Contoh Soal AKM ANBK Numerasi dan Pembahasan Kelas 5 SD/ MI Tahun 2021

Sahabat aleepenaku yang luar biasa. Sebentar lagi siswa kita akan melaksanakan ANBK. InsyaAllah pada tengah bulan November ini. Ketahuilah bahwa Asesmen Kompetensi Minumum (AKM) pada ANBK ini merupakan kegiatan atau aktivitas asesmen terhadapa komptensi siswa. Kompetensi menjadi fundamental bagi siswa.

SS:https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/an/

Adapun yang akan diukur adalah kemampuan siswa dala, aspek literasi, numerasi dan survei karakter. Namun demikian, tidaklah perlu ragu ataupun cemas. Siswa kita telah 2 kali melakukan simulasi di pusmenjar dan beberapa kali telah melakukan simulasi mandiri. Kemudian, juga telah melaksanakan gladi bersih.

Untuk merefresh kembali bahwa AKM yang akan dilaksanakan pada November tahun 2021 ini merupakan AKM pertama di negara kita, juga di sekolah atau madrasah kita. Janganlah lupa bahwa saat ini, AKM akan diterapkan untuk kelas 5 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA. Olehkareana peserta ditentukan dan dipilih dengan cara random oleh Kemdikbud, maka yang tidak terpilih janganlah risau.

Adapun peserta untuk siswa yang berada pada jenjang SD/ MI terdiri dari 30 siswa, SMP/ MTs dan SMA/ MA/SMK masing-masing terdiri dari 45 siswa. 

Perlu dipahami kembali tentang soal AKM dengan bentuk soal: Pilihan Ganda, Pilgan Kompleks, Menjodohkan, Jawaban Singkat dan Uraian. Dalam bentuk pilihan ganda, peserta  atau siswa yang mengerjakan soal AKM hanya dapat memilih satu jawaban paling benar.  Kemudian, untuk soal pilihan ganda yang bersifdat kompleks, siswa peserta AKM dapat memilih lebih dari satu jawaban dianggap paling benar. Bentuk soal menjodohkan, peserta AKM menjawab dengan cara memarik garis dari satu titik ke titik lain sebagai pasangan yang tepat antara pertanyaan dan jawabannya. Jawaban singkat adalah jawaban dengan cara menjawab dengan cukup singkat terhadap soal yang disajikan.

Kali ini admin aleepenaku akan menyajikan Contoh Soal AKM ANBK Numerasi Kelas 5 SD/ MI Tahun 2021. Contoh Soal AKM ANBK Numerasi Kelas 5 SD/ MI Tahun 2021 ini juga diperoleh dari sumber lain yang sangat bermanfaat.

Contoh Soal Numerasi AKM 2021

Sumber: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/an/

Pembahasan:

1. Pada soal tersebut terdapat bilangan dengan bentuk persen, desimal dan pecahan. Cobalah tentukan untuk menyamakan bentuk bilangan agar mudah untuk mengurutkannya. Misalnya, semua bilangan dijadikan desimal.

Budi memiliki bilangan 61% = 61/100 = 0,61

Dinda memiliki bilangan 0,7 

Ade memiliki bilangan 0,68 

Yuda memiliki bilangan 5/9 = gunakan cara pembagian sebagai berikut.

tambahkan bilangan 0 pada 5, kemudian tambahkan bilangan nol sebelum koma pada hasilnya, sehingga menjadi:

50/9 = 0,55

maka urutan dari yang bilangan kecil dan berdiri paling depan adalah 0,55 - 0,61 - 0,68 - 0,7

sehingga anak tersebut adalah Yuda, Budi, Ade, Dinda


2. Dengan demikian, jika diurut dari yagn terbesar menjadi: Dinda, Ade, Budi, Yuda. Maka, yang tepat berada setelah Ade adalah Yuda.

Bentuk dan Soal AKM 2021 SD Kelas 5


Silakan bisa dicoba juga soal-soal berikut, dapat membaca juga di laman pusmenjar.kemdikbud. 

Untuk soal AKM jenjang SD kelas 5, maka soal-soal numerasi silakan dapat dikunjungi di pusmenjar kemdikbud.

Post a Comment for "Contoh Soal AKM ANBK Numerasi dan Pembahasan Kelas 5 SD/ MI Tahun 2021"