CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) KELAS 5 FASE C KURIKULUM MERDEKA TERBARU TAHUN PELAJARAN 2023-2024

Aleepenaku.com-Unduh Capaian  Pembelajaran (CP) Kelas 5 Fase C Kurikulum Merdeka Terbaru  Tahun Pelajaran 2023-2024. Sebelum para sahabat mengunduh secara lengkap semua Capaian Pembelajaran atau CP untuk Fase C Kelas 5 dan 6, maka perhatikan pula pertanyaaan yang sering muncl terkait dengan CP ini.

Misalnya, ada pertanyaan mendasar tentang konsep Capaian Pembelajaran (CP), yaitu:Apa yang dimaksud dengan capaian pembelajaran? Apa itu capaian pembelajaran pada Kurikulum Merdeka? Capaian pembelajaran meliputi apa saja? Apa perbedaan capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran?Langkah CP terdiri dari? dan Bagaimana cara membuat capaian pembelajaran?

Pada era sekarang, zaman serba digital dengan kemajuan teknologi dan informasi yang pesat, maka sangat mudah untuk belajar secara online. Kita membaca banyak informasi di dunia internet. Bahkan, banyak platform dan aplikasi yang bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Di dunia maya juga bisa kita mendapatkan tentang elemen capaian pembelajaran. Dengan mudah juga bisa belajar tentang #contoh capaian pembelajaran dan #download capaian pembelajaran kurikulum merdeka. Bukan saja hanya #contoh capaian pembelajaran kurikulum merdeka, namun seorang guru juga bisa melakukan #analisis capaian pembelajaran kurikulum merdeka.

Silakan saja lakukan latihan pemahaman memahami capaian pembelajaran sehingga memahami betul tentang apa itu capaian pembelajaran. Sahabat bisa mendapatkan contoh capaian pembelajaran sd di laman web ini. Juga bisa belajar cara membuat capaian pembelajaran, bagaimana cara membuat capaian pembelajaran di web kemdikbu.go.id.

Berkenaan dengan capaian pembelajaran,sahabat bisa mencari informasi pula tentang:

capaian pembelajaran adalah

capaian pembelajaran anak usia dini

capaian pembelajaran adalah pdf

capaian pembelajaran apa yang anda ambil

capaian pembelajaran agama katolik

capaian pembelajaran anak paud

capaian pembelajaran agama kristen

capaian pembelajaran anak tk

capaian pembelajaran akuntansi smk

capaian pembelajaran agama islam

analisis capaian pembelajaran

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) diartikan sebagai sebuah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik ataupun murid (siswa) pada setiap fase perkembangannya. Capaian Pembelajaran atau yang lebih familiar dikenal dengan sebutan CP mencakup sekumpulan kemampuan atau kompetensi dan lingkup materi, yang disusun secara komprehensif dan naratif.

Perlu diketahui bahwa untuk CP/ Capaian Pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) hanyalah terdiri dari satu fase saja. Fase tersebut adalah fase Fondasi.

Kemudian, untuk CP atau Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah (Dikdasmen) terdiri dari 6 fase, yaitu:

Fase dan Jenjang/ Kelas

Fase A: Kelas 1-2 SD/MI/SDLB/Paket A

Fase B: Kelas 3-4 SD/MI/SDLB/Paket A

Fase C: Kelas 5-6 SD/MI/SDLB/Paket A

Fase D: Kelas 7-9 SMP/MTs/SMPLB/Paket B

Fase E: Kelas 10 SMA/MA/ SMALB/ Paket C, SMK/MAK

Fase F: Kelas 11-12 SMA/ MA/ SMALB/ Paket C, SMK/MAK

Peserta didik atau siswa dengan kondisi berkebutuhan khusus yang mengalami hambatan intelektual dapat menggunakan CP: Capaian Pembelajaran Pendidikan Khusus. Sedangkan untuk siswa dengan kondisi berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual, menggunakan CP atau Capaian Pembelajaran umum dengan menerapkan prinsip-prinsip modifikasi dengan tepat terhadap kurikulum.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran merupakan sekumpulan penjelasan/ deskripsi pencapaian tiga (3) aspek kompetensi. Tiga aspek tersebut meliputi: pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Artinya setiap murid memperoleh atau mengalami perkembangan terhadap ketiga aspek tersebut.

Tujuan pembelajaran tersebut disusun dengan cara memperhatikan kemungkinan pengumpulan bukti yang eviden. Butki yang eviden maksudnya adalah diamati dan diukur melalui asesmen.Mengapa demikian? Sebab, dengan diamati dan diukur, maka ketercapaian tujuan pembelajaran atas pembelajaran yang dilaksanakan akan terpantau.

Cara Menuliskan Tujuan Pembelajaran

Penulisan tujuan pembelajaran yang akan dideskripsikan, sebaiknya memuat 2 komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi.

1. Kompetensi

Pada aspek kompetensi atau komponen kompetensi, adalah komponen tujuan pembelajaran yang terkait dengan kemampuan yang perlu didemonstrasikan oleh siswa/ murid. Tujuannya adalah untuk menunjukkan dirinya telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. 

