Guru Bersertifikasi Segera Cek Status Data Info GTK: Ini 8 Kode Angka dan Tanda Validasi atau Belum yang Perlu Dicatat

Aleepenaku.com-Guru Bersertifikasi Segera Cek Status Data Info GTK: Ini 8 Tanda Validasi atau Belum yang Perlu Dicatat. Informasi tentang Guru Bersertifikasi Segera Cek Status Data Info GTK: Ini 8 Tanda Validasi atau Belum yang Perlu Dicatat ini penting diketahui oleh segenap guru. Baik bagi guru yang belum tersertifikasi maupun yang sudah bersertifikasi. Maupun juga yang belum cair tunjangan profesinya.


Cek Status Data Info GTK: Ini 8 Tanda Validasi atau Belum yang Perlu Dicatat

Untuk mengetahui status data para sahabat guru terhadap validasi atau belum di info GTK, dapat dicek statusnya sebagai berikut.

Status Data: 01

Terdapat Keterangan: Data Dapodik belum terbaca. Maka, pada status data ini atau apabila pada data info GTK muncul kode 01, berarti data Dapodik belum terbaca. Dengan demikian, segera telusuri penyebabnya. Guru janganlah tinggal diam. Segera hubungi operator sekolah untuk mengetahui penyebabnya.

Status Data: 02

Jika login pada Info GTK dengan status data ini terdapat Keterangan: belum lolos verifikasi dan validasi, perlu perbaikan data (lihat lembar info pada tab verifikasi tunjangan profesi.

Maka, dengan kode 02 ini berarti guru yang bersangkutan belum lolos verifikasi dan validasi. Dengan demikian perlu adanya perbaikan ulang data. Untuk setiap perbaikan data, silakan dicek pada tab verifikasi tunjangan profesi (TP).

Status Data: 04

Status data ini terdapat keterangan: Belum valid (Koordinasi dengan OP Tunjangan. Nah, jika muncul status data dengan kode 04 ini, artinya status info GTKnya belum valid. Segera selesaikan masalah ini sesuai dengan ketentuan dan tanyalah kepada operator sekolah.

Status Data: 06

Apabila muncul status data dengan kode 6, maka terdapat keterangan: tidak aktif/pensiun. Sehingga, dengan munculnya kode 06, berarti sudah tidak aktif lagi di info GTK. Hal ini terjadi karena guru yang bersangkutan sudah memasuki usia pensiun atua sudah pensiun.

Status Data: 07

Kedudukan status data 07 ini, terdapat keterangan: Menunggu periode generate SKTP. Nah, apabila muncul kode 07 pada laman info GTK, berarti berarti tinggal menunggu penerbitan SKTP: Surat Keputusan Tunjangan Profesi. SKTP sebagai surat keputusan dan sebagai salah satu syarat untuk pencairan tunjangan profesi guru.

Status Data: 08

Terdapat keterangan: sudah terbit SKTP. Jika sudah muncul kode 08 pada info GTK berart, guru yang bersangkutan tinggal menunggu waktu pencairan tunjangan profesi guru (TPG) atau sertifikasi.

Status Data: 16

Untuk tampilan status ini terdapoat keterangan: SKTP belum dapat diterbitkan karena belum diusulkan operator tunjangan profesi dinas, silahkan hubungi dinasnya. Jika muncul status data 16 ini maka Surat Keputusan Tunjangan Profesi atau SKTP sudah valid. Namun, hingga saat muculnya kode ini belum diusulkan dinas pendidikan mengenai TPG: tunjangan profesi guru.

Status Data: 19

Terdapat keterangan: Telah memiliki beban tugas minimal 24 jam tatap muka dalam 1 jenis mata pelajaran, namun tidak sesuai dengan sertifikasi yang dimiliki, jika memiliki ijazah S1 yang sesuai dengan Mapel yang diampu, silahkan memverifikasi melalui dinas pendidikan.

Jelaslah dengan kode 19 ini berarti yang bersangkutan tidak memiliki relevansi antara bidang studi yang diajarkan dengan bidang sertifikasi, meskipun jam mengajarnya memenuhi beban mengajar 24 j/m.

Data Tunjangan Profesi Guru

Perhatikan pula 7 data penting yang muncul pada verifikasi dan validasi Data Tunjangan Profesi Guru. Apabila sahabat guru sudha memiliki data yang valid, maka status datanya tercentang hijau semua, meliputi:

- Beban mengajar: jam linier sudah mencukupi

- Keaktifan: dinyatakan aktif oleh BKN.

- Kelengkapan data: data sudah lengkap

- Kelulusan sertifikasi: sudah sertifikasi dengan kode

- Kepegawaian: NIP ditemukan pada data BKN.

- NUPTK: NUPTK valid.

 - Usia: belum pensiun.

sumber informasi:  info gtk, plosoraya.pikiranraya.com

SEGERA Cek Status Data Info GTK Guru Bersertifikasi

SILAKAN UNTUK MENGECEK di INFO GTK

Silakan Cek di Info GTK, Klik: https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ atau klik Login berikut, di bawah ini.



Demikianlah info penting tentang Guru Bersertifikasi Segera Cek Status Data Info GTK: Ini 8 Kode Angka dan Tanda Validasi atau Belum yang Perlu Dicatat. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Guru Bersertifikasi Segera Cek Status Data Info GTK: Ini 8 Kode Angka dan Tanda Validasi atau Belum yang Perlu Dicatat"