Dibuka: Pendaftaran Bimtek Seri Guru Merdeka Belajar Angkatan 7 Program Guru Belajar dan Berbagi 2021

 Aleepenaku.comAyo Mendaftar Bimtek Seri Guru Merdeka Belajar Angkatan 7 Program Guru Belajar dan Berbagi 2021 merupakan saran dan masukan bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya agar bisa mendaftar dan mengikuti bimbingan teknis program kemdikbudristek. Program tersebut adalah Bimtek Seri Guru Merdeka Belajar Angkatan 7 pada Program Guru Belajar dan Berbagi 2021.

Gambar tankapan layar: https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-guru-merdeka-belajar/

Sebelum melakukan pendaftaran Bimtek Seri Guru Merdeka Belajar Angkatan 7 Program Guru Belajar dan Berbagi 2021, sebaiknya para sahabat terlebih dahulu memahami tentang definisi, tujuan, manfaat, pola dan alur pendaftaran program guru belajar dan berbagi ini. 

Mengapa? agar dapat memahami lebih awal tentang arah strategis program luar biasa ini. Maka, janganlah melewatkan kesempatan baik ini. Apalagi, program ini akan dan telah dilaksanakan dengan pola asinkronous dan berbasis informasi telegram.

Saat ini, telah berada pada waktu angkatan ke 7 dari total 10 angkatan pendaftaran dan bimtek. Baik pendaftaran maupun bimtek, dilaksanakan sekitar seminggu setiap angkatan. Hal ini berarti, bahwa banyak kesempatan yang bisa diraih oleh guru dan GTK lainnya untuk memanfaatkan momentum ini. 

Nah, Apakah program Guru Belajar dan Berbagi pada Seri Guru Merdeka Belajar ini?

Pada laman https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-guru-merdeka-belajar/, dijelaskan bahwa program luar biasa ini dirancang khusus untuk menjawab tantangan dan persoalan yang dialami dan dirasakan oleh guru, yakni problematika guru dalam menjalani profesinya. Guru memang banyak tugas dan tanggung jawab administratif, tentu juga kegiatan pembelajaran. Pada masa pandemi ini, guru banyak sekali mengikuti pelatihan, diklat, workshop. Namun, kadang tidak sesuai dengan kebutuhan profesinya. Banyak guru berada pada garis stagnan, dari aspek pengembangan karir dan kompetensinya, sebagian. Nah, untuk itulah, program seri Guru Merdeka Belajar ini, memformulasikan agar guru memeroleh kuncu pengembangan diri, yaitu: kemerdekaan, kemampuan atau kompetensi, kolaborasi serta karier.

Sehingga, program Guru Belajar dan Berbagi dengan seri Guru Merdeka Belajar ini merupakan solusi tepat bagi guru untuk senantiasa belajar dan mengembangkan diri secara berkelanjutan. Profesionalisme bukan saja tentang guru hebat dengan administrasi. Namun, tindakan mengajar dan membelajarkan siswa juga merupakan hal yang utama. Kuncinya, guru dapat membelajarkan siswa dengan kata kunci, orientasi pembelajaran berpihak pada siswa.

Di sinilah uregensi Merdeka Belajar bagi guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Sehingga, tujuan pembelajaran menjadi tercapai, problematikan yang dihadapi dapat dicarikan solusi alternatif yang relevan.

Selanjutnya, apakah tujuan dari program seri Guru Merdeka Belajar ini?

Secara umum, program Guru Merdeka Belajar ini memiliki tujuan yang mengacu pada kompetensi guru. Yakni diupayakan dapat meningkatkan hal berikut.

  1. Mewujdukan kebiasaan reflektif dengan aktivitas pengembangan diri secara mandiri dengan tindakan refleksi pada praktik pembelajaran, pendidikan. Kemudian, mampu menganalisa kekautan dan kelemahan diri sendiri, mampu menetapkan tujuan dan rencana pengambangan diri serta dapat menetapkan cara atau metode serta beradaptasi dalam melaksanakan pengembanagan diri.
  2. Mewujudkan partisipasi aktif dan networking dan organisasi profesi dalam upaya pengambangan karier dengan cara mengikuti berbagai aktivitas jejaring dan organisasi profesi. Kemudian mampu melakukan eksplorasi berbagai pengalaman belajar. Tentu saja berdasarkan jejaring dan organisasi profesinya. Serta mampu berkarya dan memberikan layanan dalam jejaring tersebut.

