Hari Guru Nasional 2021: Meneguhkan Merdeka Belajar dan Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan

Aleepenaku.com-Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November merupakan momentum baik untuk mengingat kembali sejarah tentang Guru. Hari guru yang ditetapkan ini, juga bersamaan dengan Hari Ulang Tahun PGRI.

Dok. TNGP

Berdasarkan Kepres No. 78/ 1994 bahwa pada tanggal 25 November ditetapkan sebagai hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia. Maka, pada tanggal tersebut juga ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional. PGRI lahir pada tanggal 25 November tahun 1945. Dengan demikian, pada tahun 2021 ini telah berusia 76 tahun (pgri.or.id).

Pilih Foto Kerennya pada Bingkai di atas: Pasang Foto Di Sini

Guru adalah petugas profesi yang berada di barisan terdepan dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan. Guru merupakan tenaga pengajar dan pendidik yang senantiasa mencurahkan pikiran, perasaan, tenaga dan waktu untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan diri. Guru adalah insan akademik yang digugu dan ditiru. Guru merupakan ilmu pengetahuan yang berjalan. Guru juga sebagai teladan bagi peserta didik, masyarakat dan keluarganya. 

Untuk itulah, sejatinya menanggung beban predikat Guru di pundak, tidaklah ringan. Banyak sekali tugas dan tanggung jawab dipikul dalam rangka melaksanakan visi nasional, mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam konteks lebih kecil, guru harus mampu membelajarkan peserta didik. Mengasah dan mengembangkan pengatahuan, sikap dan keterampilan siswa menjadi lebih baik. Lebih maju dan siap untuk hidup di masyarakat pada masa mendatang.

Guru sebagai tenaga pengajar, senantiasa menyajikan materi ajar dari berbagai sumber belajar. Misalnya, sumber belajar: lingkungan sekitar, buku, internet, media massa, tokoh dan modelling, situasi, dan lain sebagainya. Semua aspek kehidupan dapat dijadikan bahan ajar untuk belajar. Belajar berarti mengalami. Maka, guru harus mampu memberikan pengalaman terbaik bagi peserta didik untuk belajar. Pembelajaran yang dilaksanakan sejatinya seharusnya berpusat pada peserta didik. 

Salah satu tugas berat lainnya, guru haru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, juga menantang. Harus mampu mengikutsertakan peserta didik dalam proses belajar, mencoba, merasakan, mengalami, mempraktikkan, dan merefleksi kegiatan pembelajaran.

Dalam kegiatan pembelajaran, guru tidak saja menyampaikan materi ajar. Namun, menyajikan materi secara konseptual, realistik, praktikum. mengalami, memecahkan masalah, menemukan dan proyek pembelajaran menjadi sebuah keniscayaan.

Guru sebagai tenaga pendidik harus mampu menempatkan diri sebagai figur yang bisa digugu dan ditiru oleh peserta didikya. Ucapan, tindakan, perbuatan dan segala aspek yang melekat pada guru, menjadi cermin bagi siswanya. Oleh karena itu, perlu disadari kondisi dan posisi strategis tersebut.

Pilih Foto Kerennya pada Bingkai di atas: Pasang Foto Di Sini

Oleh karena itulah, maka setiap guru wajib mengembangkan dan meningkatkan kompetensi keguruannya, meliputi; kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profeisonal. Maka, guru sangat perlu untuk melakukan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

Tahun 2021 ini, teman Hari Guru Nasional adalah Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan sebagaimana juga dijelaskan dalam laman: https://gtkdikdas.kemdikbud.go.id/. 

Marilah kita merefleksi diri sebagai guru. Guru terus belajar sepanjang waktu. Guru yang terus ingin melakukan perubahan dalam kerangka merdeka belajar, merdeka mengajar. Meneguhkan diri untuk terus melakukan perubahan sekecil apapun yang bermanfaat adalah langkah maju. 

Jadikanlah momentum Hari Guru Nasional ini sebagai tonggak merefleksi diri untuk lebih berkompetensi. Merdeka belajar adalah satu kesempatan terbaik dalam mengaktualisasikan diri, sebagai guru. Janganlah berhenti berkarya untuk anak bangsa.

Sesuai dengan tema HGN 2021 adalah Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan. Tema ini sangat sarat dengan makna. Mengandung unsur ajakan, motivasi, contoh, pengambangan, peningkatan serta usaha maksimal dalam memulihkan kondisi pendidikan yang terimbas oleh pandemi. Oleh karena itu, gunakan hati, rasa, pikir dan tindakan nyata dalam memulihkan situasi pendidikan agar lebih baik lagi.

Banyak pelajaran yang diperoleh selama pandemi berlangsung. Setidaknya, guru telah banyak meningkatkan kemampuannya. Khususnya dalam aktivitas literasi digital dan tekonologi pembelajaran. Maka, supaya terus dikembangkan sebagai kecakapan hybrid. Sehingga, tidak ada kata berhenti untuk belajar dan mengembangkan diri.

Banyak cara menyemangati para sahabat guru dalam menyambut hari ulang tahunnya. Baik dirayakan dengan organisasi profesi guru, maupun inisiatif sendiri. Salah satunya dengan menggelorakan semangat melalui HGN ini.

Pada kesempatan ini, aleepenaku ingin berbagi cara sosialisasi HGN 2021. Yaitu dengan menggunakan poster twibbon HGN yang sudah dibuat oleh sahabat kita. Kita sebagai guru patut berbangga dapat berkontribusi besar dalam duni pendidikan.

Marilah kita sosialisaikan HGN ini sebagai momentum terbaik memperingati hari kelahirannya. Gunakan bingkai foto menarik di bawah ini sebagai instrumen memerihakan HGN tahun 2021 ini.




Pilih Foto Kerennya pada Bingkai Terbaik 1: Pasang Foto Di Sini


Pilih Foto Kerennya pada Bingkai Terbaik 2Pasang Foto Di Sini


Pilih Foto Kerennya pada Bingkai Terbaik 3Pasang Foto Di Sini



Pilih Foto Kerennya pada Bingkai Terbaik 4Pasang Foto Di Sini


5 comments for "Hari Guru Nasional 2021: Meneguhkan Merdeka Belajar dan Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.