Tempat Ujian Kompetensi 1 dan Ketentuan Seleksi serta Passing Grade CASN PPPK Guru 2021

 Aleepenaku.com - Informasi terkini tentang pelaksanaan Tes Seleksi Kompeteni 1 dapat dibaca saksama pada jadwal pelaksanaan TSK 1 CASN PPPK Guru tahun 2021 di bawah ini. Namun demikian, para sahabat juga perlu memahami prosedur pelaksanaan tes itu sendiri.

Sesuai jadwal yang ditentukan, pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi 1 CASN PPPK Guru tahun 2021 akan diselenggarakan mulai tanggal 13 September hingga tangga 17 September 2021.

Saran admin aleepenaku, para sahabat agar semaksimal mungkin memahami betul proses, mekanisme dan prosedur bagi peserta dalam mengikuti tes seleksi kompetensi pertama tersebut. Para sahabat penaku bisa membaca ulang secara saksama jadwan dan pengumuman terbaru dari panitia seleksi nasional  dengan nomor surat 4661/B/GT.01.00/2021. Isi dari pengumuman tersebut adalah jadwal dan proses tahapan pelaksanaan seleksi CASN PPPK tahun 2021. Beberapa poin penting yang perlu dicatat, misalnya, sebagai berikut.

Daftar para peserta CASN PPPK Guru 2021, waktu dan tempat pelaksanaan seleksi PPPK Guru I yaitu pada tanggal: 9 September 2021

Peserta segera mencetak kartu peserta seleksi CASN PPPK Guru antara tanggal  9 sampai dengan 12 September 2021

Pelaksanaan Tes Seleksi Kompetensi 1, yaitu dari tanggal 13 hingga tanggal 17 September 2021.

Pengumuman Tes Seleksi Kompetensi 1 pada tangga 24 September.

Dan selanjutnya dapat dibaca secara lengkap tentang jadwal pelaksanaan tes CASN PPPK Guru 2021. Untuk lengkapnya tentang Jadwal Tes Seleksi CASN PPPK 2021 para sahabat pena dapat berkunjung ke laman resmi gurupppk.kemdikbud.go.id. 

Para sahabat tidak perlu khawatir akan terlambat memeroleh informasi terkait tahapan pelaksanaan tes seleksi PPPK Guru ini. Namun demikian, para sahabat bisa segera mengunduh Pengumuman Terkini Jadwal PPPK Guru 2021.

Gambar: pppkguru.kemdikbud.go.id

Selain memahami penetatapan jadwal pelaksanaan tes seleksi kompetensi, para sahabat mungkin saja bertanya-tanya, bagaimanakah apabila para sahabat ternyata tidak memenuhi syarat dari aspek nilai di tes seleksi 1? Artinya pada seleksi kompetensi 1 belum memenuhi harapan.

Bukankah berarti itu sudah tidak lolos pada seleksi CASN PPPK Guru formasi tahun 2021 ini?

Jangalah berkecil hati. Sebab, para sahabat masih memiliki banyak kesempatan. Oleh karena itulah, para sahabat perlu memahami ketentuan lain-lain yang terdapat pada pengumuman tentang seleksi PPPK Guru 2021. Ketentuan lain-lain tersebut, pada pokoknya memuat hal sebagai berikut.

Ketentuan Seleksi Kompetensi (SK) 1.

Bagi THK 2 yang sesuai dengan database THK 2 BKN

Guru Non ASN yang harus terdaftar di Dapodik

Ketentuan Seleksi Kompetensi  (SK) 2

Peserta tes yang belum berhasil atau tidak lulus di TSK 1

Guru Non ASN yang harus terdaftar di Dapodik

Lulusan PPG belum menjadi pendidik/ guru dan terdata atau terdaftar di Dapodik

Para sahabat yang luar biasa, peserta di TSK 2 ini memiliki kesempatan untuk memilih formasi  kembali sesuai keinginan sahabat, namun belum terisi. Atau memilih formasi yang sesuai dengan tempat tinggal peserta seleksi.

Ketentuan Seleksi Kompetensi (SK) 3

Peserta THK 2 yang  belum berhasil di TSK 1 dan 2

Guru yang bukan ASN belum lolos di TSK 1 dan 2 dan ada data di Dapodik.

