Tantangan dan Solusi Pembelajaran Daring di Sekolah

Saat ini, pandemi covid-19 menjadi masalah utama yang sedang melanda di seluruh dunia. Hal tersebut dapat dilihat dari betapa sibuknya negara-negara di dunia dalam menangani penyebaran virus berbahaya ini. Masalah yang timbul  karena pandemi covid-19 ini tidak hanya mencakup sektor kesehatan saja. Namun, juga mempengaruhi sektor lain, seperti pendidikan, ekonomi, politik dan sosial budaya. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menekan laju penyebaran virus ini. Terbitnya kebijakan strategis berkaitan dengan aktivitas kita pada masa pandemi. Adapun kebijakan umum yang wajib dipatuhi ketika beraktivitas sehari-sehari adalah 5M (Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas).

SS. didik.pos


Di bidang Pendidikan, pemerintah menerbitkan kebijakan bahwa dalam pelaksanaan sistem belajar mengajar pada masa pandemi ini harus dilaksanakan secara Daring (Dalam Jaringan). Artinya, siswa tidak lagi diwajibkan untuk datang ke sekolah. Melainkan bisa dengan belajar di rumah.

Berbagai jenis aplikasi online yang dapat digunakan ketika proses belajar mengajar seperti Zoom, Google Meet, Youtube, Classroom, WhatsApp, Telegram, dan lainnya. Belajar secara online tentu saja memerlukan kuota, paket data internet. Oleh karenanya pemerintah juga memberikan pelayanan pendidikan berupa pemberian kuota paket data internet yang diberikan secara berkala kepada siswa dan tenaga pendidik.

Untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh diperlukan kesiapan yang matang antara siswa dan guru. Mulai dari kesiapan materi dan alat untuk pembelajaran jarak jauh. Sebelum memulai pembelajaran daring tentunya tenaga pendidik harus memberikan arahan dan informasi kepada siswa dan orang tua, terkait tata cara dan petunjuk dalam pelaksanaan daring yang akan segera diselenggarakan.

Agar terjadi komunikasi yang baik dan optimal antara orang tua siswa dan guru pengajar saat pembelajaran daring di masa pandemi, maka perlu untuk dilakukan sosialisasi sebelumnya. Sosialisasi yang membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan pembelajaran daring dan alasan mengapa hal tersebut harus dilakukan? Keselarasan pemikiran orang tua siswa dan guru sangat diperlukan untuk mewujudkan pembelajaran yang optimal dan efisien bagi siswa.

Adapun beberapa metode yang biasanya digunakan oleh para guru dalam menyampaikan materinya seperti dengan mengkombinasi antara buku paket dan penjelasan di internet. Untuk komunikasi dan pemantauan secara berkala bisa juga dengan menggunakan elearning, classroom, google form, maupun grup media sosial. Aplikasi media sosial yang digunakan dalam pembelajaran biasanya tidak hanya cukup satu saja, melainkan terdiri dari tiga bahkan lebih platform komunikasi untuk meminimalisir terjadinya kendala yang dialami baik siswa maupun guru pengajar.  

Meskipun demikian nyatanya pembelajaran daring yang dilakukan tidak berjalan mulus sesuai harapan. Timbul berbagai kendala dalam pelaksanaanya seperti orang tua yang bekerja sehingga tidak bisa mendampingi anaknya ketika pembelajaran (dibutuhkan waktu khusus).  Tidak tersedianya alat pembelajaran yang memadai di masing-masing siswa, kurangnya pemahaman mengenai aplikasi online baik orang tua maupun siswa, dan siswa tidak paham dengan penjelasan materi secara daring juga menjadi masalah serius yang dihadapi guru.

Selain itu juga terdapat masalah lainnya, yaituadanya sinyal di rumah siswa yang buruk menjadikan alasan bagi siswa. Sehingga siswa menjadi lebih malas dan alasan-alasan lainnya. Sedangkan kendala tersulit yaitu pada siswa yang malas, siswa yang menganggap remeh pembelajaran daring. Bahkan hingga tidak mengikuti pelaksanaan pembelajaran daring. Hal tersebut berdampak pada ketidakpercayaan orang tua siswa terhadap kebijakan pembelajaran daring yang ditetapkan oleh sekolah.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka harus dipikirkan bagaimana metode pembelajaran efektif yang dapat menjadi solusi ketika tidak ada sinyal maupun ketika kehabisan kuota internet. Selain itu diperlukan inovasi baru dalam penyampaian materi pembelajaran agar lebih mudah dipahami oleh siswa.  Tidak hanya mudah dipahami tetapi juga harus kreatif dan menarik sehingga tidak membosankan. Pemberian motivasi kepada siswa sebelum memulai pembelajaran agar siswa menjadi jauh lebih bersemangat dalam belajar.  

Dalam pelaksanaan pembelajaran persekolahan secara daring terdapat kelebihan dan kekurangan tersendiri. hal tersebut merupakan hal yang wajar terjadi dikarenakan pembelajaran daring sebenarnya merupakan sesuatu yang baru dan tidak sedikit pula ditemukan masyarakat yang masih belum mengetahui secara jelas mengenainya. Mungkin saat ini pembelajaran secara daring merupakan pilihan terbaik bagi kita semua, semoga pandem covid 19 dapat segera berakhir sehingga pembelajaran di sekolah bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya yaitu secara langsung atau tatap muka. 


Penulis: Sunaryati

 

Post a Comment for " Tantangan dan Solusi Pembelajaran Daring di Sekolah"