Konsep Merdeka Belajar, Pelajar Menentukan Cara dan Tujuan

Aleepenaku.com - Konsep Merdeka Belajar, Pelajar Menentukan Cara dan Tujuan yang akan disajikan merupakan bagian dari materi kegiatan bimbingan teknis Merdeka Belajar yang digagas oleh Kemdikbud. Silakan ikuti secara daring kegiatan Program Bimtek tersebut. Saat ini, memasuki Angkatan ke-7 pada Program Guru Belajar dan Berbagi tahun 2021.

Gambar tangkapan layar: materi slide bimtek Merdeka Belajar/ Kemdikbud

Bagi yang ingin mendaftar Bimtek Seri Guru Merdeka Belajar Angkatan 7 Program Guru Belajar dan Berbagi 2021 ini bisa segera melalui SIM PKB masing-masing. Bisa juga langsung menuju laman: https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-guru-merdeka-belajar/. 

Program ini dirancang khusus untuk menjawab tantangan dan persoalan yang dialami dan dirasakan oleh guru, yakni problematika guru dalam pembelajaran dan aktivitas pendidikan lainnya.

Nah, kali ini admin aleepenaku ini berbagi tentang Konsep Merdeka Belajar, Siap Belajar, menujuSekolah Penggerak. Artinya, kita diajak untuk memahami konsep dasar Merdeka Belajar sesuai dengan materi slide pada program bimtek Merdeka Belajar.

Perlu diketahui bahwa dalam kerangka Merdeka Belajar, guru juga perlu mengunduh Platform Merdeka Mengajar. Sehingga semakin memiliki kemampuan dalam melaksanakan program merdeka mengajar dalam kegiatan pendidikan di sekolah.

Apakah Merdeka Belajar itu? Mengapa Guru harus mampu menerapkan Merdeka Belajar dalam kegiatan pembelajaran?

Sebagaimana dijelaskan dalam materi bimtek Merdeka Belajar, dapat diperoleh pemahaman bahwa Merdeka Belajar merupakan aktivitas belajar yang diatur sendiri oleh siswa sebagai pelajar. Dalam konteks merdeka belajar, pelajar memiliki fungsi dan peran strategis. Sebab, siswa sebagai pelajar dapat berperan aktif dalam menentukan tujuan belajar, cara dan penilaian aktivitas belajarnya. Sehingga, menurut sudut pandang guru sebagai pengajar, bahwa merdeka belajar berarti belajar dengan cara melibatkan siswa/ murid dalam penentuan tujuan pembelajaran, memberi pilihan cara beajar, dan melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Karakteristik Merdeka Belajar

Dengan demikian dalam kerangka Merdeka Belajar, terdapat 3 komponen penting yang menjadi karakteristik Merdeka Belajar harus diwujudkan, antara lain sebagai berikut.

  1. Belajar dengan melibatkan siswa/ murid dalam penentuan tujuan
  2. Guru memberi piihan cara (belajar).
  3. Melakukan aktivitas refleksi terhadap proses dan hasil belajar

Kunci Merdeka Belajar

Sebagaimana dijelaskan pada materi Bimtek Program Seri Guru Belajar, bahwa dapat dikatakan Merdeka Belajar, apabila dapat diwujudkan kunci sebagai berikut.

  1. Belajar bukanlah untuk ujian, tapi untuk mencapai tujuan belajar yang bermakna 
  2. Belajar bukanlah dikendalikan pengajar, tapi disepakati bersama antara pengajar dan pelajar 
  3. Belajar bukanlah dengan cara yang seragam, tapi ada diferensiasi cara belajar. 
  4. Belajar bukanlah hanya menghafal rumus, tapi menalar dan menyelesaikan persoalan 
  5. Belajar bukanlah untuk dinilai pengajar, tapi dinilai bersama untuk membangun kesadaran 
  6. Belajar bukanlah dinilai oleh besarnya angka, tapi oleh karya yang bermakna 

Konsep Merdeka Belajar telah diteliti oleh para peneliti dan dapat disimak kesempulan hasil penelitian sebagai berikut.

  1. Bahwa menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Sukowati, Sartono dan Pradewi, kemerdekaan belajar dapat meningkatkan kemandirian belajar sejumlah murid sekolah dasar di Yogyakarta.
  2. Kemudian, Syahniar menemukan bahwa murid. siswa yang merdeka belajar mencapai prestasi yang lebih baik.
  3. Pada penelitian yang dilakukan peneliti pada lembaga  SMA di Sumedang, ditemukan bahwa semakin murid/ siswa merdeka belajar, semakin tinggi motivasi berprestasinya. Bahkan, siswa/ murid yang merdeka belajar memiliki tingkat prokrastinasi akademik yang rendah. (Sumber: Kemdikbud.2021. Materi Bimtek Merdeka Belajar)

Apa Alasan harus Merdeka Belajar?

Dengan merdeka belajar, maka akan tercipta situasi bagi pelajar yang lebih:

  1. Mandiri dalam mengerjakan tugas belajarnya.
  2. Tahan dalam menghadapi kesulitan
  3. Peka atau adaptif terhadap perubahan dan mampu menghadapinya.

Jadi, Merdeka belajar sebenarnya akan membentuk kemampuan siswa dalam merefleksikan dan menyesuaikan pemikiran serta perbuatan terhadap perubahan di sekitarnya untuk mencapai tujuan.

Materi Slide Konsep Merdeka Belajar Kemdikbud๐Ÿ‘‡

RPP #1 Lembar Kelas7,8,9 SMP/ MTs >>>>>> Unduh 

Ringkasan (Rangkuman) Materi Tematik untuk Kelas 1-6 SD/ MI ๐Ÿ‘‡


Aplikasi Penilaian Pembelajaran Excel PH, PTS, PAS (APP) 

Untuk info pilihan dan penting lainnya, sering diunduh juga:

1 comment for "Konsep Merdeka Belajar, Pelajar Menentukan Cara dan Tujuan "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.