Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 1 SD/ MI Terbaru Semester 2

Aleepenaku.com-Pemetaan KD (KI 3 dan Ki 4) Kelas 1 SD/ MI Terbaru Semester 2 yang ada pada artikel ini merupakan Kompetensi Dasar yang dipetakan dalam satu semester menurut KD dan Pembelajaran perMinggu aktif. Sehingga, Pemetaan KD ini akan berlangsung selesai setiap semester yang menyesuaikan dengan jumlah tema, sub tema pembelajaran. 

Perlu diketahui bahwa pada Pemetaan KD (KI 3 dan Ki 4) Kelas 1 SD/ MI Terbaru Semester 2 ini hanyalah KI 3 dan KI 4. Meskipun demikian, kita ketahui terdapat 4 KI yang selalu terintegrasi dalam pembelajaran, yaitu sebagai berikut.

Kompetensi Inti 1 (KI-1) merupakan sikap Spiritual

Kompetensi Inti 2 (KI-2) merupakan Sikap Sosial

Kompetensi Inti 3 (KI-3) merupakan Pengetahuan/kognitif

Kompetensi Inti 4 (KI-4) merupakan keterampilan

Maka, 4 kompetensi inti ini menjadi kompetensi yangt diharapkan semua siswa memiliki kesimbangan pada setiap kompetensi. Baik kompetensi Inti 1,2,3 dan 4. Siswa yang memiliki kompetensi memadai, maka dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang memuat penilaian kognitif, sikap, dan keterampilan. Serta dapat juga memerhatikan aspek sikap sosial dan spiritual dari tindakan seharai-hari.

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Muatan Pelajaran di Sekolah Dasar

Perlu dipami bahwa, sebelum melakukan peroses pembelajaran, guru seharusnya menyusun prota/ peromes untuk menetapkan perhitungan jumlah waktu yang tersedia serta menyesuaikan dengan waktu yang dibutuhkan. Hal ini dilaksanakan dengan tujuan untuk bisa menyelesaikan seluruh KD setiap muatan pelajaran dengan tepat waktu. 

Oleh karena penilaian siswa setiap KD, maka seyogyanya setiap guru perlu melakukan pemetaan KD dengan maksud untuk mengetahui KD yang akan dinilai dan diujikan. Sehingga, pemetaan KD ini bisa dilakukan dengan waktu perminggu.

Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 1,2,3,4,3,6 SD/ MI Terbaru Semester 1 dan 2๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡


Hubungan Pemetaan KD dan Penilaian Siswa PerKD

Konsep Penilaian SD

Penilaian siswa merupakan serangkaian proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa. Berdasarkan Panduan Penilaian SD untuk revisi 2018, dijelaskan bahwa penilaian itu memiliki dua fungsi: fungsi sumatif dan fungsi formatif.

Fungsi sumatif penilaian dimaksudkan untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian peserta didik, serta mendeskripsikan capaian hasil pembelajaran tersebut (assesment of learning).

Fungsi formatif penilaian merupakan aktivitas menganalisis dan mendiagnostik kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran. Kemudian, memberikan petunjuk bagi guru dan siswa dalam meningkatkan mutu atau kualitas pembelajaran. Selanjutnya mampu mengetahui dan memahami kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran. Hasil diagnostik itu menjadi dasar pengambilan keputusan untuk perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan (assesment for learning).

Prinsip Penilaian

Objektif, 

Adil, 

Terpadu, 

Terbuka, 

Sistematis, 

Akuntabel, 

Nah, dengan pemetaan KD yang jelas dan holistik, maka guru dapat menentukan penilaian hasil belajar siswa dengan asesmen yang telah disiapkan. Dengan demikian, setiap guru telah memiliki arah dalam menetapkan materi pembelajaran setiap KD maupun dalam melakukan kegiatan penilaian terhadap siswa.

Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 1 SD/ MI Terbaru Semester 1

Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 1 SD/ MI  Versi 1 revisi 2018 

>>>> unduh di sini <<<<

Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 1 SD/ MI  Versi terbaru 

>>>> unduh di sini <<<<


Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 1 SD/ MI Terbaru Semester 2

Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 1 SD/ MI  Versi 1 revisi 2018

>>>> unduh di sini <<<<

Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 1 SD/ MI  Versi terbaru 

>>>> unduh di sini <<<<

Pemetaan KD Kelas 1,2,3,4,3,6 SD/ MI Terbaru Semester 1 dan 2๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Sedangkan untuk informasi lainnya, dapat dibaca juga:




Modul Pembelajaran  di SD, SMP, SMA

RPP dan Administrasi Guru Kelas dan Guru Mapel๐Ÿ‘‡:

Modul Literasi dan Numerasi Lengkap

RPP Matematika SD

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru

 APLIKASI SIM PKB ANDROID dari GPS๐Ÿ‘‡

Salam literasi. Marilah senantiasa menemukan jati diri. Terima kasih atas atensinya.

Post a Comment for "Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 1 SD/ MI Terbaru Semester 2"