Ketahui: Panduan dan Konfirmasi Simulasi Mengajar Guru Penggerak Angkatan 5

Aleepenaku.com- Salam digital menyongsong era society 5.0. Sahabat CGP yang luar biasa. Apakah sudah mempelajari Panduan dan Konfirmasi Simulasi Mengajar Guru Penggerak Angkatan 5? Panduan dan Konfirmasi Simulasi Mengajar Guru Penggerak Angkatan 5 ini tidak terlepas dari apa yang telah dilakukan pada panduan simulasi mengajar guru penggerak, topik simulasi mengajar guru penggerak dan aktivitas guru penggerak angkatan 4 lalu. Bahkan, untuk angkatan sebelumnya pun dapat kita jadikan pelajaran untuk bisa belajar. Apalagi, program guru penggerak ini, berjalan dan akan dilaksakanakan beberapa tahap. Sehingga, tahap sebelumnya dapat kita jadikan sebagai inspirasi.

Sumber Gambar SS: https://bantuan.simpkb.id/books/panduan-guru-penggerak/ch02/2-1-simulasi-mengajar.html

Sahabat, seleksi simulasi mengajar merupakan aktivitas seleksi tahap 2 setelah dinyatakan lulus tahap pertama. Tahap pertama terdiri dari CV dan esai. Kemudian, tahap 2 ini merupakan kegiatan simulasi wawancara guru penggerak. Oleh karena itu, penting menyiapkan RPP simulasi mengajar sekolah penggerak. Seperti disampaikan pada coaching clinic bahwa simulasi mengajar, kegiatan inti simulasi akan dilaksanakan sekitar 10 menit pembelajaran. Atau sekitar 30 menit dengan berbagai persiapan. Sehingga, ada yang menyebuatnya agar menyiapkan RPP  10 Menit Simulasi Mengajar CGP 5. Setelah itu akan dijadwalkan wawancara selama sekitar 60 menit.
Sebaiknya, kita juga belajar dan menyiapkan diri memahami topik simulasi mengajar guru penggerak,
panduan guru penggerak. Meskipun telah dinyatakan memenuhi syarat guru penggerak angkatan 5, namun bisa saja pada tahap 2 tidak lolos. Sebab, juga akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kuota guru penggerak yang ditetapkan.
Janganlah khawatir, sahabat semua tetap berusaha dan yakin bisa, Nanti juga bisa belajar beberapa modul 1 guru penggerak pdf juga catatan guru penggerak dari pengalaman sahabat lain sebelumnya.

Panduan dan Konfirmasi Simulasi Mengajar Guru Penggerak Angkatan 5
Pada seleksi simulasi mengajar untuk angkatan 5, akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pada tanggal 1-6 Januari 2022, peserta diminta untuk mengunggah RPPnya ke laman Guru Berbagi melalui SIM PKB masing-masing. Kemudian, menunggu Konfirmasi dan Jadwal penetapan waktu untuk Simulasi Mengajar. Barulah kemudian, akan dijadwalkan kembali untuk seleksi wawancara. Wawancara akan dilaksanakan selama 1 jam bersama 2 asesor.


Nah, dalam simulasi mengajar diharapkan sebagai berikut.

  1. Simulasi mengajar dinilai oleh 2 asesor
  2. Pilih satu topik saja, cek di sini.
  3. Siapkan RPP 10 menit.
  4. Tempat simulasi mengajar yang jelas, terang tidak terganggu cahaya dan seabgainya.
  5. Peserta harus menyiapkan alat peraga, spidol, dan bahan pembelajaran lainnya.
  6. Mengunggah RPP 10 menit. 
  7. Ikuti info penting di SIM PKB secara berkala.

Sebagai pembelajaran, silakan bisa membaca kembali Panduan Simulasi Mengajar Guru Penggerak Angkatan 5, DI SINI

Untuk Konfirmasi Simulasi Mengajar Guru Penggerak Angkatan 5, silakan mengecek SIM PKBnya sesering mungkin. Setelah ada 2 tanda centang, tentang konfirmasi unggah RPP, maka tunggu konfirmasi jadwal simulasi mengajar. 
Jika ada hal yang perlu dikondultasikan, maka segera hubungi nomor WA Pematau yang tertera pada laman tersebut.

1 comment for "Ketahui: Panduan dan Konfirmasi Simulasi Mengajar Guru Penggerak Angkatan 5"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.