Sedangkan guru dapat menggunakan pertanyaan panduan dalam menyusun tujuan pembelajaran terkait dengan komponen kompetensi, antara lain:

Secara konkret, kemampuan apa saja yang perlu didemonstrasikan oleh siswa sebagai indikator penting bahwa dia sudah mencapai kompetensi ini.

Secara konkret, tahapan dalam berpikir seperti apa yang perlu didemonstrasikan oleh siswa sebagai indikator penting bahwa dia sudah mencapai kompetensi ini.

2. Lingkup materi

Komponen lingkup materi (KLM) ini adalah komponen tujuan pembelajaran yang terkait dengan konten dan konsep utama. Sehingga menjadi sangat perlu dipahami pada akhir suatu unit pembelajaran. Guru bisa menggunakan pertanyaan panduan untuk menyusun tujuan pembelajaran terkait dengan komponen lingkup materi, antara lain:

Konten apa saja yang perlu dipelajari oleh siswaatau murid yang terkait dengan konsep besar yang dinyatakan dalam narasi CP:Capaian Pembelajaran?

Bagaimanakah lingkungan sekitar dan kehidupan sehari-hari siswa dapat digunakan sebagai konteks untuk mempelajari konsep tersebut?

Alur Tujuan Pembelajaran

Nah, apabila CP atau Capaian Pembelajaran adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai murid di akhir fase, maka Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan serangkaian Tujuan Pembelajaran yang disusun secara sistematis, terstruktur dan logis di dalam fase pembelajaran agar mencapai Capaian Pembelajaran (CP) tersebut.

Dengan demikian ATP: atau Alur Tujuan Pembelajaran menjadi panduan bagi guru dan siswa/ murid untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir suatu fase. Oleh karena itu guru perlu secarakronologis menyusun ATP menurut urutan pembelajaran.ATP dapat disusun sesuai dengan konteks dan kebutuhan belajar murid. Guru dapat menggunakan ATP yang disediakan dan memodifikasinya sesuai kebutuhan sebagai panduan membuat perangkat ajar.

sumber: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/

Dalami pula tentang Capaian Pembelajaran Berikut:

alur capaian pembelajaran

asesmen capaian pembelajaran kurikulum merdeka

apa saja capaian pembelajaran paud

capaian pembelajaran bahasa inggris

beda capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran

buku capaian pembelajaran

bentuk capaian pembelajaran

capaian pembelajaran (cp)

capaian pembelajaran fase c

capaian pembelajaran fase c ipas

capaian pembelajaran fase c matematika

cara membuat capaian pembelajaran kurikulum merdeka

capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka

capaian pembelajaran dirumuskan per fase

deskripsi capaian pembelajaran kurikulum merdeka


UNDUH CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) KELAS 5 FASE C KURIKULUM MERDEKA TERBARU TAHUN PELAJARAN 2023-2024

Silakan Unduh Capaian  Pembelajaran (CP) Kelas 5 Fase C Kurikulum Merdeka Terbaru  Tahun Pelajaran 2023-2024, di bawah ini.

Capaian Pembelajaran LENGKAP KELAS 5  >>> UNDUH FILE CP

Capaian Pembelajaran Kelas 5 Bahasa Indonesia >>> UNDUH FILE CP

Capaian Pembelajaran Kelas 5 Bahasa Inggris >>> UNDUH FILE CP

Capaian Pembelajaran Kelas 5 Bahasa PKN >>> UNDUH FILE CP

Capaian Pembelajaran Kelas 5 Bahasa IPAS >>> UNDUH FILE CP

Capaian Pembelajaran Kelas 5 Bahasa Matematika >>> UNDUH FILE CP

Capaian Pembelajaran Kelas 5 Bahasa Seni Musik >>> UNDUH FILE CP

Capaian Pembelajaran Kelas 5 Bahasa Seni Suara >>> UNDUH FILE CP

Capaian Pembelajaran Kelas 5 Bahasa Seni Rupa >>> UNDUH FILE CP

Capaian Pembelajaran Kelas 5 Bahasa Seni Tari >>> UNDUH FILE CP

Capaian Pembelajaran Kelas 5 PAI >>> UNDUH FILE CP

Capaian Pembelajaran Kelas 5 PJOK >>> UNDUH FILE CP


Capaian Pembelajaran LENGKAP KELAS 5  >>> UNDUH FILE CP

Demikianlah informasi tentang Capaian  Pembelajaran (CP) Kelas 5 Fase C Kurikulum Merdeka Terbaru  Tahun Pelajaran 2023-2024. Semoga bermanfaat.

2 comments for "CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) KELAS 5 FASE C KURIKULUM MERDEKA TERBARU TAHUN PELAJARAN 2023-2024"

  1. Terimakasih atas semua unggahan di situs ini. Semoga tetap sehat dan terus dapat berbagi hal positif. Inshaa Allah ini tercatat sebagai amal jariyah. Amin

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.