Takjub! Senam Pagi Ala Santri

Takjub! Senam Pagi Ala Santri

Dua kali tepuk pramuka mengawali senam pagi santri di Ponpes ini. Langka sepertinya. Tepuk riuh itu menggembirakan para santri. Juga orang tua santri pengunjung yang hadir pagi itu. Meriah. Gembira. Tertawa dan senyum juga membuka pikiran dan perasaan bahagia. Santri siap siaga berdiri sempurna sambil mendengarkan tausiyah sebelum senam dimulai. Sungguh penanaman karakter yang hebat bermartabat.

Tausiyah atau nasihat itu menguatkan mental spiritual para santri. Belum ditemukan di dunia sekolah negeri selama saya mengajar. Luar biasa.

Selanjutnya gerakan sederhana mulai dari gerakan tangan, pinggang dan kaki secara berurutan. Dan gerakan sambil duduk dengan variasi yang cukup banyak. Menyehatkan. Sayapun mengikuti dengan bahagia kegiatan senam pagi para santri itu.

Olahraga, terutama senam ini sebenarnya mirip herba atau jamu tradisional yang mempunyai banyak manfaat. Banyak penyakit yang dapat dicegah dengan berolahraga senam secara teratur. Senam yang dilakikan secara teratur setiap hari juga dipercaya sebagai sarana yang bagus untuk menjaga hidup sehat dan lebih berkualitas serta memupuk rasa percaya diri dan bahagia.

Senam termasuk salah satu olahraga yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan dan terapi beberapa jenis penyakit. Terutama yang berhubungan dengan penyakit sistem pernafasan, peredaran darah dan keluhan tulang belakang.

Saat ini, di era orang semakin sibuk dengan pekerjaan dan bisnis, banyak yang sering melupakan manfaat senam pagi, terlebih setelah bangun tidur pagi ketika matahari mulai terbit.

Bagaimana kita melakukan senam pagi?

Senam pagi setidaknya dapa menormalkan aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku sewaktu bangun tidur. Pada saat tidur, tubuh kita istirahat penuh tanpa aktivitas yang berat. Sebaiknya kita melakukan beberapa hal terkait dengan kebugaran tubuh di pagi hari, antara lain sebagai berikut.

1. Minum air putih setelah bangun tidur untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh dan menjaga tersedianya air dalam tubuh

2. Minum herba pilihan, terutama terkait dengan herba paket sehat dan herba penyembuhan maupun pencegahan.

3. Mulai melakukan senam peregangan, yang bisa kita lakukan memegang kedua erat tangan ke atas kepala, menggerakkan tangan ke samping dan ke bawah, menggerakkan dan menahan pinggang dan persendian.

4. Senam inti dengan variasi gerakan yang runtut dari kepala hingga kaki.

5. Boleh juga memijit pundak selama beberapa menit saja, lalu setelah itu bergerak ke sekitar halaman rumah dengan melakukan beberapa gerakan tubuh ringan, lari kecil atau gerakan lainnya.

6. Setelah badan sedikit menghangat, bisa istirahat sambi kembali meminum segelas air putih untuk penyegar.

7. Selalu bersyukur dan berbahagia.

Jenis senam pagi lainnya yang juga memberi banyak manfaat ialah senam aerobik. Senam yang biasa dilakukan oleh para ibu, pegawai kantor dan sebagainya. Senam aerobik merupakan gabungan gerakan-gerakan yang energik dan kreatif, berirama cepat sesuai dengan fungsi senam aerobik itu sendiri.

Manfaat senam aerobik adalah meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh. Juga dapat meningkatkan hormon bahagia dengan musik yang menggairahkan.

Senam lainnya juga dapat dilakukan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Baik dilakukan sendiri maupun bersama-sama.

Dengan senam yang teratur, badan menjadi segar. Segala keletihan setelah bekerja dan beraktivitas yang penat menjadi berkurang atau bahkan hilang. Selain itu, dengan herba pilihan yang dikonsumsi yang didukunh dengan senam, daya tahan tubuh meningkat.

Senam pagi merupakan suatu aktifitas fisik yang sangat perlu diadakan secara rutin untuk menjaga kesegaran jasmani para santri  di pondok ini. Senam pagi merupakan salah satu aktifitas jasmani yang efektif untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan santri dalam menerima ilmu.

Sebagaimana diketahui bahwa gerakan-gerakan pada senam pagi selain melatih otot-otot pada tubuh juga melatih gerakan motorik pada santri yang selalu belajar dengan duduk. Duduk di lantai biasanya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah senam pagi hari ini???

alee duangh
alee duangh Saya adalah pribadi yang ingin selalu belajar dan berbagi. Menebar manfaat dan kebaikan adalah tabungan yang akan abadi

Post a Comment for "Takjub! Senam Pagi Ala Santri"