Beasiswa dan Persyaratan Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2022, Guru SD serta Guru Mata Pelajaran

Aleepenaku.com-Beasiswa dan Persyaratan Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2022, Guru SD serta Guru Mata Pelajaran. Ini adalah kesempatan terbaik bagi alumni sarjana. Khususnya sarjana (S1/ D IV) bidang Pendidikan. Seperti diketahui bahwa saat ini sertifikasi profesi sebagai guru sangat penting untuk melaksanakan tugas dan kewajiban professional sebagai tenaga pendidik.

Sumber Gambar Tangkapan Layar: https://ppg.kemdikbud.go.id/news/pengumuman-seleksi-calon-mahasiswa-ppg-prajabatan-tahun-2022


Perbedaan PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan

Secara garis besar, terdapat perbedaan pokok antaran PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan. Perbedaan tersebut dapat diperhatikan pada beberapa hal berikut.

PPG Prajabatan                     

PPG Prajabatan merupakan Program Pemerintah (Kemdikbud) terkait Pendidikan Profesi Guru yang diperuntukkan untuk lulusan atau alumni lulus sarjana (S1/ D4) Kependidikan dan Non-kependidikan. Namun, hingga saat ia mendaftar sebagai mahasiswa PPG Prajabatan,

Maka, bagi seseorang yang telah lulus atau sebagai sarjana kependidikan agar memiliki sertifikasi profesi guru, maka harus melaksanakan atau mengikuti PPG Prajabatan. Sehingga, pembiayaan PPG Prajabatan ditanggung mandiri oleh mahasiswa, kecuali memeroleh beasiswa dari pemerintah atau lainnya.

Selengkapnya, tentang informasi PPG Prajabatan dari laman resmi https://ppg.kemdikbud.go.id/ppg-prajabatan.

PPG Dalam Jabatan

Nah, PPG dalam jabatan (daljab) merupakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi para alumni atau lulusan sarjana kependidikan (S1/ D4) Kependidikan dan nonkependidikan serta telah mengajar dan menjadi guru. Artinya, yang bersangkutan telah menjadi guru dan memiliki SK yang menyatakan ia telah diangkat menjadi guru. Baik PNS maupun Non PNS pada yayasan penyelenggara Pendidikan formal.

Pada kategori ini, guru dapat mengikuti PPG dalam jabatan, juga ketika secara resmi telah tercatat di data pokok pendidikan (Dapodik) dan aktif mengajar di lembaga satuan pendidikan. Kemudian, guru tersebut belum memiliki sertifikat profesi sebagai guru. Sehingga, ia menyelesaikan program profesi guru (PPG) dalam jabatan. Pembiyaan terkait pelaksanaan PPG Dalam Jabatan, dibiayai Negara atau bukan jalur mandiri.

Tentang Perbedaan PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan, dapat dipelajari DI SINI.

Pengumuman Terbaru: Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2022, Guru SD dan Mata Pelajaran

Nah, kali ini admin aleepenaku akan ebrbagi informasi tentang Pengumuman Terbaru: Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2022, Guru SD dan Mata Pelajaran. Sesuai dengan Pengumuman yang diterbitkan oleh Ditjen GTK Kemdikbudristek Nomor: 2518/B/GT.00.03/2022, bahwa Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) mengundang Putra/ Putri terbaik bangsa yang memiliki minat, bakat, dan panggilan jiwa menjadi guru untuk mengikuti seleksi calon Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan untuk Tahun 2022. Ini adalah kesempatan emas bagi para alumni S1 atau D IV, khususnya untuk jurusan kependidikan.

Namun demikian, para calon mahasiswa Pendidikan Profesi Guru atau PPG Prajabatan juga haru memenuhi kriteria atau persayaratan yang ditentukan.

Persyaratan Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022

Sebagaimana pengumuman Ditjen GTK Kemdikbudristek Nomor : 2518/B/GT.00.03/2022 tersebut, maka persyaratan mengikuti program PPG Prajabatan adalah sebagai berikut.

Persyaratan Calon Mahasiswa PPG-Prajabatan Tahun 2022

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. tidak/ belum pernah terdaftar sebagai Guru/ Kepala Sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik);
  3. berusia paling tinggi 32 tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran;
  4. memiliki ijazah dengan kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) atau terdata pada basis unit data unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri;
  5. memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 (tiga koma nol nol);
  6. memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani (diserahkan pada saat lapor diri);
  7. memiliki surat keterangan berkelakuan baik (diserahkan pada saat lapor diri);
  8. memiliki surat keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA) (diserahkan pada saat lapor diri);
  9. menandatangani pakta integritas; dan
  10. mengikuti tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi, tes substantif, dan tes wawancara.

