Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SD-SMP Tahun Ajaran 2022-2023

Aleepenaku.com - Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SD-SMP Tahun Ajaran 2022-2023. Contoh Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SD-SMP Tahun Ajaran 2022-2023 ini sebagai informasi yang mungkin dapat dijadikan sebagai bahan bandingan bagi satuan pendidikan (SD-SMP) untuk mengenalkan lingkungan sekolah.

Sumber Gambar: Google

Lingkungan sekolah yang dikenalkan diharapkan dapat memberikan wawasan barui terhadap siswa baru di sekolah. Oleh karena itu, seharusnya dapat dikemas dengan baik. Bahkan, bisa disajikan dengan beberapa program kegiatan MPLS yang menarik. Sehingga, lebih awal siswa baru dapat mengenal program dan kegiatan di sekolah. Kemudian, siswa baru juga mengetahui tentang kondisi lingkungan sekolah secara fisik.

Awalnya adalah MOS

Dahulu, sebelum adanya program MPLS, dikenal dengan MOS atau Masa Orientasi Sekolah. Namun, sejak beberapa tahun lalu, tepatnya sekitar tahun ajaran 2018-2019, program dengan nama MOS diganti dengan MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Bertanya tentang MPLS

Jika ada yang bertanya tentang MPLS atau apakah itu MPLS? Mengapa ada MPLS? Seperti apa bentuk kegiatan MPLS? Bagaimana mengemas kegiatan MPLS? Program apa yang cocok untuk aktivitas MPLS? Maka, setiap sekolah yang telah melaksanakan MPLS sejak tahun-tahun sebelumnya telah memahami teknis pelaksanaannya.

Namun demikian, pada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) perlu adanya inovasi dengan aktivitas yang baru. Sebelum pandemic, MPLS dilaksanakan secara offline penuh. Saat masa pandemi, banyak yang melaksanakan secara daring. Apakah tahun ajaran sekarang akan dilaksanakan secara hybrid? Yakni menggabungkan antara luring dan daring? Hal ini bergantung kepada pihak satuan pendidikan atau sekolah.

Permendikbud Nomor 18 tahun 2016

Perlu diketahui bahwa kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah dan program-program, serta metode belajar, sarana prasarana, maupun konsep pengenalan diri serta pembinaan awal terhadap kultur sekolah diatur dalam Permendikbud nomor 18 tahun 2016.

UNDUH Peraturan tentang MPLS, Permendikbud No. 18 Tahun 2016, DI SINI.

Apakah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) itu?

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga satuan pendidikan atau sekolah dalam rangka memperkenalkan para peserta didik/ siswa baru pada semua aspek yang berhubungan dengan sekolah. Perkenalan lingkungan sekolah dapat mencakup beberapa hal, misalnya: perkenalan siswa baru dengan guru, kakak kelas, program sekolah, lingkungan fisik sekolah, serta komponen lainnya.

 

Program Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru

Sekali lagi bahwa pengenalan lingkungan sekolah bisa meliputi, misalnya: perkenalan siswa baru dengan guru, kakak kelas, program sekolah, lingkungan fisik sekolah, serta aspek lainnya.

Selain itu, siswa baru juga diperkenalkan melalui MPLS tentang beberapa aktivitas ataukegiatan rutin sekolah, norma, budaya, sistem dan tata tertib yang berlaku di sekolah tersebut. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilaksanakan oleh lembaga satuan pendidikan (sekolah) yakni selama 3 hari. Maka, pastikan kegiatan MPLS telah dikoordinasikan kepada pihak terkait, misalnya: Orang tua, Komite, dan sebagainya.


Waktu Pelaksanaan MPLS

Seperti yang disebutkan di atas bahwa masa MPLS bagi siswa baru dilaksanakan paling lama 3 (tiga) hari pada minggu awal tahun pelajaran. Pengenalan lingkungan sekolah melalui kegiatan MPLS dilaksanakan pada hari sekolah dan jam pelajaran.

Bagaimana jika bording school? Segera konsultasikan dahulu kepada dinas pendidikan provinsi/ kabupaten/ kota sesuai dengan kewenangannya. Tentu saja harus memuat dengan rincian kegiatan pengenalan lingkungan sekolah/ PLS.


