Twibbonize Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2022 dan Kilas Balik Sejarahnya

Aleepenaku.com-Twibbonize Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2022 dan Kilas Balik Sejarahnya. Para sahabat aleepenaku, kali ini admin akan memberikan tip atau cara menyosialisasikan hari bersejarah nasional ini. Yakni Hari Kebangkitan Nasional atau seringkali disebut Harkitnas. 


Gunakan Twibbon di atas, Ayo Unggah Foto di Sini 


Hari Kebangkitan Nasional ini jatuh pada tanggal 20 Mei 2022. Berarti, tentang kapan pelaksanaan harkitnas atau kapan diperingati Harkitnas, maka jawabannya tentu diperingati setiap tanggal 20 Mei, setiap tahunnya. 


Namun demikian, peringatan Hari Kebangkitan Nasional, telah 2 tahun berada pada masa pandemi. Sehingga, diperingati sesuai dengan peraturan yang berlaku tentang masa pandemi. Nah, tahun 2022 ini, peringatan Hari Kebangkitan Nasional, diharapkan dapat diperingati lebih meriah lagi.


Sejarah Hari Kebangkitan Nasional


Sebagaimana yang disebutkan dalam laman wikipedia, bahwa Kebangkitan Nasional Negara Indonesia merupakan periode pada paruh pertama pada abad ke-20. Waktu itu, rakyat Nusantara/ Indonesia mulai menumbuhkan rasa kesadaran secara nasional sebagai "orang Indonesia". Artinya benar-benar merasakan sebagai orang yang tinggal dan menetap di Indonesia.


Perlu diketahui kembali bahwa pada masa ini atau saat itu ditandai dengan dua peristiwa besar dan penting. Peristiwa tersebut adalah berdirinya organisasi Budi Utomo (tanggal 20 Mei 1908) serta ikrar Sumpah Pemuda (pada tanggal 28 Oktober 1928).


Peristiwa Penting

 

Pada waktu itulah Belanda kerap menerapkan sistem pemerintahan kolonial. Utamanya diterapkan kepada orang-orang yang tidak memiliki kesamaan identitas politik. Salah satu tujuannya adalah untuk mengejar keuntungan ekonomi serta menguasai administrasi wilayah. Kemudian, pada awal abad ke-20, Kolonial Belanda segera menetapkan batas-batas teritorial di Hindia Belanda. Yakni wilayah yang menjadi cikal bakal Indonesia.

 

Nah, pada paruh pertama di abad ke-20, muncullah sejumlah organisasi kepemimpinan yang baru. Yakni melalui kebijakan Politik Etis, Kolonial Belanda membantu menciptakan suatu kelompok orang Indonesia yang terpelajar. Hingga pada akhirnya menjadi kaum terpelajar.


Nah, Perubahan inilah yang terjadi pada orang-orang Indonesia kemudian disebut sebagai Kebangkitan Nasional Indonesia. Kemudian, peristiwa ini disusul dengan peningkatan aktivitas politik. Sehingga pada puncaknya lahirlah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. 


Perlu diketahui pula, bahwa kebangkitan nasional ini juga disebabkan oleh masuknya perkembangan pikiran-pikiran kritis dari kaum muda.


Pendorong Kebangkitan Nasional

 

Adapun faktor pendorong kebangkitan nasional, pada intinya terbagi menjadi dua, yaitu faktor eksternal dan internal. 

Faktor internal yang mendorong Kebangkitan Nasional:

  1. adanya penderitaan rakyat Indonesia yang berkepanjangan akibat penjajahan; 
  2. kenangan kejayaan masa lalu, (masa Kerajaan Sriwijaya atau Majapahit);  
  3. munculnya kaum intelektual (muda) yang menjadi pemimpin gerakan. 


Faktor eksternalnya pendorong Kebangkitan Nasional:

  1. timbulnya paham-paham baru di Eropa dan Amerika (nasionalisme, liberalisme, dan sosialisme); 
  2. munculnya gerakan kebangkitan nasional di Asia (Turki Muda, Kongres Nasional India, dan Gandhisme);  
  3. kemenangan perang oleh Jepang atas Rusia, yang menyadarkan negara-negara di Asia untuk melawan negara barat.

 

Penetapan Hari Kebangkitan Nasional

Hari Kebangkitan Nasional ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. Harkitnas merupakan hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.


Sumber artikel: https://id.wikipedia.org/wiki/Kebangkitan_Nasional_Indonesia


Twibbonize Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2022

Marilah kita semarakkan Hari Kebangkitan Nasional dengan memasang Twibbon keren Semangat Hari Kebangkitan Nasional di bawah ini. Caranya, cukup tekan "Unggah Foto di Sini" yang berwarna biru di bawah bingkainya.


Gunakan Twibbon di atas, Ayo Unggah Foto di Sini 



Gunakan Twibbon di atas, Ayo Unggah Foto di Sini 


Gunakan Twibbon di atas, Ayo Unggah Foto di Sini 


Gunakan Twibbon di atas, Ayo Unggah Foto di Sini 

Unduh lebih banyak bingkai twibbon Hari Kebangkitan Nasional👇:

Sedangkan untuk informasi lainnya, direkomendasikan juga:

Twibbon Terbaru

Twibbon Selamat dan Sukses PAT

Twibbon Hari Buku Nasional

Modul Literasi dan Numerasi Lengkap

RPP Matematika SD


Demikian Twibbonize Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2022 dan Kilas Balik Sejarahnya. Semoga bermanfaat. Salam Literasi.

1 comment for "Twibbonize Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2022 dan Kilas Balik Sejarahnya"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.