bawah naungan Kemenag.

Informasi lebih lanjut mengenai daftar domain Akun belajar.id yang bisa masuk/login ke PMM: platform Merdeka Mengajar dapat melihat pada artikel Daftar Domain Akun belajar.id Milik PTK yang Bisa Masuk/Login ke Platform Merdeka Mengajar. Setiap guru juga dapat menonton video-video yang ada di Video Inspirasi dan Bukti Karya. 

Perlu diketahui, bahwa PMM atau platform Merdeka Mengajar adalah platform yang didesain khusus untuk penggunaan pribadi sedangkan Chromebook mungkin saja digunakan secara bersama-sama di dalam satu satuan pendidikan. Oleh karena itu, untuk menghindari penggunaan platform Merdeka Mengajar dengan akun milik orang lain, perhatikan hal-hal berikut ini saat menggunakan platform Merdeka Mengajar di Chromebook : 

Pastikan platform Merdeka Mengajar dalam keadaan logout atau belum ada Akun belajar.id yang ter-login dengan cara berikut:

Buka platform Merdeka Mengajar pada Chromebook, lalu klik Akun.

Pada halaman Akun, perhatikan email yang tertera, apakah email tersebut milik kita atau bukan.

Jika email tersebut bukan milik kita, silakan klik Keluar. Hal ini untuk menghindari kita beraktifitas di PMM menggunakan akun milik orang lain.

Setelah berhasil keluar, silakan masuk/login menggunakan Akun belajar.id milik kita sendiri. Kita harus dapat memastikan kembali di halaman Akun, apakah email yang tertera sudah milik kita atau bukan. Jika email yang masuk adalah milik kita, silakan gunakan platform Merdeka Mengajar sesuai kebutuhan kita.

Jika sudah selesai menggunakan platform Merdeka Mengajar di Chromebook, kita wajib keluar/logout. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa akun Anda tidak dapat diakses oleh orang lain yang menggunakan perangkat tersebut. Hal ini penting untuk melindungi informasi dan data pribadi setiap guru.


Tanya Jawab Seputar Menggunakan Platform Merdeka Mengajar melalui Chromebook 

Bagaimana cara memperbarui versi aplikasi platform Merdeka Mengajar melalui Chromebook?

Apakah ada perbedaan tampilan platform Merdeka Mengajar di Chromebook dengan di aplikasi Android?

Apakah saya bisa menginstal PMM di Chromebook milik saya pribadi (bukan Chromebook yang disediakan oleh Kemendikbudristek)?

Mengapa aplikasi Merdeka Mengajar belum terinstall di Chromebook yang saya gunakan?


Selengkapnya, jawaban di sumber artikel: 

https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/22966443323801-Menggunakan-Platform-Merdeka-Mengajar-Melalui-Chromebook

Demikian informasi tentang Mengenal Perangkat Chromebook, Akses Akun dan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mengenal Perangkat Chromebook, Akses Akun dan Platform Merdeka Mengajar (PMM)"