Terbaru IKM: Ini Daftar 3.607 Sekolah Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Tahap 1

Aleepenaku.com-Apakah sudah melakukan Pendaftaran/ registrasi Impelementasi Kurikulum Merdeka untuk Sekolah dan Madrasah? Ya, untuk registrasi sudah berakhir. Beberapa bulan yang lalu juga sudah dilakukan Peluncuran Kurikulum Merdeka.

Sumber Gambar Tangkapan Layar: https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/

Perlu diketahui bahwa program Merdeka Belajar Episode 15 tentang Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar dilanjutkan dengan Implementasi Kurikulum Merdeka Maka, setiap  satuan pendidikan dan guru harus memahami dengan utuh tentang:

  1. Kurikulum Merdeka merupakan opsi pemulihan pembelajaran
  2. Tahapan Implementasi IKM
  3. Strategi IKM jalur mandiri
  4. Pilihan IKM jalur mandiri
  5. Platform Merdeka Mengajar

Nah, kali ini admin aleepenaku ingin berbagi tentang IKM Kemdikbud: Ini Daftar 3.607 Sekolah Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Tahap 1. Informasi ini yang ditunggu-tunggu oleh lembaga satuan pendidikan. Baik dari jenjang pendidikan dasar hingga atas, swasta dan negeri dalam lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Sebagaimana KEPUTUSAN KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMDIKBUDRISTEK: KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 025/H/KR/2022 TENTANG SATUAN PENDIDIKAN PELAKSANA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) MELALUI JALUR MANDIRI PADA TAHUN AJARAN 2022/2023 TAHAP I, MAKA KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMDIKBUDRISTEK RI menerbitkan keputusan dengan pertimbangan:

Yaitu dalam rangka melaksanakan ketentuan dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kepmendikbudristek) Nomor 56/ M/ 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, perlu penetapan satuan pendidikan pelaksana implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) melalui jalur mandiri.

Kemudian, berdasarkan pertimbangan di atas, perlu menetapkan Keputusan tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Melalui Jalur Mandiri pada Tahun Ajaran 2022/ 2023 Tahap I.

Jadi, pada keputusan ini ditetapkan bahwa satuan pendidikan pelaksana implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) melalui jalur mandiri pada tahun ajaran 2022/2023 tahap I dimulai dari usia 5 – 6 tahun bagi pendidikan anak usia dini, kelas I dan IV bagi sekolah dasar, kelas VII bagi sekolah menengah pertama, dan kelas X bagi sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan.

Selanjutnya, Satuan pendidikan pelaksana implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) ini melalui jalur mandiri tahun ajaran 2022/2023  terdiri dari 3 (tiga) kategori pelaksanaan implementasi: a. mandiri belajar; b. mandiri berubah dan c. mandiri berbagi.

Terbaru IKM: Ini Daftar 3.607 Sekolah Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Tahap 1

Sumber Gambar: Tangkapan Layar Salinan KEPUTUSAN KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMDIKBUDRISTEK NOMOR 025/H/KR/2022

Selengkapnya, KEPUTUSAN KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMDIKBUDRISTEK NOMOR 025/H/KR/2022 TENTANG SATUAN PENDIDIKAN PELAKSANA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) MELALUI JALUR MANDIRI PADA TAHUN AJARAN 2022/2023 TAHAP I, UNDUH DI SINI.

Catatan: satuan pendidikan dapat melakukan perubahan kategori, paling lambat tanggal 31 Mei 2022.

Informasi rekomendasi lainnya, silakan dibaca juga:





Perangkat Pembelajaran dan Administrasi Guru 👇:


Demikian Informasi penting tentang Terbaru IKM: Ini Daftar 3.607 Sekolah Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Tahap 1. Simak terus info aleepenaku di blog ini. Salam Literasi. Semoga bermanfaat.

1 comment for "Terbaru IKM: Ini Daftar 3.607 Sekolah Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Tahap 1"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.