Terkini: Tentang Tambahan Afrimasi, Lalu 100 Ribu Peserta yang Lolos Seleksi Kompetensi 1 PPPK Guru 2021?

Sahabat penaku-Sahabat yang luar biasa. Setelah pngumuman kemarin ditunda, sebab masih adanya berbagai harapan masyarakat yang diakomudir oleh pemerintah, maka para peserta bisa bernapas lega. Sebab, masih ada harapan besar mendapat tambahan nilai afirmasi. Baik afirmasi masa kerja, maupun tambahan nilai pada afirmasi kondisi daerah. Terlebih lagi di daerah yang kekurangan guru atau tenaga pendidik.



Mengenai pengumuman yang ditunda tersebut, para sahabat dapat melihatnya langsung di laman resmi gurupppk.kemdikbud.go.id. Atau bisa juga diakses pada laman Pengumuman Guru PPPK Kemdikbud 2021. Intinya, pada pengumuman tersebut,akan diumumkan kembali pada waktu yang akan ditentukan kemudian. Dengan demikian, berarti peserta yang belum lolos seleksi kompetensi 1 punya harapan besar bisa lolos.

Nah, harapan besar yang saat ini benar-benar perlu diwujudkan adalah adanya tambahan tambahan afirmasi masa kerja dan kondisi daerah yang bisa mendokrak perolehan nilai murninya. Jika, nilai murni tersebut dapat didongkrak dengan afirmasi tambahan, maka peserta yang lolos menjadi ASN Guru PPPK akan lebih banyak, insyaAllah.

Sesuai dengan pengalaman sahabat penaku sebagai peserta seleksi PPPK Guru 2021, terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi saat pelaskanaan tes seleksi kompetensi 1, yaitu:

Terdapat materi soal yang dirasa sukar.

Bentuk soal yang berkalimat panjang.

Kisi-kisi yang dipelajari, tidak keluar di soal

Terbatasnya waktu yang ada

Nilai ambang batas terlalu tinggi

Nah, ternyata ada angin segar. Bahwa kemdikbud akan mempertimbangkan kemungkinan adanya afirmasi tambahan. Ini patut diyukuri. Sehingga para peserta dapat memeroleh tambahan afirmasi. Dan tentu saja harus berkeadilan, melihat dari masa kerja dan kondisi daerah yang tidak sama serta kebutuhan guru. InsyaAllah dimudahkanNya. Kita doakan, semoga para pemengku kepentingan dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Serta para sahabat diberi kesabaran menunggu keputusan yang berpihak kepada sahabat semuanya.

Sekarang ada pertanyaan besar bagi beberapa sahabat, mungkin. Nanti, jika peserta seleksi kompetensi yang tidak lolos,ternyata mendapat tambahan nilai afirmasi, dan ternyata setelah dijumlahkan, nilai akhirnya melebihi dari peserta yang lolos tahap 1, Bagaiamanakah nasib peserta yang lolos? Padahal peserta yang lolos seleksi kompetensi 1 itu mencapai hampir 100 ribu orang.

Bukankah, bisa saja peserta yang lolos tersebut nilainya lebih besar peserta yang tak lolos tapi mendapat tambahan nilai afirmasi? Bagaimakah jika demikian?

Janganlah khwatir bagi para sahabat yang telah dinyatakan lolos seleksi kompetensi 1 PPPK Guru 2021. Bahwa sebagaimana yang telah dijelaskan dalam pembertaan, Komisi X meminta agar peserta yang telah lulus pada seleksi kompetensi 1 untuk segera dikunci namanya. Agar tidak terjadi nama disingkirkan setelah adanya tambahan afirmasi bagi peserta yang tidak lulus SK1 (www.jpnn.com/news// 24/9/2021)

Sehingga tak perlu diraukan bagi sahabat yang telah lolos pada seleksi kompetensi 1. Namun demikian, tetap perlu menyimak dan mengikuti perkembangan terkait proses seleksi PPPK Guru tahun 2021 ini pada laman resmi gurupppk.kemdikbud.go.id

Untuk informasi penting lebih lanjut, disaranan untuk membaca juga:

Pengumuman Ynag Ditunda

Siapkan untuk TSK Berikutnya

Info PPPK 2021

Afirmasi dan Sistem Ranking PPPK Guru 2021

Peluang Peserta TSK jika NAB tetap

Solusi Pasca Tes Kompetensi 1

Informasi CASN 2021

Demikian informasi ini  disampaikan kepada para sahabat semuanya sebagai tambahan pengingat bagi kita semua. Semoga bermanfaat.. Semoga berhasil. 


Post a Comment for "Terkini: Tentang Tambahan Afrimasi, Lalu 100 Ribu Peserta yang Lolos Seleksi Kompetensi 1 PPPK Guru 2021?"