Twibbonize Detik-Detik Peringatan Hari Bersejarah (Pemberontakan G 30 S/ PKI)

 Sahabat hebat semunya. Bulan Septembe merupakan bulan bersejarah. Yakni, pada akhir September, tepatnya tanggal 30 September selalu diingatkan sebagai hari pemberontakan gerakan 30 September oleh PKI. Ini adalah sejarah yang patut diketahui dan dipahami oleh kita semua. Termasuk para generasi milineal kita.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam laman wikipedia.id bahwa pemberontakan PKI ini sebab jatuhnya kabinet bangsa kita. Saat itu dipimpin oleh Amir Sjarifuddin. Oleh sebab kabinetnya tidak mendapat dukungan lagi. 

Kemudian dibentuk kabinet baru. Mohammad Hatta dipilih sebagai Perdana Menteri. Namun demikian, ketua kabinet lama tidak menyetujuinya dan sayap kirinya.

Nah, kemudia Musso (tokoh komunis Indonesia yang lama tinggal di Uni Soviet memaparkan tentang pekerjaan dan kesalahan partai. Terutama dalam dasar orgaisasi politik. Sehingga, Musso menggagas partai dengan basis buruh. Gagasannya dikenal dengan nama Jalan Baru Untuk Republik. Hal itu disampaikannya pada sidang Politbiro tanggal 13.14 Agustus 1948 (Wikipedia).

Hingga akhirnya lahirlah Partai Komunis Indonesia dan secara singkat cerita sampai terjadi pemberontakan G 30 S/ PKI itu. Peristiwa tersebut menyebabkan gugurnya para Jendral. Guru sebagai pahlawan revolusi. 

Nah. sejarah itu;ah yang harus dijelaskan kepada generasi baru. Sehingga memahami sejarah dan peristiwa besar yang pernah terjadi.

Namun demikian, kita juga perlu mengingatkan kepada para siswa dan masyarkat agar tetap waspada terhadap sesuatu yang mungkin tidak selaras dengan Pancasila sebagai pedoman dan falsafah bangsa.

Pada kesempatan ini, aleepenaku ingin berbagi cara menyemarakkan untuk mengingat kembali peristiwa itu. Peringatan peristiwa pemberontkan PKI itu, tetap selalu diingat oleh masyarakat kita. 

Untuk itulah, marilah siswa dan anak kita kenalkan tentang sejarah itu. Setidaknya dengan bingkai ini, ada semangat untuk mengenag perjuangan para pahlawan kusuma bangsa tersebut. Twibbonize ini dibuat oleh para sahabat. Kita tinggal menggunakannya saja, yaitu:

https://twb.nz/pemberontakanpki1

https://twb.nz/peringatang30spki1

https://twb.nz/peringatangsospki2

https://twb.nz/pemberontakanpki



Untuk menggunakan tibbonize di atas, silakan pasang foto kita di sini.



Untuk menggunakan tibbonize di atas, silakan pasang foto kita di sini.


Untuk menggunakan tibbonize di atas, silakan pasang foto kita di sini.


Untuk menggunakan tibbonize di atas, silakan pasang foto kita di sini.

Selengkapnya, lebih banyak lagi, bisa diunduh di: twibbonize.com/explore?sort=popularity&q=pki.

Informasi penting lainnya silakan dapat dibaca juga:

Twibbon Hari Kesaktian Pancasila (HKP) Tahun 2021

Twibbon Hebat Dahsyat Profil Pelajar Pancasila

Twibbonize Ceria KTS 1

Twibbon Elegan Hari Batik Nasional

ANBK SD 2021

Contoh, Bentuk Soal AKM pada jenjang SMP 

Contoh, Bentuk Soal AKM pada jenjang SMA

Modul Literasi & Numerasi untuk jenjang SD

Informasi AKM Tahun 2021

KSN 2021

Demikian hal yang bisa admin sampaikan Terima kasih telah berkunjung ke blog pendidikan ini, aleepenaku.com. Semoga bermanfaat.

 

Post a Comment for "Twibbonize Detik-Detik Peringatan Hari Bersejarah (Pemberontakan G 30 S/ PKI)"