Guru Swasta dengan terdata serta terdaftar di Dapodik dan belum lulus TSK 2

Alumni PPG yang tidak lulus TSK 1 Dan 2

Tentang ketentuan rinci mengenai ketentuan lain-lain dan seluruh tahapan lengkap serta prosedurnya bisa diunduh di sini.

Kemudian, hal penting lainnya yang harus dipahami betul adalah passing grade CASN PPPK Guru tahun 2021. Nilai ambang batas ini, juga ada yang berpendapat memang perlu diturunkan. Termasuk harapan penulis agar sebisa mungkin sedikit gradenya diturunkan. Sebab, para guru CASN PPPK ini telah lama mengabdi. Tentu saja sudah berpengalaman dalam hal tugas keguruan.

Namun demikian, kita tetap harus patuh kepada peraturan pemerintah. Tentu saja mutu pendidikan juga bergantung dengan lulusa CASN PPPK Guru tahun 2021 ini. Oleh karena itulah, maka kita harus menaikkan kemampuan kita, sehingga mencapai atau bahkan melampaui passing grade yang ditentukan. 

Berdasarkan Surat Keputusan Kemenpan RB Nomor: 1127 Tahun 2021 tentang Nilai Ambang Batas PPPK Guru, memang kita ketahui bahwa setiap calon guru mata pelajaran yang berbeda juga memiliki nilai ambang batas yang juga berbeda. Misalnya, pada peluang CASN PPPK di guru TK, nilai ambang batasnya adalah 260. Sedangkan guru kelas SD nilai ambangbatasnya adalah 320. Untuk lebih jelasnya, para sahabat dapat mengunduh Surat Keputusan Kemenpan tersebut di laman resmi kemenpan RB, yaitu https://jdih.menpan.go.id/.

Para sahabat yang hebat, perlu diingat kembali bahwa nilai yang dibutuhkan untuk seleksi Komptensi Sosio Kultural adalah 130. Demikian juga untuk nilai Kompetensi Manjerial adalah 130. Sedangkan nilai untuk tes wawancara minimal 24, kecuali untuk daerah Papua dan Papua Barat, berbeda.

Sumber Gambar: https://www.menpan.go.id/


Sedangkan untuk rincian jumlah soal sebagaimana paparan di bawah ini.

Kompetensi Teknis 100 soal

Kompetensi Sosio Kultural 20 soal

Kompetensi Manajerial 25 soal

Wawancara 10 soal

Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan semua soaltersebut, maksimal 170 menit. Tiga jam kurang 10 menit.

Bagaimana cara mengetahui Tempat Ujian Kompetensi 1 PPPK Guru 2021?

Siapkan NIK dan Nomor Peserta untuk melihat Tempat Ujian Kompetensi 1 PPPK Guru tahun 2021.

Jadwal dan Tempat TES KOMPETENSI 1 PPPK GURU TAHUN 2021, Silakan dicek di laman TUK Pelamar ASN PPPK Guru 2021

Sahabat yang hebat. Seberapa besar upaya kita, maka hanya Allah semata yang menentukan. Kita harus meyakini takdir terbaik atas usaha dan doa kita. Semoga berhasil. Jangan lupa bahwa hasil akhir adalah Ketentuan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Tetaplah bersyukur dan berdoa.

Sahabat pena aleepenaku.com  di manapun berada. Untuk memahami seputar CASN PPPK Guru tahun 2021, maka disarankan untuk memabca juga:

Prediksi Penting SOAL CASN PPPK Guru 2021

Unduh Dokumen Penting PPPK 2021

Cara Mendapatkan Bantuan Bagi Peserta Yang Mengalami Masalah seputar PPPK Guru 2021

Modul Belajar Mandiri CASN dan PPPK 2021

Prediksi Dahsyat Soal-Soal CASN 2021

Demikianlah yang dapat disampaikan. Semoga para sahabat  berhasil lulus dengan mudah semuanya. Terima kasih atas kunjungan dan atensinya yang telah ikhlas menjelajah blog sederhana ini. Salam sehat, salam sukses.

Post a Comment for "Tempat Ujian Kompetensi 1 dan Ketentuan Seleksi serta Passing Grade CASN PPPK Guru 2021"