Contoh Soal AKM ANBK Survei Karakter serta Pembahasannya Kelas 5 SD/ MI Tahun 2021

Sahabat guru hebat aleepenaku yang hebat.ANBK akan dimulai secara nasional pada tanggal 15 November 2021, InsyaAllah. Pengertian dari Asesmen Kompetensi Minumum (AKM) adalah kegiatan asesmen atau penilaian terhadap kompetensi atau kemampuan siswa yang terpilih secara acak di sekolah atau madrasah. Kompetensi ini cukup mendasar bagi siswa.

SS: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/an/

Kemampuan yang akan diasesmen adalah kemampuan siswa dalam, aspek literasi teks fiksi dan informasi, numerasi serta survei karakter. Seperti yang telah dilaksanakan pada waktu lalu, siswa  SD/ MI telah dua kali melakukan simulasi di pusmenjar.kemdikbud dan telah melakukan beberapa kali simulasi mandiri di sekolah dan madrasah. Tanggal 25 Oktober kemarin, siswa SD telah melaksanakan gladi bersih secara nasional.

AKM ini akan dilaksanakan untuk siswa peserta kelas 5 SD/ MI, kelas 8 SMP/ MTs dan kelas 11 SMA/ MA. Siswa yang akan mengikuti ujian ditentukan dan dipilih dengan cara acak oleh Kemdikbud. Sekali lagi, bukan mengukur siswa lulus atau tidak. Adapun jumlah peserta untuk siswa tingkat SD/ MI terdiri dari 30 siswa, SMP/ MTs dan SMA/ MA/SMK masing-masing terdiri dari 45 siswa. 

Ingat kembali Bentuk soal AKM: 

Pilihan Ganda, 

Pilihan Ganda Kompleks, 

Menjodohkan, 

Jawaban Singkat dan 

Uraian. 

Kali ini admin aleepenaku akan menyajikan Contoh Soal AKM ANBK Survei Karakter serta Pembahasannya Kelas 5 SD/ MI Tahun 2021. Contoh Soal AKM ANBK Survei Karakter serta Pembahasannya Kelas 5 SD/ MI Tahun 2021 ini juga diperoleh dari sumber lain yang sangat bermanfaat.

Contoh Soal Survei Karakter AKM 2021


Anton adalah anak yang rajin. Setiap hari selalu membantu kedua orang tuanya. Ia memiliki adik yang masih kecil. Usianya baru 6 tahun. Saat bermain mobil-mobilan, Andre, si adik sambil makan wafer yang dibelikan ibunya. Kemudian, Andre asyik bermain mobil-mobilan hingga bungkus wafer dibuang begitu saja di lantai ruang tengah. Anton mengingatkan adiknya agar membuang sampahnya di luar, di tong sampah. Namun, justru adiknya tidak mau dan menangis. Apakah yang harus dilakukan Anton?

A. Melapor ke ibunya atas kelakukan adiknya
B. Membiarkan ampah tetap berserakan
C. Mendatangi adiknya dengan lembut, menasihati dan mengajaknya bersama membuang sampah
D. Adiknya dimarahi dan dilaporkan ke ayahnya


Pembahasan:

1. Jawaban C. Mencerminkan karakter yang baik untuk dipraktikkan dan ditiru.

Karakter ini mengajarkan lembut secara hati, halus dalam berbicara dan menyenangkan dalam bertindak.


Bentuk dan Soal AKM ANBK 2021 SD Kelas 5


Kemudian, silakan bisa dicoba juga soal lainnya di laman pusmenjar.kemdikbud. 

Untuk soal AKM jenjang SD kelas 5, maka soal-soal Literasi Teksi Fiksi dan Informasi serta numerasi juga silakan dapat dikunjungi di pusmenjar kemdikbud.

2 comments for "Contoh Soal AKM ANBK Survei Karakter serta Pembahasannya Kelas 5 SD/ MI Tahun 2021"

  1. Pilgan Kompleks ... typo.
    Hbt pak bagus banget pembahasannya

    Luar biasa.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.