Kukenalkan Gladhi Kusuma, Belajarku Di sini!

Kukenalkan Gladhi Kusuma, Belajarku Di sini!

Sebenarnya 2 tahun telah berlalu. Tahun saat aku mulai belajar dan bergabung di Komunitas para penggiat pendidikan tingkat Jawa Timur ini. Ajakan teman (kepala sekolah) mengikuti pertemuan pertamaku dengan Gladhi Kusuma, bagai tawaran menuju destinasi pesona Alam yang memukau. Aku suka sekali. I like it.
Sebagaimana yang telah tercantum dalam web sitenya, aku mencoba mengenalkan kepada khalayak umum tentang Gladhi Kusuma. Tempatku terus belajar. Nama Gladhi Kusuma perpaduan istilah Bahasa Jawa dari Gladhi dan Kusuma. Gladhi berarti pelatihan, pegembangan, dan pembinaan. Kusuma bermakna berbudi luhur, atau kemashuran. Kusuma dipakai sebagai singkatan dari kualitas sumberdaya manusia. Yayasan Gladhi Kusuma dimaksudkan sebagai yayasan pelatihan, pengem­bangan, dan pembinaan kualitas sumberdaya manusia. Yayasan Gladhi Kusuma yang selan­jutnya disebut Gladhi Kusuma didirikan dengan legalitas Akta Notaris Ika Nurmasari, S.H., M.Kn, Nomor: 211 tanggal 18 Desember 2017. Secara bersama-sama menghadap notaris Sinung D. Kristanto, Silvana Erlina, Pudjanto, Iswanto, Eny Wahjuni, Kasman, dan Bagus B. Affandri (http://gladhikusumaindonesia.com/profile/, 2019)

Para pakar itulah yang membidani kelahirannya. Luar biasa dedikasi mereka. Pantang mundur untuk terus memajukan sumber daya manusia. Terutama insan pendidik dan pelaku pendidikan lainnya.
Pada awalnya, Gladhi Kusuma merupakan pengembangan dari organisasi Paguyuban Pengembang Manajemen Berbasis Sekolah ( MBS) Provinsi  Jawa Timur yang berdiri 22 Mei 2004. Secara formal kepengurusannya ditetapkan pada 21 Maret 2006 berdasarkan Kepu­tusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur Nomor: 421.3/94/108.08/2006 tentang Paguyuban Pengembang MBS Jawa Timur (http://gladhikusumaindonesia.com/profile/, 2019).

Para perwira dan anggota Gladhi Kusuma sangatlah kompleks. Para pengelola dan fasilitator Gladhi Kusuma, berasal dari berbagai profesi, seperti  konsultan, dosen, pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, pemerhati pendidikan, purnawiran bidang pendidikan, dan relawan. Mereka telah berpartisipasi di seluruh Indonesia dalam berbagai program yang didanai Pemerintah Indonesia dan  funding luar negeri (NZAID, USAID, AUSAID, dan ADB), dalam program CLCC, Managing Basic Education (MBE), Decentralized Basic Education (DBE), Bermutu, USAID-Prioritas, Kinerja, PKP-SPM Dikdas, dan Inovasi, yang  dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, UNESCO, Unicef, Kartika Soekarno Foundation (KSF), Research Triangle Institute (RTI), Word Vision Indonesia (WVI), Save the Children, LPMP, P4TK, LP2KS dan LPKIPI (http://gladhikusumaindonesia.com/profile/, 2019)

Lalu apakah visi Gladhi Kusuma. Mengingat visi adalah ruh yang mendasari cita-cita sebuah komunitas maupun organisasi. Inovator profesional dalam mengembangkan Sumberdaya Manusia Indonesia adalah visi mulianya. Luar biasa!
Dalam rangka melaksanakan visi tersebut, Gladhi Kusuma memiliki misi, antara lain:
1. Memfasilitasi pelatihan pengembangan manajemen dan kualitas sumberdaya manusia bidang pendidikan dan kesehatan;
2. Membina dan mengembangkan lembaga pendidikan dan kesehatan;dan
3. Bekerjasama kemitraan dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah.
(http://gladhikusumaindonesia.com/profile/, 2019)
Adapun kegiatannya, sebagaimana yang tertulis dalam profile Gladhi Kusuma dalam (http://gladhikusumaindonesia.com/profile/, 2019).