 

Kuota nasional Program PPG Prajabatan Tahun 2022

Kuota nasional Program PPG Prajabatan untuk Tahun 2022 adalah sebanyak 40.000 mahasiswa. Bidang studi PPG Prajabatan tahun 2022 yang dibuka adalah sebagai berikut:

1. Guru Kelas SD

2. Bahasa Indonesia

3. Matematika

4. Guru Kelas TK

5. Pendidikan Luar Biasa

6. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

7. Bahasa Inggris

8. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

9. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

10. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn)

11. Sejarah

12. Ekonomi

13. Biologi

14. Kimia

15. Fisika

 

Masa Perkuliahan PPG Prajabatan Tahun 2022

Perkuliahan PPG Prajabatan dilaksanakan selama 2 (dua) semenster. Sehingga setiap caloan mahasiswa pada program PPG Prajabatan harus menyiapkan diri agar dapat melaksanakan program ini dengan sebaik-baiknya.

Biaya Pendidikan PPG Prajabatan Tahun 2022

Adapun biaya Pendidikan atau biaya kuliah per-semester sebesar Rp. 8.500.000,00. Sehingga, bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi dan ditetapkan sebagai mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022 akan memperoleh beasiswa dalam bentuk biaya pendidikan sebesar Rp. 17.000.000,00 (tujuh belas juta rupiah) untuk mengikuti perkuliahan selama 2 (dua) semester atau 1 (satu) tahun.

Tahapan Seleksi Calon Mahasiswa

Terdapat 3 (tiga) tahapan seleksi yang akan dilaksanakan yaitu:

1. Tahap I

Seleksi administrasi, yaitu proses penyeleksian kelengkapan berkas dan kesesuaian persyaratan administrasi. Hal ini akan dilakukan secara daring melalui prosedur system, yaitu aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB) guru.

2. Tahap II

Tes substantif, meliputi Tes Penguasaan Bidang (TPB) dan Tes Kemampuan Dasar Literasi dan Numerasi (TKDLN) yang dilaksanakan secara luring pada Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang ditunjuk. Teknis pelaksanaan tes menggunakan system. Yaitu: aplikasi Computer Assisted Test Asesmen Nasional Berbasis Komputer (CAT ANBK).

3. Tahap III

Tes wawancara, bertujuan untuk menggali lebih mendalam tentang kompetensi calon mahasiswa baik profesional dan personal, dilaksanakan secara daring melalui platform virtual meeting.

 

Sesuai dengan penguman tersebut dijelaskan bahwa untuk tahapan seleksi bersifat sekuensial. Maka, bagi calon mahasiswa jika dinyatakan tidak lolos pada salah satu tahap, yang bersangkutan tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Sedangkan untuk biaya pendaftaran dan seleksi tahap I dan II, yaitu sebesar Rp 200.000,00 dan ditanggung oleh calon mahasiswa.

 

Tatacara Pendaftaran dan Seleksi

Sistem pendaftaran mulai dibuka pada tanggal 1 Juni 2022 pukul 20.00 WIB. Adapun cara atau tatacara pendaftarannya adalah sebagai berikut.

  1. Calon mahasiswa wajib memiliki alamat pos elektronik (email/ surel) yang aktif.
  2. Calon mahasiswa melakukan pendaftaran awal melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id, kemudian memilih menu “daftar PPG Prajabatan Tahun 2022”.
  3. Calon mahasiswa harus membuat akun pendaftaran tersistem, yakni aplikasi SIMPKB. Pada tahap ini, data NIK akan diverifikasi secara otomatis. Akun berhasil terbentuk apabila data calon mahasiswa dinyatakan valid.
  4. Pendaftaran lanjutan dengan cara login atau masuk pada system  aplikasi SIMPKB dengan  menggunakan username dan password yang telah dikirimkan melalui surel/ email.

Adapun tahapan pendaftaran lanjutan, meliputi:

a. Biodata diri;

b. Data kemahasiswaan;

c. Bidang studi PPG;

d. Data pendukung lainnya, Misalnya: pengalaman mengikuti pelatihan, berorganisasi, menjadi sukarelawan dalam bidang pendidikan, melatih/ mengembangkan orang lain dan hobi;

e. Pilihan lokasi tempat pelaksanaan tes substantif secara luring;

f. Mengisi pertanyaan esai;

Selengkanya, Dokumen PDF Pengumuman dari Ditjen GTK Kemdikbudristek, UNDUH LANGSUNG DI SINI.

Atau silakan berkunjung ke laman resmi: ppg.kemdikbud.go.id.

Sumber Artikel atau Informasi: https://ppg.kemdikbud.go.id/news/pengumuman-seleksi-calon-mahasiswa-ppg-prajabatan-tahun-2022

dan Pengumuman Ditjen GTK Kemdikbudristek Nomor: 2518/B/GT.00.03/2022 (yang diunduh)

DAFTAR PPG PRAJABATAN

Silakan bisa mendaftar PPG Prajabatan dengan Klik Memilih Peran pada gambar, di bawah ini.

Gambar SS: https://ppg-prajab.simpkb.id/pendaftaran

Informasi yang diperlkan lainnya, silakan dibaca juga:






Demikian Informasi penting tentang Beasiswa dan Persyaratan Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2022, Guru SD serta Guru Mata Pelajaran. Simak infoedukasi terbaru aleepenaku di blog ini. Salam Literasi. Semoga bermanfaat.

1 comment for "Beasiswa dan Persyaratan Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2022, Guru SD serta Guru Mata Pelajaran"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.