INFO TERBARU, Logo Ibu Kota Negara (IKN) Terpilih: Yuk, Belajar Makna dan Filosofi Pohon Hayat

Aleepenaku.com-TERBARU, Logo Ibu Kota Negara (IKN): Yuk, Belajar Makna dan Filosofi Pohon Hayat. Nah, menjadi trending topik kali ini tentang logo IKN. Logo Ibu Kota Nusantara yang baru diluncurkan oleh Presiden Jokowi, begitu indah dan bermakna.

Marilah para sahabat pembaca dan insan pendidik untuk mencari tahu makna dan filosofi logo IKN tersebut. Mengapa Logo IKN Nusantara Bertema Pohon Hayat: Apakah artinya Logo IKN, Ibu Kota Negara itu? Berapa peserta dan partisipan dalam sayembara mendesain logo IKN tersebut? Siapakah pemenang desain logo Ibu Kota Negara (IKN) tersebut?

Desain logo IKN terpilih yang diumumkan Presiden Jokowi, Sumber gambar: kompas.com

Nah, ternyata pemenangnya adalah seorang desain grafis andal. Yakni, Aulia Akbar yang tinggal di Bandung. Alumni ITENAS itu ternyata seorang co-founder POT Branding House. Sebagaimana dipaparkan dalam berita online Kompas.com bahwa pemenang sayembara desain Ibu Kota Negara (IKN) tersebut adalah Lulusan Kampus ITENAS. 

Sahabat guru dan semuanya. Memang tidaklah mudah untuk mendesain logo. Apalagi sebuah logo Ibu Kota Negara. Logo Ibu Kota Negara atau IKN menjadi salah satu ikon Negara Kita. Sehingga, harus benar-benar mewakili nusantara. Baik dari kehidupan, kebudayaan, cita-cita dan segala aspek  kehidupan negera yang kita cintai.

Tema dan Arti Logo Ibu Kota Negara (IKN)

Nah, dalam berita online  tersebut disampaikan bahwa Bapak Presiden mengatakan, bahwa logo Ibu Kota Negara (IKN) yang terpilih bertema pohon hayat. Pohon Hayat berarti pohon kehidupan. Dengan demikian ada harapan besar bahwa tersebut Pohon Hayat tersebut, IKN dapat menjadi tempat kehidupan baru bagi masyarakat Indonesia.

Kehidupan yang dijalani adalah anugerah. Sehingga, anugerah ini patut disyukuri. Meskipun zaman semakin cepat berkembang dan teknologi informasi makin maju pesat, namun kita semua tetaplah mawas diri. Terus bersatu dan berkolaborasi untuk bangsa dan negara ini.

Pada momen sayembara desain logo IKN ini, terdapat 500.000 lebih masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam pemilihan logo IKN. Sehingga, logo IKN ini juga merupakan pilihan masyarakat kita. Artinya, dari sekian logo yang didesain oleh desainer, maka masyarakat juga berpartisipasi dalam desain maupun memilih sesuai dengan pilihannya.

Sumber info: kompas.com, cnnindonesia.com

Yuk belajar pula tentang:

pilih logo ikn

voting logo ikn

sayembara logo ikn

pemilihan logo ikn

makna logo ikn

voting logo ikn nusantara

cara vote logo ikn

#logoiknbaru

Letak Ibu Kota Negara (IKN)

Sebagaimana yang dijelaskan pada laman https://ikn.go.id/ bahwa sesuai  dengan Undang-Undang IKN Pasal 6, maka letak ibu kota baru Indonesia secara geografis:

  • Bagian Utara: 117° 0' 31.292" Bujur Timur dan 0° 38' 44.912" Lintang Selatan
  • Bagian Selatan: 117° 11' 51.903" Bujur Timur dan 1° 15' 25.260" Lintang Selatan
  • Bagian Barat: 116° 31' 37.728" Bujur Timur dan 0° 59' 22.510" Lintang Selatan
  • Bagian Timur pada 117° 18' 28.084" Bujur Timur dan 1° 6' 42.398" Lintang Selatan.

sumber gambar: Kompas.com

Kemudian, batas-batas wilayah IKN yaitu:

  • Batas sebelah selatan: Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Teluk Balikpapan; Kecamatan Balikpapan Barat; Kecamatan Balikpapan Utara; dan Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.
  • Batas sebelah barat: berbatasan dengan Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara; dan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.
  • Batas sebelah utara: Kecamatan Loa Kulu, Kecamatan Loa Janan, dan Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara; serta
  • Batas sebelah timur: berbatasan dengan Selat Makassar.

Demikian info TERBARU, Logo Ibu Kota Negara (IKN) Terpilih: Yuk, Belajar Makna dan Filosofi Pohon Hayat. Semoga Bermanfaat.

2 comments for "INFO TERBARU, Logo Ibu Kota Negara (IKN) Terpilih: Yuk, Belajar Makna dan Filosofi Pohon Hayat"

  1. Semoga dengan logo baru semagat baru NKRI tetap Jaya anak bangsa lebih bangga negeri sendiri dan produk dalam negeri.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.