Cara Mengikuti Asesmen Nasional Tanpa Loading Lama, Lemot dan Mengerjakan Soal AKM Hingga Selesai

Aleepenaku.com-Sesuai dengan pengalaman pada pelaksanaan beberapa kali simulasi dan gladi bersih ANBK tahun 2021, dijumpai persoalan yang cukup mendapatkan perhatian. Setelah banyak sahabat yang memberikan informasi, ternyata di beberapa daerah mengalami hal yang sama. Banyak kendala yang dihadapi terkait pelaksanaan simulasi dan gladi bersih ANBK. Masalah umum yang dihadapi adalah loading lama (lemot sinyal). Sehingga, siswa kesulitan mengerjakan soal AKM.

Gambar Tangkapan Layar: https://anbk.kemdikbud.go.id/
Tidak itu saja. Ketika simulasi berlangsung, beberapa kali seorang siswa meminta reset token, loading lama, error, dan sebagagainya. Akhirnya, siswa mengerjakan hingga berulang beberapa kai untuk direset token. Bahkan, di beberapa tempat, simulasi itu berlangsung hingga sore hari. Terlebih lagi yang melaksanakan AKM tipe online penuh.

Nah, padahal pelaksanaan ANBK tahun 2021 akan segera dilaksanakan untuk SD/ MI. ANBK gelombang 1 akan segera dimulai pada tanggal 15 November 2021. Tentu saja harus mendapatkan perhatian seriu dari sekolah maupun protok dan teknisi yang bertugas. 

Pada kesempatan ini, aleepenaku.com ingin berbagi Tip Lancar Asesmen Nasional Tanpa Loading Lama dan Mengerjakan Hingga Selesai. Artinya, hal ini merupakan upaya meminimaisasi kendala dalam mengerjakan AKM tersebut.

Apalagi, pelaksanaan AKM ini bersamaan dengan Guru melaksanakan Survei Lingkungan Belajar. Sehingga, dimungkinkan beban sinyal pada internet atau wifi (jika guru menggunakan fasilitas wifi sekolah) akan bertambah. Maka, hal ini harus mendapatkan solusi bersama agar siswa lebih lancar dalam mengerjakan AKM ini.

AKM dan Survei Lingkungan Belajar memang dikerjakan oleh subyek yang berbeda. Tetapi, jika menggunakan failitas wifi yang sama, juga akan membebani kecapatan sinyalnya. Oleh karena itulah, cobalah perhatikan dan jika mungkin praktikkan Tip Lancar Asesmen Nasional Tanpa Loading Lama dan Mengerjakan Hingga Selesai di bawah ini.

Tip Lancar Asesmen Nasional Tanpa Loading Lama dan Mengerjakan Hingga Selesai adalah sebagai berikut.

  1. Kendala yang mungkin sulit dihindari oleh satuan pendidikan adalah apabila ada masalah pada server pusat. Sehingga, pengaruhnya pada seluruh satuan pendidikan yang melaksanakan AN.
  2. Tambah kapasitas layanan wifi di sekolah atau madrasah, jika sebelumnya masih pada kapasitas yang relatif rendah. Bisa menghubungi penyedia layanan wifi atau sinyal internet.
  3. Cobalah gunakan kabel LAN. Dari terminal wifi langsung ke masing-masing komputer atau laptop.
  4. Sinyal wifi di sekolah, hanya digunakan khusus laptop atau komputer yang dipakai mengerjakan AN.
  5. Perangkat gawai guru atau lainnya menggunakan paket data pribadi.
  6. Periksalah masing-masing untuk diclear cache atau sampah yang menumpuh. Clear history dan hapus aplikasi yang kurang dibutuhkan di laptop atau komputer.
  7. Segeralah masuk pada log in, ketika waktu sudah dimulai.
  8. Proktor supaya peka dan bertindak cepat apabila ada salah satu peserta mengalami kendala, minta reset token dan seabgainya.
  9. Teknisi juga bertindak cepat apabila ada masalah pada wifi dan sebagainya.
  10. Guru mengerjaakan Survei Lingkungan Belajar menggunakan HP dan paket data mandiri.
  11. Serta tindakan lainnya yang membantu mempercepat mengatasi loading lama dan siswa dapat mengerjakan AKM hingga selesai.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah terus meminta siswa latihan memahami Bentuk dan Soal AKM. Sehingga, jika telah memahami, maka relatif mudah dalam menjawab dan mempercepat pengerjaan soal AKM.

Nah, demikianlah Tip Lancar Asesmen Nasional Tanpa Loading Lama dan Mengerjakan Hingga Selesai. Semoga dapat dilalui dengan baik dan lancar.

Belajar Soal-Soal AKM 👇

Untuk Guru: Soal-Soal Survei Lingkungan Belajar 👇


Administrasi ANBK 2021 Lengkap Cetak 👇

Beberapa hal yang penting lainnya, disarankan para sahabat membaca juga:

Survei Lingkungan Belajar

Log in Survei Lingkungan Belajar

Cetak Kartu Login Survei Lingkungan Belajar

Dokumen Penting Pelaksanaan ANBK 2021

Akses Terbanyak ke Informasi AKM ANBK 2021

Bentuk dan Soal literasi numerasi ANBK 2021

Jadwal Mengikuti Simulasi ANBK 2021

Tahapan Penting ANBK 2021

Cara Menjawab Soal HOTS AKM 2021

Solusi Cerdas Mengerjakan Soal Sulit ANBK 2021

Kisi-kisi dan Soal AKM Literasi Teks Fiksi

Kisi-kisi dan soal AKM Literasi Teks Informasi

Aplikasi AKM Berbasis Android

Tugas Guru dan Sekolah pada AKM 2021

Generate dan Aplikasi KSN 2021

Pedoman IASP: Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2021

Aplikasi AKM Kelas Bagi Guru dan Siswa

Admin aleepenaku menyampaikan terima kasih dan selamat berANBK. Semoga bermanfaat.

Administrasi Guru dan Perangkat Pembelajaran

1 comment for "Cara Mengikuti Asesmen Nasional Tanpa Loading Lama, Lemot dan Mengerjakan Soal AKM Hingga Selesai "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.