Fase dan Struktur Kurikulum Paradigma Baru Tahun 2022

Aleepenaku.com-Sahabat aleepenaku. Di era digital ini, informasi begitu cepat untuk diketahui atau disampaikan. Termasuk berbagai program strategis pemerintah dalam bidang pendidikan. Sebagaimana yang sampaikan oleh Direktur SD, Kemdikbudristek bahwa kurikulum pendidikan harus dikembangkan dan dievaluasi untuk perbaikan secara kontinyu, terus menerus. Hal merupakan komitmen dan semangat dan tujuan serta fungsi pendidikan nasional. Jadi, dalam perubahan kurikulum, revisi standar dalam pembelajaran perlu dilakukan perubahan, lebih sederhana.  Hal ini merupakan hasil rekomendasi penelitian atau riset tahun 2015.  (Sumber: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/paradigma-baru-pembelajaran-sekolah-dasar-di-era-digital)


Apakah Anda masuk pada Daerah Sasaran Guru Penggerak (GP) Angakatan 6?

Para guru juga sudah mengetahui bahwa memang Kemdikbud telah melakukan terobosan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, juga mutu guru. Yakni, beberapa program yag telah berjalan:  Program Sekolah Penggerak (PSP) dengan Struktur KurikulumGuru Belajar dan BerbagiGuru Penggerak, Merdeka Belajar,  dan lainnya. Perlulah kiranya kita memahami dokumen terkait PSP, Ruang Lingkup, dan Modul Pembelajaran yang digunakan.

Nah, dapat dibaca di berbagai media bahwa kurikulum 2022 untuk sd, adanya mata pelajaran kurikulum 2022, kurikulum 2022 untuk paud, kurikulum 2022 untuk sma, kurikulum 2022 untuk smk, kurikulum 2022 untuk smp merupakan terobosan baru tentang kurikulum paradigma baru kemendikbud. Jadi, jika di SD pada waktu lalu telah menerapkan kurikulum 13, kurikulum paradigma baru sd 2022 mengalami beberapa perubahan. Oleh karena itu, untuk masing-masing jenjang seringkali disebut dengan perubahan kurikulum paradigma baru paud, kurikulum 2022 untuk sd, kurikulum paradigma baru smp, kurikulum paradigma baru smk dan kurikulum paradigma baru sma.

Namun demikian, esensi dari perubahan kurikulum tersebut, dapat dilihat dari beberapa perbedaan antara kurikulum prototype atau paradigma baru dengan kurikulum sebelumnya. Guru dalam konteks kerangka merdeka belajar, terus belajar menyesuaikan dengan perkembangan. Termasuk berusaha meningkatkan kompetensi dirinya.

Sedangkan untuk Kurikulum Paradigma Baru (Kurikulum Prototipe) sesuai dengan berbagai berita, disebutkan bahwa akan diterapkan pada tahun ajaran 2022/ 2023 mendatang. Kemudian, untuk mengetahui perkembangan tentang Kurikulum Paradigma Baru, kita perlu membekali diri dan belajar mengenai Dokumen Penting dan Kebijakan Kurikulum Paradigma baru ini.

Fase dan Struktur Kurikulum Paradigma Baru Tahun 2022

Dalam Kurikulum Paradigma Baru, hal yang membedakan dan perlu diketahui adalah sebagai berikut.
  1. Struktur Kurikulum
  2. Capaian Pembelajaran
  3. Fase Sekolah
  4. Jumlah Jam Pelajaran
  5. Asesmen Kolaboratif
  6. Pendekatan Pembelajaran
  7. Adanya Mata Pelajaran TIK di SMP
  8. Mata Pelajaran IPAS
  9. Tidak ada Program Peminatan di SMA
  10. Presentase Kejuruan 70%
Selengkapnya dapat dibaca: 10 Hal Baru dan Fase pada Kurikulum Paradigma Baru, sekarang.

Dapatkan informasi penting tentang:


Modul Pembelajaran  di SD, SMP, SMA

Ringkasan Materi Tematik Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/ MI 👇

Aplikasi Penilaian Pembelajaran (APP) 

Aplikasi AKM Kelas Guru dan Siswa

Kisi-kisi dan Soal PAS PJOK SMP/ MTs

Soal PAS PJOK SD/ MI

Admin aleepenaku mengucapkan banyak terima kasih atas atensinya. Semoga bermanfaat. Salam Literasi.

1 comment for "Fase dan Struktur Kurikulum Paradigma Baru Tahun 2022"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.