Link Isian Instrumen Komunitas Belajar dalam Sekolah oleh Kepala Sekolah

Pena Pendidikan-Link Isian Instrumen Komunitas Belajar dalam Sekolah oleh Kepala Sekolah. Di bawah ini merupakan Link Isian Instrumen Komunitas Belajar dalam Sekolah oleh Kepala Sekolah. Sebagaimana diketahui bahwa di Platform Merdeka Mengajar (PMM) telah terbit pemberitahuan tentang Instrumen Komunitas Belajar dalam Sekolah oleh Kepala Sekolah. Siapakah yang mengisi instrumen komunitas belajar dalam sekolah itu?

Sumber gambar: PMM

Apakah Intrumen Komunitas Belajar dalam Sekolah itu?

Sebagaimaan yang telah dijelaskan pada laman PMM bahwa Instrumen Komunitas Belajar dalam Sekolah merupakan alat bantu untuk mengetahui kondisi komunitas belajar di satuan pendidikan tempat kepala sekolah bertugas. 

Kondisi komunitas belajar di masing-masing satuan pendidikan atau sekolah tentu berbeda. Harapannya, dengan mengisi instrumen ini, di akhir pengisian setiap satuan pendidikan mendapatkan gambaran ideal dari komunitas belajar.

Siapa yang Perlu Mengisi Instrumen Ini?

Mungkin masih ada pertanyaan bagi bapak ibu, siapakan yang perlu mengisi instrumen ini. Nah, seperti yang telah dijelaskan dalam laman PMM bahwa Instrumen Komunitas Belajar dalam Sekolah ini diisi oleh kepala sekolah.

Kapan Instrumen Perlu Diisi?

Selanjutnya, kapankah instrumen ini perlu diisi? Instrumen dapat diisi secara berkala sesuai dengan kemajuan komunitas belajar Anda. Sedangkan untuk rentang waktu pengisian berikutnya dapat dilakukan paling cepat satu bulan (1 bulan) setelah pengisian sebelumnya.

Istilah Khusus dalam Komunitas Belajar

Merujuk pada laman PMM, istilah khusus dalam komunitas belajar adalah sebagai berikut.

Komunitas Belajar (Kombel): 

Sekelompok Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang belajar bersama, berkolaborasi secara terjadwal dan berkelanjutan dengan tujuan yang jelas serta terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar murid.

Nilai dan Komitmen Bersama: 

Nilai-nilai yang menjadi pondasi untuk berkolaborasi dan menjadikan komunitas belajar menjadi tempat yang aman dan ramah untuk semua anggotanya. Nilai-nilai yang disepakati lengkap beserta penjelasan perilaku cerminan dari nilai tersebut dan hasil komitmen bersama. 

Tim Kecil/Tim Penggerak: 

Guru dan Tenaga Kependidikan lainnya yang dinilai memiliki kualitas sebagai pemimpin dan memiliki pengaruh kuat dalam hal positif sebagai anggota dari tim kecil.

Siklus Inkuiri: 

Sebuah siklus yang terdiri dari refleksi awal untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar di dalam komunitas, perencanaan bersama, implementasi, serta evaluasi setelah melakukan implementasi.

Anggota Kombel: 

GTK yang menjadi bagian dari komunitas belajar.

Observasi Kelas: 

Kegiatan dimana para guru saling mengamati cara mengajar masing-masing, memberikan masukan, dan saling belajar guna meningkatkan kompetensinya dalam pembelajaran murid.


Tatacara atau Langkah-langkah Pengisian Instrumen dalam Sekolah

Adapun Tatacara atau Langkah-langkah Pengisian Instrumen dalam Sekolah, sebagai berikut.

Masuk ke tautan instrumen

Klik “Masuk dengan akun belajar.id”

Pilih akun belajar.id Anda

Masukkan NPSN Anda

Klik “Isi instrumen”

Jawab pertanyaan pada instrumen sesuai dengan kondisi komunitas belajar Anda

Klik “Simpan”

Klik “Lihat hasil”

Penting: Pengisian instrumen dianjurkan dilakukan menggunakan laptop/komputer

Informasi Terkait Lainnya

Informasi lainnya terkait pengisian instrumen dalam sekolah dapat dilihat melalui link https://s.id/ManualInstrumenKombel atau klik tombol di bawah ini:



Link Isian Instrumen Komunitas Belajar dalam Sekolah oleh Kepala Sekolah
Ini Link Isian Instrumen Komunitas Belajar dalam Sekolah oleh Kepala Sekolah:


atau masuk dengan akun belajar.id, di bawah ini.


Simak Penjelasannya:



Demikian informasi tentang Link Isian Instrumen Komunitas Belajar dalam Sekolah oleh Kepala Sekolah. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Link Isian Instrumen Komunitas Belajar dalam Sekolah oleh Kepala Sekolah"