Format Rapor dan Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak Terintegrasi Dapodik untuk SD, SMP, SMA Sederajat

Aleepenaku.com-Format Rapor dan Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak untuk Semester dan Kenaikan Kelas. Perlu diketahui, bahwa untuk Rapor hasil belajar siswa semester 2 atau rapor kenaikan kelas untuk kurikulum 2013, banyak tersedia Aplikasi Rapor PAT atau Aplikasi Rapor Kenaikan Kelas SD, SMP, SMA sederajat. Jadi, Aplikasi dan format rapor Kurikulum 13 untuk jenjang SD, bisa dipraktikkan di sekolah atau madrasah tentang Rapor Sederhana berbasis Excel PAT SD/ MI. Juga ada E-rapor Dapodik. Sebelum menggunakan Rapor untuk PAT, seharusnya juga bisa melihat data di Rapor PTS.

Sumber Gambar SS: https://www.mysch.id/blog/detail/144/aplikasi-raport-sekolah-penggerak

Nah, namun demikian, juga menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah yang melaksanakan program sekolah penggerak (PSP). Walaupun juga sudah banyak tersedia aplikasi rapor sekolah penggerak bisa dicoba dan digunakan.

Seperti yang ditulisakan pada laman https://www.mysch.id/, disebutkan bahwa terdapat rapor sekolah penggerak versi terbaru yang bisa diunduh. Rapor SP ini aplikasi yang dibuat oleh Bapak I Nyoman Pasek, S. Pd, M. Pd. Dalam laman mysch.id menjelaskan bahwa rapor ini dapat dijadikan acuan untuk melaporkan hasil belajar siswa selama rilis tool rapor sekolah dari Kemdikbud belum diluncurkan.

Mari kita perhatikan, tool dan atau fitur dalam Rapor Sekolah Penggerak (RSP).

Menu dan atau Fitur Rapor-SP

Dijelaskan pada laman tersebut bahwa Aplikasi Rapor Sekolah Pendidikan merupakan aplikasi rapor yang berbasis berbasis web. RSP ini dapat digunakan untuk mengelola penilaian siswa secara komprehensif dan terpadu. Artinya.  dalam penyusunan laporan capaian pembelajaran peserta didik pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK yang melaksanakan Program Sekolah Penggerak (PSP). 

Lebih lanjut bisa dipahami bahwa RSP ini telah terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) yang dikeluarkan oleh Setditjen Dikdasmen. Kemudian, seperti diketahui bahwa RSP dapat menjadikan data Dapodik sebagai referensi atau acuan dalam pengelolaan data evaluasi penilaian sekolah. Selain itu Rapor Sekolah Penggerak ini memeiliki kelebihan, yaitu dapat mengakomodasi data guru yang belum masuk Dapodik, dapat menyesuaikan data wali kelas dan pembelajaran lokal. Dengan demikian, tidak perlu mengubah data pada aplikasi Dapodik.

Peluncuran Aplikasi RSP

Pada laman laman https://www.mysch.id/ dipaparkan bahwa Aplikasi Rapor SP yang diluncurkan. pada awalny adalah tangga 21/11/2021 lalu. Bahwa aplikasi ini telah melewati uji coba dari beberapa sekolah. Kemudian, yang terbaru juga telah dirilis pada tanggal 25 November 2021 setelah disempurnakan kembali.

Download Rapor-SP Versi 2021.a

Untuk menggunakan Rapor Sekolah Penggerak ini, bapak ibu perlu mengunduh Installter RSP ini yang bisa diunduh di bawah ini.

UNDUH File Installer Rapor-SP Ver 2021.a (untuk user baru)

UNDUH File Updater Rapor-SP Ver 2021 to Ver 2021.a (untuk user lama)


Simak Panduan Update

Pada web mysch.id dijelaskan tentang Panduan Penggunaan RSP

Untuk User Lama Rapor-SP Versi 2021

Bagi pengguna yang telah menginstall Rapor-SP versi sebelumnya atau versi lama, silahkan lakukan update dengan prosedur langkah berikut ini:

Tutup dahuulu aplikasi Rapor-SP

Kemudian, unduh file update Rapor-SP Ver 2021.a di atas.

Offkan software anti-virus sebelum dan selama proses update.

Lalu, segera Install file update Rapor-SP Ver 2021.a yang telah didownload, tunggu hingga selesai

Bersihkan cache atau sampah dan cookies pada browser komputer / laptop

Selesai,


Untuk User Baru Rapor-SP Versi 2021

Lakukan prosedur langkah sebagai berikut.

Unduh file installer Rapor-SP Ver 2021.a sepertiyang tercantum di atas.

Offkan software anti-virus sebelum dan selama proses update.

Gunakan Windows 64 Bit dan menggunakan browser yang segar atau fresh 

Install segera file Rapor-SP Ver 2021.a yang telah di download. (silakan segera jalankan dalam mode Administrator)

Tunggu saja hingga instalasi selesai, lalu restart komputer/ laptop yang digunakan.

Selesai,

Note:

Dalam web tersebut disampaikan untuk menggunakan user dan password sebagai berikut: 

user administrator, password administrator

Untuk mengetahui permasalahan umum dan solusi tentang Aplikasi RSP inik, laman mysch.id memberikan tip dan solusi, DI SINI.

Selamat Mencoba

Sumber Artikel: https://www.mysch.id/blog/detail/144/aplikasi-raport-sekolah-penggerak

Informasi yang terpenting selengkapnya, direkomendasikan ini:

Twibbon Sukses PAT 

APLIKASI RAPOR untuk Kenaikan Kelas / PAT 2022



Perangkat RPP Sederhana dan Pembelajaran dan Administrasi Guru 👇:

Demikian apa yang bisa disampaikan tentang Format Rapor dan Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak Terintegrasi Dapodik untuk SD, SMP, SMA Sederajat. Admin aleepenaku menguncapkan terima kasih atas atensinya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Format Rapor dan Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak Terintegrasi Dapodik untuk SD, SMP, SMA Sederajat"