Jika Nilai Ambang Batas Nilai PPPK Guru Tinggi, Ini Cara Mencapainya

Passing Grade atau nilai ambang batas kelulusan PPPK Guru tahun 2021 berbeda setiap formasi guru. Meskipun sama-sama dalam formasi guru, tetapi setiap guru mata pelajaran dan atau guru kelas memiliki nilai ambang batas yagn berbeda.

Setiap mata pelajaran yang berbeda menjadikan nilai ambang batas yang ditentukan juga berbeda. Seperti untuk formasi guru TK, nilai ambang batasnya adalah 260. Sedangkan untuk formasi guru kelas SD adalah 320. Mengapa berbeda? 

Nah, sesuai dengan Surat Keputusan Kemenpan RB Nomor: 1127 Tahun 2021 tentang Nilai Ambang Batas PPPK Guru, dijelaskan bahwa nilai ambang batas tersebut berbeda setiap formasi guru. Hal ini merupakan ketetapan berdasarkan keputusan Menpan RB tersebut. 

Dengan demikian, para peserta seleksi PPPK Guru tahun 2021 telah mengatahui, seberapa besar atau tinggi nilai yang harus dicapai minimal. Untuk memeroleh secara lengkap tentang nilai ambang batas setiap formasi guru mata pelajaran setiap jejang sekolah dan guru kelas, silakan dapat di unduh Surat Keputusan Kemenpan RB No. 1127 Tahun 2021, di sini. Bisa juga para sahabat mengunjungi laman resmi kemenpan RB, yaitu https://jdih.menpan.go.id/.

Perlu diketahui bahwa untuk seleksi PPPK Guru tahun 2021 materi SKD dan SKB tidak diujikan. Namun, untuk seleksi PPPK Guru tahun 2021 ini hanya menguji peserta dengan materi 2 materi seleksi. Seleksi pertama adalah seleksi administrasi dan yang kedua adalah seleksi Kompetensi.

Sedangkan Komptensi yang diujikan mencakup beberapa hal, antara lain: Komptensi Teknis, Manajerial, Kompetensi Sosio Kultural dan Wawancara. Mengenai jadwal pelaksanaan seleksi PPPK Guru formasi 2021, dapat dibaca juga: Jadwal Terkini PPPK Guru 2021. 

Para sahabat yang luar biasa, perlu diingat pula bahwa nilai yang diperlukan untuk seleksi Komptensi Sosio Kultural dan Manjerial adalah 130. Sedangkan nilai untuk wawancara minimal 24. Namun demikian, nilai amabng batas yang dimaksud tidak untuk para pelamar di daerah Papua dan Papua Barat. 

Sumber Gambar: https://www.menpan.go.id/


Kemudian, rincian jumlah soal adalah sebagai berikut:

Kompetensi Teknis 100 soal

Kompetensi Sosio Kultural 20 soal

Kompetensi Manajerial 25 soal

Wawancara 10 soal

Secara keseluruhan tek seleksi dilakukan dengan berbasis online. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan seluruh soal maksimal adalah 170 menit.

Nah, bagaimana cara sahabat melampaui nilai ambang batas yang ditentukan? Menurut pengalaman mengikuti tes seleksi CPNS, maka kita membutuhkan persiapan yang tenang. Meliputi ketenangan mental, emosi, spirittual yang didukungan dengan pengetahuan, wawasan, nalar, dan kemampuan lainnya. 

Secara umum, admin aleepenaku memberikan saran agar lolos melampaui nilai ambang batas yang ditentukan adalah sebagai berikut.

a. Selalu berdoa yang terbaik untuk meminta rezeki dan kelulusan pada tes seleksi PPPK Guru tahun 2021 kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pencipta.

b. Bersiap diri dengan kematangan mental, emosi, psikis dan kemampuan kognitif

c. Terus ikhtiar membaca materi terkait dengan modul dan soal-soal serupa tentang PPPK Guru

d. Berdiskusi dengan sahabat lainnya, terutama bagi mereka yang sudah berpengalaman

e. Jagalah kesehatan, jangan sampai pikiran terganggu karena sakit.

f. Berlatih soal-soal, melalui try out maupun belajar mandiri.

g. Minta restu orang tua, dukungan keluarga.

h. Perkuat keyakinan dan berprasangka baik kepada sang Pencipta

i. Belajar tentang Kompetensi pokok di bidang keguruan

j. Jauhi sifat sombong dan merasa paling bisa. Tetap merasa butuh pertolonganNya, butuh usaha dan belajar.

Kemudian, yang banyak terjadi, judtru pada saat pelaksanaan seleksi pikiran menjadi tegang dan tidak fokus, maka jagalah hal berikut.

Jaga kesehatan, jangan konsumsi makanan yang sebabkan diare

Gunakan pakaian sesuai ketetapan

Siapkan alat tulis yang sesuai ketentuan

Berdoa sebelum memulai

Fokus 

Pahami jumlah soal dan jumlah waktu yang tersedia

Pasrah dan yakin hasil terbaik

 Apakah para sahabat sudah mengunjungi laman pendaftarnnya?

 Jangan lupa, hasil akhir adalah Takdir Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Berdoalah dan semoga berhasil.

Sahabat pena aleepenaku.com  yang luar biasa, disarankan untuk membaca juga:

Modul Belajar CASN PPPK 2021

Prediksi Penting SOAL CASN PPPK Guru 2021

Unduh Dokumen Penting PPPK 2021

Demikian yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam sukses.

Post a Comment for "Jika Nilai Ambang Batas Nilai PPPK Guru Tinggi, Ini Cara Mencapainya"