MPLS untuk Boarding School

Nah, untuk boarding school, masa MPLS dimanfaatkan untuk melakukan pengenalan pada lingkungan sekolah dan budaya sekolah berasrama dengan beberapa komponen. Yakni, komponen terkait dengan segala aspek boarding school. Sekolah berasrama, tidak sama dengan sekolah regular. Tentu saja memuat beberapa aturan, tata tertib, budaya, dan kebiasaan yang lain pula. Oleh karena itu, bosrding school juga perlu menyusun secara matang kegiatan MPLS. Misalnya ada tambahan kegiatan game edukasi, pengenalan almamater, kebiasaaan saat tidak di kelas, di ruang asrama dan sebagainya.

Secara rinci juga dapat mengenalkan lingkungan dan budaya kehidupan di asrama, peraturan kedisiplinan sekolah, penyuluhan tentang bahaya narkoba dan Orientasi kegiatan organisasi kesiswaan serta lain sebagainya.

Tujuan MPLS

Secara umum, tujuan dari kegiatan MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah sebagai berikut.

  1. Memperkenalkan tentang lingkungan sekolah
  2. Mengenalkan budaya kehidupan atau kebiasaan postitif di sekolah
  3. Mengenalkan norma, tata tertib dan aturan di sekolah
  4. Menggali potensi diri siswa baru.
  5. Membantu adaptasi siswa baru
  6. Menumbuhkan semangat dan motivasi siswa baru.
  7. Mengenalkan dan adaptasi cara belajar bagi siswa baru.
  8. Mengembangkan sebuah interaksi yang positif siswa baru dengan warga sekolah.
  9. Menumbuhkan sikap dan perilaku yang positif berkarakter.
  10. Serta tujuan lainnya.

 

Manfaat dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Adapun manfaat adanya program MPLS adalah terkait dengan tujuan yang diharapkan, yaitu:

  1. Siswa baru dapat mengetahui tentang lingkungan sekolah
  2. Siswa baru dapat mengetahui budaya kehidupan atau kebiasaan postitif di sekolah
  3. Siswa baru dapat mengetahui norma, tata tertib dan aturan di sekolah
  4. Sekolah dapat mengenali potensi diri siswa baru.
  5. Siswa baru dapat cepat beradaptasi
  6. Siswa baru dapat membangun semangat dan motivasi siswa baru.
  7. Siswa baru dapat mengetahui cara belajar bagi siswa baru.
  8. Siswa baru dapat mengetahui sebuah interaksi yang positif dengan warga sekolah.
  9. Siswa baru dapat menumbuhkan sikap dan perilaku yang positif berkarakter.
  10. Serta manfaat lainnya.

 

Hal yang Harus Diperhatikan selama MPLS

Marilah kita perhatikan beberapa hal yang perlu diwaswpadai atau diteliti betul saat pelaksanaan MPLS:

1. Rencanakan kegiatan secara matang yang menjadi hak dan kewenangan sekolah.

2. Janganlah melibatkan siswa kelas tinggi atau kakak kelas

3. Lakukanlah di lingkungan sekolah

4. MPLS bersifat gratis dan tidak ada biaya yang dibebankan pada siswa baru

5. Kegiatan MPLS bersifat edukatif

6. Jangan ada ploncoan, bully dan lainnya. Tidak boleh.

7. Gunakan seragam sekolah.

8. Jangann ada tugas untuk siswa baru di luar relevansi dengan MPLS.

10. Sajikan materi MPLS yang relevan


UNDUH CONTOH Program MPLS 2022-2023 👇: sumber contoh program:ainamulyana

UNDUH Peraturan tentang MPLS, Permendikbud No. 18 Tahun 2016, ðŸ‘‡


Rekomendasi informasi penting lainnya, silakan dibaca juga:





Perangkat Pembelajaran (PP) dan Administrasi Guru 👇:

Demikian apa yang bisa disampaikan tentang  Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SD-SMP Tahun Ajaran 2022-2023. Admin aleepenaku menguncapkan terima kasih atas atensinya. Semoga bermanfaat.

Boleh juga jika para bila Unduh Info Pendidikan  di blog pendidikan dan pembelajaran.

11 comments for "Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SD-SMP Tahun Ajaran 2022-2023"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.