Cek SIM PKB Sekarang: Ayo Mendaftar Bimtek Seri Literasi dan Numerasi Program Guru Belajar dan Berbagi

 Aleepenaku.com-Terbaru di SIM PKB: Ayo Daftar Bimtek Seri Literasi dan Numerasi Program Guru Belajar dan Berbagi  merupakan informasi penting bagi guru, kepala sekolah dan pengawas. Terutama di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Ini adalah kesempatan emas bagi guru semuanya. Maka, guru senantiasa mengelola SIM PKBnya untuk selalu up date informasik Kemdikbud.

Gambar Tangkapan Layar: https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-literasi-dan-numerasi/

Bimtek Seri Literasi dan Numerasi Program Guru Belajar dan Berbagi dilaksanakan secara daring. Pendaftaran Bimtek Seri Literasi dan Numerasi Program Guru Belajar dan Berbagi secara keseluruhan dimulai pada tanggal 5 November hingga 28 Desember 2021. Berarti ada sekitar hampir 2 bulan waktu yang disediakan. 

Kemudian, dari rentang waktu pendaftaran tersebut, Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Literasi dan Numerasi ini dibagi menjadi 8 angkatan. Untuk jadwal secara lengkap, akan disajikan dibagian bawah artikel ini.

Nah, sebenarnya, apa yang dimaksud dengan program Guru Belajar dan Berbagi untuk Seri Literasi dan Numerasi ini? 

Seperti yang sudah dipahami oleh para guru Indonesia, bahwa pada masa pandemi ini, Kemdikbud seringkali meluncurkan program yang luar biasa. Mulai dari Merdeka Belajar, Seri Belajar Masa Pandemi, Seri PTM Terbatas, Seri Inklusi, Guru Penggerak, Pendamping Guru Penggerak, AKM, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, mengutip di laman ayobelajardanberagi.kemdikbud.go.id bahwa untuk Program Guru Belajar dan Berbagi tentang seri Literasi dan Numerasi ini merupakan suatu program yang dirancang untuk dapat meningkatkan kapasistas dan kemampuan GTK agar memiliki kualitas yang makin tinggi. Tentu saja secara umum untuk kehidupan di masyarakat. Oleh karena tujuan selanjutnya untuk kehidupan di masyarakat, maka sangat penting untuk meningkatkan kompetensi guru, terutama kemampuan literasi dan numerasi. 

Harapannya, dengan bimtek literasi dan numerasi ini setiap GTK mampu mendongkrak kompetensi, kognisi, wawasan, paradigma, afeksi, kreativitas, kritis, inovasi, serta kolaborasi guru dalam menjawab tantangan dunia pendidikan dan hambatan umum yang dihadapi saat ini. Apalagi juga dilengkapi dengan pengetahuan dari modul literasi dan numerasi.

Sehingga, program pemerintah ini seharusnya disambut baik oleh guru dan tenaga pendidikan lainnya. Maka, yang dibutuhkan dalam hal ini adalah kemauan, komitmen diri, keinginan kuat serta visi diri yang mumpuni untuk bisa mengembangkan diri secara berkelanjutan. Menjadi peserta dalam bimtek ini, sebenarnya adalah suatu kehormatan bagi guru. Sebenarnya, tidak ada alasan lagi untuk tidak mendaftarkan diri.

Apa saja tujuan Program Belajad & Berbagi Seri Literasi dan Numerasi ini?

Menelisik dari pengertian di atas, dan informasi pada laman aman ayobelajardanberagi.kemdikbud.go.id, maka intisari dari diadakannya bimtek hebat ini memiliki tujuan sebagai berikut.

Meningkatkan kompetensi dasar literasi dan numerasi GTK, meliputi: guru, KS, dan pengawas sekolah.

Dapat menerapkan kemampuan literasi dan numerasi dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri.

Meningkatkan kemampuan berpikir logis, sistematis, dan di luar kebiasaan para guru, KS dan Pengawas Sekolah. Terutama dalam memahami probematika hidup, menjadi problem solver, serta mengembangkan ide, gagasan, potensi dan sumber dayanya.

Peserta Bimtek seri literasi dan numerasi 

Pada seri literasi dan numerasi ini, yang bisa mendaftarkan diri adalah sebagai berikut:

  1. Guru atau tenaga pendidik
  2. Kepala Sekolah
  3. Pengawas Sekolah

untuk jenjang satuan pendidikan dasar (SD, SMP) dan Menengah (SMA). Serta guru di SILN.

Kapan Bisa Mendaftar?

Untuk melakukan pendaftaran, silakan disimak jadwal berikut.

Pendaftaran: 5 November - 28 Desember 2021

Bimtek Daring Angkatan 1: 9- 15 November 

Bimtek Daring Angkatan 2: 16- 22 November 

Bimtek Daring Angkatan 3: 23- 29 November 

Bimtek Daring Angkatan 4: 30 Nov. - 6 Desember

Bimtek Daring Angkatan 5: 7 -13 Desember

Bimtek Daring Angkatan 6: 14 -20 Desember

Bimtek Daring Angkatan 7: 21 -21 Desember

Bimtek Daring Angkatan 8: 28 Des  -3 Jan 2022

Ayo Mendaftar Sekarang! Untuk melakukan pendaftaran, silakan klik tombol Daftar Di Sini, di bawah ini.


Atau bisa langsung juga, Mulai Belajar, Di Sini.


Disarankan juga melengkapi informasi dengan membaca juga:





Dan informasi lainnya, dapat dibaca juga:

Modul Literasi dan Numerasi Lengkap

RPP Matematika SD

RPP Daring SD,SMP.SMA

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru

Soal PH, PTS dan PAS Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/ MI

Form Analisis PH SD

Salam literasi. Demikianlah informasi penting yang bisa aleepenaku bagikan. Semoga bermanfaat.

2 comments for "Cek SIM PKB Sekarang: Ayo Mendaftar Bimtek Seri Literasi dan Numerasi Program Guru Belajar dan Berbagi "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.