RPP Matematika Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Lengkap)

Sahabat penaku, terima kasih masih bersama aleepenaku.com. Satu blog pembelajaran bagi guru dan insan akademik lainnya. Admin aleepenaku juga menerima sumbangan sukarela naskah akademik terkait dengan pendidikan, pembelajaran, budaya dan literasi.

Selanjutnya, saat ini admin aleepenaku ingin berbagi RPP Matematika Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 Semester 2  (Lengkap). Sebab, beberapa guru pembaca merequest RPP Matematika Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 Semester 2  (Lengkap) ini. Harapannya dapat membantu para insan pendidik untuk sharing dan saling memperkuat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Sedikit mengingatkan kembali bahwa sebenarnya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru sebagai pedoman atau acuan dalam mengajar. RPP ini disusun berdasarkan SK/ KD dari silabus pembelajaran. Untuk lebih jelas lagi tentang silabus pembelajaran matematika, silakan di unduh: silabus pembelajaran matematika kelas 5.

Memanglah benar, bahwa RPP yang disusun oleh guru relevan dengan kegiatan dan kondisi yang dilaksanakan di lapangan. Sebab, setiap guru yang mengajar mempunyai pengalaman yang berbeda, situasi, kondisi, keadaan siswa dan lingkungan belajar yang berbeda pula. Sehingga memungkinkan skenario pembelajaran pun juga berbeda. 

Oleh karena itu, diharapkan guru dapat mengembangkan RPPnya sesuai dengan kondisi di sekolahnya. RPP Matematika Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 Semester 2  (Lengkap) ini adalah masukan RPP yang mungkin bisa diajdikan bandingan dalam menyusun RPP di sekolah. Terutama RPP Matematika Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 (Lengkap) ini sebagai instrumen untuk memperkaya skenario pembelajaran yang disusun oleh para sahabat guru semuanya.

Sahabat hebat, dalam konsep merdeka belajar, guru diminta dapat melakukan perubahan, sekecil apapun tetap berharga. Jadi, jika ada perbedaan dalam menginterpretasi dan menyusun RPP, janganlah diperdebatkan. Apalagi,  menurut SE Mendikbud No. 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP, guru memiliki kewenangan menyusun RPP sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan.

Jika RPP Matematika Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 Semester 2  (Lengkap) ini diangggap terlalu lengkap, bisa disederhanakan menurut pemahaman dan kondisi di sekolah para sahabat. Jika dianggap cukup dan bisa dijadikan pedoman, maka lakukanlah penyempurnaan pada bagian yang perlu disempurnakan. RPP Matematika Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 S emester 2 (Lengkap) bukanlah yang sempurna. Masih butuh perbaikan di sana-sini.

Supaya diingat bahwa mata pelajaran matematika, isinya memuat konsep yang abstrak dan sulit dipahami. Untuk itulah, guru perlu menjelaskan konsep tersebut sampai dipahami oleh siswanya. Guru matematika perlu secara jelas memaparkan dan membuktikan angka-angka dalam matematika menjadi sesuatu yang bisa diterima oleh logika siswa.

Matematika adalah mata pelajaran yang unik dan abstrak. Unik karena matematika penuh dengan tantangan dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematika. Dibutuhkan strategi dan teknik yang tepat dalam menyampaikan bahan ajar matematik agar mudah dipahami oleh siswa. Maka, hal inilah yang menjadi salah satu tugas guru. Memahamkan siswa terhadap konsep abstrak matematika.

RPP merupakan rancangan skenario pembelajaran yang memuat kegiatan guru secara teknis dalam mengajar. RPP Matematika Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 Semester 2  (Lengkap) disajikan untuk memberikan gambaran teknis mengenai bagaimana langkah-langkah guru dalam mengajar.

RPP Matematika Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 (Lengkap) Semester 2 ini memuat materi matematika sebagai berikut.

Volume dan Ruang

Jaring-jaring Bangun Ruang

Penyajian Data Tunggal

Interpretasi Data

Adapun RPP Matematika Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 Semester 2 secara lengkap dapat diunduh di bawah ini.

4. Volume dan Ruang >>>> Unduh File

5. Jaring-jaring Bangun Ruang >>>> Unduh File

6. Penyajian Data Tunggal >>>> Unduh File

7. Interpretasi Data >>>> Unduh File

Atau RPP Matematika Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 Semester 2 dalam satu file lengkap, dapat diunduh juga di bawah ini:

RPP Matematika Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 Semester 2 >>>> Unduh File

Silakan unduh juga: Buku Elektronik Matematika Jenjang Kelas 4,5, dan 6


Sedangkan untuk RPP Tematik kelas VI dapat dibaca juga: RPP Tematik Kelas VI Tema 1

dan silakan mengunduh RPP Kelas 4 SD/ MI.

Untuk mengetahui contoh lengkap RPP  program Guru Berbagi Kemdikbud, silakan baca juga: CONTOH RPP JENJANG SD, SMP, SMA Guru Berbagi.

Sedangkan untuk informasi penting lainnya terkait dengan pendidikan dan pembelajaran, dapat dibaca juga:

Pendaftaran Guru Penggerak Tahun 2021

RPP Lengkap SD/ MI

Modul Pembelajaran Jenjang SMP

Tentang Sekolah Penggerak Lengkap

Modul Literasi dan Numerasi Lengkap

Bentuk dan Soal-Soal Aseesmen Kompetensi Minimum 

RPP Matematika SD

RPP Daring SD,SMP.SMA

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru

Soal  PAS Kelas 1-6 SD/ MI

Form Analisis PH SD

Semoga apa yang disajikan dapat bermanfaat. Amin. Salam literasi.

Post a Comment for "RPP Matematika Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Lengkap)"