Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 4 SD/ MI Terbaru Semester 2

 Aleepenaku.com-Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 4 SD/ MI Terbaru Semester 2 ini merupakan Kompetensi Dasar yang dipetakan dalam satu semester berdasarkan KD dan Pembelajaran setiap Minggu aktif. Sehingga, Pemetaan Kompetensi Dasar atau KD ini akan selesai atau tepat waktu setiap semester yang menyesuaikan dengan jumlah tema, sub tema pembelajaran. 

Perlu diketahui bahwa pada Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 4 SD/ MI Terbaru Semester 2  ini memuat KI 3 dan KI 4. Namun demikian, perlu diketahui bahwa terdapat 4 KI yang selalu terintegrasi dalam pembelajaran, yaitu sebagai berikut.

Kompetensi Inti 1 (KI-1) : sikap Spiritual

Kompetensi Inti 2 (KI-2) : Sikap Sosial

Kompetensi Inti 3 (KI-3) : Pengetahuan/ kognitif

Kompetensi Inti 4 (KI-4) : keterampilan

Maka, keempat (4) kompetensi inti (KI) ini menjadi kompetensi yang diharapkan semua siswa memiliki kesimbangan pada setiap kompetensi. Untuk kompetensi Inti (KI) 1,2,3 maupun 4. Jika siswa memiliki kompetensi yang cukup memadai, maka dapat diketahui dari hasil belajarnya yang terdiri dari penilaian kognitif, sikap, dan keterampilan. Perlu memperhatikan aspek sikap sosial dan spiritual dari tindakan seharai-hari.

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Muatan Pelajaran di Sekolah Dasar (SD)

Perlu dipahami bahwa, sebelum melakukan atau menyelenggarakan peroses pembelajaran, guru seharusnya menyusun prota/ promes untuk menghitung jumlah waktu yang tersedia serta menyesuaikan dengan waktu yang dibutuhkan. Tujuannya agar dapat menyelesaikan seluruh KD setiap muatan pelajaran dengan tepat waktu. 

Oleh karena itu, penilaian siswa itu dapat dilakukan setiap KD. Sehingga, setiap guru perlu melakukan pemetaan KD untuk mengetahui KD yang akan diujikan. Sehingga, pemetaan Kompetensi Dasar/ KD seperti yang dibagikanini bisa dilakukan dengan waktu perminggu.

Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 1,2,3,4,3,6 SD/ MI Terbaru Semester 1 dan 2๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Hubungan Pemetaan KD  dengan Penilaian Siswa PerKD

Konsep Penilaian SD

Penilaian siswa berarti proses pengumpulan serta pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa. Sesuai dengan kebijakan Panduan Penilaian SD untuk revisi 2018, dijelaskan bahwa penilaian itu memiliki dua fungsi: fungsi sumatif dan fungsi formatif.

Fungsi sumatif penilaian= aktivitas untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian peserta didik, serta mendeskripsikan capaian hasil pembelajaran tersebut (assesment of learning).

Fungsi formatif penilaian= kegiatan menganalisis dan mendiagnosa kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran. Selanjutnya, memberikan arah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Kemudian, mampu memahami kekuatan serta kelemahan dalam proses pembelajaran. Hasil diagnosa itu menjadi bahan dasar dalam pengambilan keputusan untuk perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan (assesment for learning).

Prinsip Penilaian

Objektif, 

Adil, 

Terpadu, 

Terbuka, 

Sistematis, 

Akuntabel, 

Nah, dengan pemetaan Kompetensi Dasar  yang jelas, maka guru dapat menentukan penilaian hasil belajar siswa melalui instrumen asesmen yang telah disiapkan. Dengan demikian, setiap guru telah memiliki pandangan yang mantap dalam menetapkan materi pembelajaran setiap KD maupun dalam melakukan kegiatan penilaian terhadap siswa.

Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 4 SD/ MI Semester 1

Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 4 SD/ MI  Versi 1 revisi 2018 

>>>> unduh di sini <<<<

Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 4 SD/ MI  Versi terbaru 

>>>> unduh di sini <<<<


Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 4 SD/ MI Semester 2

Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 4 SD/ MI  Versi 1 revisi 2018

>>>> unduh di sini <<<<

Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 4 SD/ MI  Versi terbaru 

>>>> unduh di sini <<<<

 Pemetaan KD Kelas 1,2,3,4,3,6 SD/ MI Terbaru Semester 1 dan 2๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Sedangkan untuk informasi lainnya, dapat dibaca juga:




Modul Pembelajaran  di SD, SMP, SMA

RPP dan Administrasi Guru Kelas dan Guru Mapel๐Ÿ‘‡:

Modul Literasi dan Numerasi Lengkap

RPP Matematika SD

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru

 APLIKASI SIM PKB ANDROID dari GPS๐Ÿ‘‡

Salam literasi. Marilah senantiasa menemukan jati diri. Terima kasih atas atensinya.

Post a Comment for "Pemetaan KD (KI 3 dan KI 4) Kelas 4 SD/ MI Terbaru Semester 2"