Segera Diangkat, Optimalisasi Formasi dan Tambahan Afirmasi Bagi Peserta PPPK Guru 2021

 Aleepenaku.com- Sahabat penaku yang luar biasa di manapun berada. Seperti yang diberitakan kemarin, bahwa pengumuman kelulusan seleksi kompetensi 1 ditunda. Dengan ditundanya pengumuman, praktis yang dinyatakan lulus hampir 100 ribu peserta, juga belum menemukan kepastiannya. Sebab, pengumuman memang ditunda setelah mendapat masukan dan saran dari berbagai pihak. Terutama pada saat melakukan rapat bersama Komisi X DPR RI dengan Mendikbudristek.

Diundurnya pengumuman tersebut sekaligus menjadi harapan baru bagi peserta yang belum mencapai nilai ambang batas. Meskipun diketahui bahwa nilai yang diperoleh tersebut merupakan nilai murni yang diperoleh peserta seleksi kompetensi 1 PPPK Guru tahun 2021.

Terbitnya pengumuman nomor 5363/B/GT.01.00/2021 sebagai pemberitahuan ditundanya pengumuman resmi peserta yang lolos tes seleksi kompetensi 1 yang seharusnya diumumkan tanggal 24 September kemarin. Untuk memeroleh surat pemberitahuan atau pengumuman tersebut, silakan dapat diakses di laman Pengumuman Guru PPPK Kemdikbud 2021.


Seperti yang dirasakan oleh mayoritas peserta tes seleksi PPPK Guru tahun 2021 ini. Terdapat beberapa kendala terkait, soal yang dirasa sulit, dan kalimatnya banyak yang panjang, kurangnya relevansi dengan kisi-kisi, waktu yang disediakan, kurang, perlunya tambahan afirmasi, khusunya bagi yang memiliki masa kerja cukup lama serta nilai ambang batas yang dianggap terlalu tinggi.

Kemudian, terdapat beberapa poin yang akan menjadi kabar gembira pada peserta yang telah mengikuti tes seleksi kompetensi 1, antara lain sebagai berikut.

Sesuai dengan apa yang telah diketahui bersama pada saat Mendikburistek rapat bersama DPR RI, bahwa Mendikbudristek akan segera mengangkat 100 ribu peserta yang lolos seleksi komptensi tersebut. Termasuk masukan dari berbagai pihak agar peserta yang lolos tersebut, namanya dikunci agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Maksudnya, peserta yang lolos supaya mendapat jaminan pasti tetap lolos jika pengumuman nanti diterbitkan.

Adanya tambahan afirmasi bagi peserta seleksi PPPK Guru 2021 yang mencakup afirmasi masa kerja. Kemungkinan juga ada tambahan afirmasi masa kerja sesuai dengan masa kerja setiap peserta seleksi. Mengingat masa kerja yang berbeda-beda, maka proporsionalitasnya tentu bergantung kepada kebijakan pemangku kepentingan.

Dimungkinkan adanya optimalisasi formasi yang kosong di beberapa daerah. Hal tersebut tentu menjadi peluang apabila peserta seleksi dapat mendaftar di daerah tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga kebutuhan guru yang ada di daerah bisa terpenuhi.

Kemudian, untuk formasi PPPK Guru tahun 2022 nanti, juga semoga bisa semakin dipermudah. Baik, persayaratan, tambahan afirmasi, penurunan nilai ambang batas dan formasi yang ditambah.

Untuk memeroleh informasi tentang optimalisasi formasi dan penambahan afirmasi, para sahabt dapat membacanya pada laman kemdikbud.go.id

Dan jangan pernah berhenti untuk memantau perkembangan terkini dengan mengunjungi laman resmi gurupppk.kemdikbud.go.id

Semoga afirmasi tambahan ini akan diwujudkan dan lebih banyak lagi peserta yang menjadi ASN Guru PPPK semuanya.

Untuk informasi penting lebih lanjut, para sahabat penaku disaranan untuk membaca juga:

Pengumuman yang Ditunda

Siapkan untuk TSK Berikutnya

Info PPPK 2021

Afirmasi dan Sistem Ranking PPPK Guru 2021

Peluang Peserta TSK jika NAB tetap

Solusi Pasca Tes Kompetensi 1

Informasi CASN 2021

Salam sehat. Semoga apa yang dicita-citakan akan dikabulkan-Nya. Semoga bermanfaat. 

4 comments for "Segera Diangkat, Optimalisasi Formasi dan Tambahan Afirmasi Bagi Peserta PPPK Guru 2021"

  1. Terima kasih infonya Pak Alee....luar biasa keren 👍 semoga panjang umur dan sehat selalu... salam semangat 💪

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.