Kemudian, secara khusus, program ini bertujuan sebagai berikut.

  1. Pertama, guru mampu mengetahui dengan tepat tentang miskonsepsi pendidikan. Sehingga guru yang bersangkutan dapat menjadi Guru Merdeka Belajar dan penggerak perubahan.
  2. Kedua, Guru peserta mampu mengenali konsep PD. Yakni pengembangan diri Guru Merdeka Belajar yang dapat meningkatkan kariernya.

Begitu pentingnya tentang Guru Merdeka Belajar, menjadikan kita semua sebagai guru seyogyanya dapat mengikuti program Guru Belajar dan berbagi seri GMB ini.

Ayo Mendaftar Bimtek Seri Guru Merdeka Belajar Angkatan 7 Program Guru Belajar dan Berbagi 2021, siapa saja?
Calon peserta bimtek yang bisa mendaftar pada progam ini adalah sebagai berikut.
  1. Guru atau tenaga pendidik
  2. Kepala Sekolah
  3. Guru SDLB, SMP LB, SMA LB.
  4. Kepala Sekolah SDLB, SMP LB, SMA LB.
  5. Admin Sekolah
  6. Tenaga kependidikan lainnya.
Yakni untuk jenjang PAUDIKDASMEN serta memiliki akun SIM PKB. Maka, seorang guru haruslah mampu dalam mengelola SIM PKBnya sendiri.

Kemudian, bimbingan teknis kegiatan ini akan dilaksanakan dengan aplikasi Guru Belajar dan berbagi pada model asinkronous serta aplikasi kanal Telegram.

Nah, peluang yang diberikan pemerintah melalui Kemdikbud sangat besar. Seperti Program Merdeka Belajar, Pendamping Guru Penggerak, AKM, Seri Belajar Masa Pandemi, Seri Literasi Numerasi, Seri PTM Terbatas, Seri Inklusi, Guru Penggerak, dan masih banyak lagi lainnya.

Jadwal Pelaksanaan Pendaftaran dan Bimtek Guru Merdeka Belajar Tahun 2021 
Angkatan 1
Pendaftaran: 12-15 Oktober
Bimtek: 15-21 Oktober

Angkatan 2
Pendaftaran: 12-22 Oktober
Bimtek: 22-28 Oktober

Angkatan 3
Pendaftaran: 12-29 Oktober
Bimtek: 29 Oktober - 4 November

Angkatan 4
Pendaftaran: `16 Oktober -  5 November 
Bimtek: 5-11 November

Angkatan 5
Pendaftaran: 23 Oktober - 12 November
Bimtek: 12-18 November

Angkatan 6
Pendaftaran: 30 Oktober - 19 November
Bimtek: 19-25 November

Angkatan 7
Pendaftaran: 6-26 November
Bimtek: 26 November - 2 Desember

Angkatan 8
Pendaftaran: 13 November - 3 Desember
Bimtek: 3-9 Desember

Angkatan 9
Pendaftaran: 20 November - 10 Desember
Bimtek: 10-16 Desember

Angkatan 10
Pendaftaran: 27 November - 17 Desermber
Bimtek: 17 -23 Desember


Sumber informasi ini dapat diakses di: laman https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-guru-merdeka-belajar/.

Ayo Mendaftarlah Sekarang! Untuk melakukan registras Seri Guru Merdeka Belajar, silakan klik tombol Daftar Di Sini, di bawah ini.


Atau bisa langsung juga, Mulai Belajar, Di Sini.


Disarankan juga melengkapi informasi dengan membaca juga:






Untuk informasi lainnya, dapat dibaca juga:

Modul Literasi dan Numerasi Lengkap

RPP Matematika SD

RPP Daring SD,SMP.SMA

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru

Soal PH, PTS dan PAS Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/ MI

Form Analisis PH SD

Salam literasi. Demikianlah hal penting yang bisa aleepenaku sampaikan. Semoga bermanfaat.

3 comments for "Dibuka: Pendaftaran Bimtek Seri Guru Merdeka Belajar Angkatan 7 Program Guru Belajar dan Berbagi 2021"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.