Twibbon Gagah Merah Putih Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

 Aleepenaku.com-Twibbon Gagah Merah Putih Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023.  Sahabat aleepenaku bahwa Twibbon Gagah Merah Putih Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 adalah salah satu cara untuk meningkatkan semangat, motivasi dan sosialisasi tentang Harlah Pancasila pada tahun 2023 ini. Pancasila sebagai dasar negara, falsafah bangsa dan pedoman hidup bangsa kita sangatlah penting untuk terus diingat dan diamalkan. Nilai-nilai Pancasila, menjadi satu pedoman bagi masyarakat kita dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, saat ini dalam kemerdekaan pendidikan kita, juga menuju pada Profil Pelajar Pancasila. Oleh karena itu, sangat penting menghayati dan mengamalkan isi dari sila Pancasila. Sila-sila yang berhubungan dan tidak dapat dipisahkan antara sila yang satu dengan sila lainnya.

Profil pelajar Pancasila yang dicanangkan secara nasional sebagai bagian integral dalam penyelenggaraan pendidikan di negara kita, haruslah terus dikembangkan. Peserta didik dan guru atau pendidik harus dapat dan mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Meskipun saat ini berada pada masa era society 5.0 sebagai era digital, dan kemajuan teknologi informasi berkembang pesat, namun nilai-nilai Pancasila sangat relevan dipraktikkan dalam segala zaman, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Waktu itu, pertama dikatakan atau dikenal dengan Hari Lahir Pancasila ini ditandai dengan adanya pidato Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Yakni pada 1 Juni 1945. Bung karno Berpidato dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan/ BPUPKI). Bung Karno dengan semangat yang tinggi, dalam pidatonya ini menyampaikan tentang konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.

Nah, pada Sidang I (tanggal 29 Mei 1945) terdapat pembahasan tentang tema dasar Negara. Sidang Pertama tersebut dilaksanakan di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila). Sidang dilaksanakan sekitar hampir 5 hari. Pada  tanggal 1 Juni 1945 itulah, Ir. Soekarno menyampaikan idenya tentang dasar negara Indonesia. Beliau menamakan “Pancasila”. Panca berarti lima (5), sedangkan sila artinya prinsip atau asas. 

Bung Karno menyebutkan lima azas atau dasar untuk negara Indonesia, yakni:

Sila pertama Kebangsaan, 

Sila kedua Internasionalisme atau Perikemanusiaan, 

Sila ketiga Demokrasi, 

Sila keempat Keadilan sosial, dan 

Sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa.


Twibbon Gagah Merah Putih Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

Yuk, Gunakan Twibbon Gagah Merah Putih Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 di bawah ini.

Caranya? Sangat mudah. Silakan Klik tulisan "Choose Photo" yang berwarna biru, di bawah ini.










Unduh lebih banyak bingkai twibbon Gagah Keren Hari Lahir Pancasila👇:

Twibbon Hari Lahir Pancasila, lebih lengkap lagi >>> Di Sini

Sedangkan untuk informasi penting lainnya, direkomendasikan juga:

Unduh Modul Literasi dan Numerasi


Demikian Twibbon Gagah Merah Putih Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023. Semoga bermanfaat. Salam Literasi.

Post a Comment for "Twibbon Gagah Merah Putih Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023"