> Pendaftaran Guru Penggerak Episode 5, Kuota 8.000 untuk Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB - Alee Pena Pendidikan

Pendaftaran Guru Penggerak Episode 5, Kuota 8.000 untuk Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB

 Aleepenaku.com-sahabat guru hebat di manapun berada. Setelah sukses melaksanakan tahapan pelaksanaan rekrutmen Guru Penggerak 1 hingga episdoe 4, Kemdikbud kembali akan segera membuka registrasi atau pendaftaran Guru Penggerak Episode 5 Tahun 2021 ini.

Siapakah Guru Penggerak itu?

Sebagaimana yang dijelaskan pada laman sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ bahwa guru penggerak merupakan guru yang mampu menciptakan pemimpin pembelajaran yang berpusat pada siswa. 

SS: sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/

Oleh karena itulah, bagi sahabat yang ingin mendaftarkan diri sebagai guru penggerak, haruslah memahami beberapa hal penting, yaitu sebagai berikut.

  1. Memahami filosofi pendidian Ki Hajar Dewantara. Calon GP harus melakukan refleksi kritis pada hubugan nilai yang dikandung dengan konteks pendidikan lokal dan nasional.
  2. Mampu menjalankan strategi sebgaai pemimpin pembelajaran. Sehingga dapat mewujudkan sekolah sebagai pusat dalam mengembangkan karakter positif.
  3. Mampu mengembangkan dan mengomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada siswa.
Informasi Registrasi:


Bagi sahabat yang akan menjadi Guru Pengerak, harus lulus pada pendidikan Guru Penggerak. Yakni, program pendidikan leadership bagi guru dalam rangka menjadi pemimpin pembelajaran. Ragam kegiatan para program pendidikan Guru Penggerak, meliputi:

Pelatihan Daring

Lokakarya

Konferensi

Pendampingan

Catatan penting: Selama mengikuti program pendidikan Guru Penggerak, guru tersebut atau calon guru penggerak itu tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

Para sahabat yang dinyatakan lulus sebagai guru penggerak, harapannya dapat melakukan hal sebagai berikut.

  1. Mengembangkan diri dengan refleksi. Berbagi dan berkolaborasi dengan guru lainnya.
  2. Mempunyai kematangan emosi, moral dan spiritual. Berperilaku sesuai dengan kode etik.
  3. Segera merencanakan, melaksanakan, melakukan refleksi dan evaluasi pembelajaran berpusat pada siswa. Juga melibatkan orang tua.
  4. Lakukanlah kolaborasi dengan masyarakat atau orang tua siswa serta komunitas dalam rangka mengembangkan sekolah. Dan menumbuhkembangkan kepemimpinan siswa.
  5. Melakukan pengembangan dan memimpin dalam mewujudkan visi sekolah. Visi sekolah yang berpihak pada sekolah. Serta sesuai dengan kebutuhan suatu komunitas di sekitar satuan pendidikan.

Maka, peran guru penggerak ini sangat strategis. Sehingga diharapkan dapat menjadi katalis perubahan pendidikan di wilayah masing-masing, dengan strategi:
  1. Mengerakkan komunitas belajar
  2. Menjadi Pengajar Praktik
  3. Mendorong peningkatan kepemimpinan siswa
  4. Membuka ruang diskusi dan kolaborasi
  5. Menjadi pemimpin pembelajaran

Nah, saat ini akan segera dilaksanakan rekrutmen Guru Penggerak Episode 5. Informasi selengkapnya dapat dibaca pada laman resmi kemdikbud,  yaitu: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/

Sebagaimana surat dari Kemdidbud nomor 4469/B2/GT.03.03/20021 tentang rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 5. Sedangkan surat tersebut ditujukan kepada kepala dinas pendidikan tingkat provinsi dan Kota/ Kabupaten sesuai dengan lampiran.

Dalam surat tersebut disampaikan tentang sasaran calon Guru Penggerak angkatan 5, yaitu 8.000 guru pada jenjang Pauddikdasmen dan SLB. Termasuk diinformasikan bahwa selama kegiatan pendidikan, guru tersebut tetap melaksanakan tugas mengajar sebagaimana mestinya di sekolah masing-masing.

Adapun proses rekrutmennya dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama adalah registrasi dan pengisian serta penilaian biodata, penilaian esai. Yang kedua, penilaian simulasi mengajar dan interview. Sedangkan registrasi akan dibuka pada tanggal 4-29 Oktober 2021.
Apa saja syaratnya?
Persyaratan utama dalam melakukan registrasi Guru Penggerak Angkatan 5 adalah sebagai berikut.
  1. Guru PNS atau Non PNS. Boleh dari sekolah negeri atau swasta.
  2. Mempunyai akun guru di Dapodik.
  3. Minimal berijazah S1/D4
  4. Berpengalaman mengajar minimum 5 tahun.
  5. Mempunyai waktu sisa mengajar atau masa purnatugas tidak kurang dari 10 tahun.
Bagi para sahabat dapat melakukan pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 5 dari akun SIM PKBnya. Atau segera bisa kunjungan laman resmi Guru Penggerak di Web. Kemdikbud.
Selanjutnya, bagi sahabat yang membutuhkan informasi lengkap tentang tata cara pendaftaran, informasi program pendidikan GP, dan hal lainnya, dapat diunduh Surat Pemberitahuan Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 5,
Klik tombol:


Lebih 100 pertanyaan para sahabat tentang Guru Penggerak, maka akan terjawab, Di Sini.


Sedangkan Lini Masa Jadwal Rekrutmen dari Angakatan 1-6, silakan dapat dilihat pada gambar berikut:
SS: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/lini-masa/

Informasi penting lainnya, dapat dibaca juga:









Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi kita semua. Salam Literasi.

16 comments for "Pendaftaran Guru Penggerak Episode 5, Kuota 8.000 untuk Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB"

  1. Terima kasih informasinya Pak Ale... yang sudah berbagi cerita..ilmu.. bermanfaat.. semoga panjang umur dan sehat selalu.. salam bahagia 💖🙏

    ReplyDelete
  2. Terima kasih informasi nya, semoga bermanfaat dan berkah.

    ReplyDelete
  3. apakah benar jika lolos sebagai guru penggerak, maka tidak diizinkan pindah dari sekolah minimal 4 tahun?

    ReplyDelete
  4. Sudah pernah daftar di angkatan 1 tapi tidak diteruskan, apakah bisa daftar lagi di angkatan 6 ??

    ReplyDelete
  5. Bagai mna yg lulusan guru tidak mengajar seharusnya proses perekrutan nya secara umum.karna masih banyak sarjana pendidikan yg berkualitas tapi tidak mengajar,karena TDK ada kesempatan untuk mengajar di sekolah baik honor maupun kontrak karena tdak ada orang dalam yg masukin kesekolah untuk mengajar.

    ReplyDelete
  6. Terimakasih informasinya. Jadi nambah wawasan ttg GP

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.