1. Bidang Pendidikan:

Pelatihan, workshop, dan kajian manajemen dan pengembangan pengembangan sumberdaya manusia;Pelatihan, workshop, dan kajian manajemen berbasis sekolah (MBS);Pelatihan, workshop, dan kajian keilmuan pendidikan dan persekolahan, meliputi: kepengawasan sekolah, kekepalasekolahan, keguruan, pembelajaran, akreditasi sekolah, perpustakaan sekolah, penelitian tindakan kelas, dan penelitian tindakan sekolah;Pengelolaan dan pengembangan lembaga pendidikan formal, informal, dan nonformal jenjang PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, perguruan tinggi (LPTK), dan pendidikan sejenis yang sederajat;Pelatihan dan pengembangan organisasi profesi kependidikan, meliputi: Himpaudi, IGTKI, PGRI, dan organisasi sejenis;Pelatihan dan pengembangan profesi guru dan manajemen sekolah, meliputi KKG. MGMP, KKKS/MKKS, KKPS/MKPS, dan organisasi sejenis;Pelatihan dan pengembangan profesi fasilitator dan konsultan;Layanan fasilitasi dan konsultasi pendidikan dan pembelajaran;Pelatihan Kepramukaan;Pembinaan kepemudaan dan penguatan pendidikan karakter;Motivasi dan Team Building;Kerjasama kemitraan dengan lembaga pemerintah dan nonpemerintah (NGO) bidang pendidikan.

2. Bidang Kesehatan:

Pelatihan dan pengembangan Taman Posyandu, dan kegiatan sejenis;Layanan fasilitasi kesehatan sekolah (UKS, PMR,Tiwisada, LSS, dan sejenisnya)Kerjasama dengan pemerintah dan nonpemerintah (NGO) bidang kesehatan.D. Produk Pelatihan

1. Pengembangan Fasilitator:

Pelatihan Fasilitasi Tingkat DasarPelatihan Fasilitasi Tingkat Lanjut

2. Pengembangan Organisasi Profesi:

Pelatihan Pengembangan KKG/MGMPPelatihan Pengembangan KKKS/MKKSPelatihan Pengembangan KKPS/MKPS

3. Pengembangan Profesi Guru dan Manajemen Sekolah:
Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (Best Practice, PTK, PTS, Jurnal)Pelatihan Penyusunan RKS, RKT dan RKASPelatihan Implementasi KurikulumPelatihan Manajemen dan Pembelajaran InklusiPelatihan Literasi dalam PembelajaranPelatihan Pengelolaan Penguatan Pendidikan Karakter di SekolahPelatihan Pengelolaan Keuangan dan Aset SekolahPelatihan Pengelolaan Perpustakaan SekolahPelatihan Pengelolaan dan Pembelajaran PAUDPelatihan Pengelolaan dan Pembelajaran SD/MIPelatihan Pengelolaan dan Pembelajaran SMP/MTsPelatihan Pengelolaan dan Pembelajaran SMA/MAPelatihan Pengelolaan dan Pembelajaran Perguruan Tinggi (LPTK)Pelatihan Calistung Kelas AwalPelatihan Penguatan Kepala Sekolah
4. Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas:

Pelatihan PAKEM
Pelatihan Pengolahan Nilai Pembelajaran
Pelatihan Motivasi dan Mentoring bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah
5. Pelatihan Kegiatan Ekstrakurikuler:
Pelatihan Kepramukaan
Pelatihan Motivasi dan Team Building
Pelatihan UKS
Pelatihan Tiwisada
Pelatihan Pecinta Lingkungan Sehat
Pelatihan Pengembangan Konselor Sebaya
Sumber: (http://gladhikusumaindonesia.com/profile/, 2019)

alee duangh
alee duangh Saya adalah pribadi yang ingin selalu belajar dan berbagi. Menebar manfaat dan kebaikan adalah tabungan yang akan abadi

Post a Comment for "Kukenalkan Gladhi Kusuma, Belajarku Di sini!"