Apa Perbedaan Ujian Sekolah dan Asesmen Nasional Tahun 2022?

Aleepenaku.comApa Perbedaan Ujian Sekolah dan Asesmen Nasional Tahun 2022? Hal ini banyak juga ditanyakan tentang apa saja perbedaan US dan AN atau Ujian Sekolah dan Asesmen Nasional. Meskipun diketahui bahwa pelaksana dari ujian sekolah dan asesmen nasional adalah lembaga satuan pendidikan atau sekolah.

Namun, antara Ujian Sekolah dan Asesmen Nasional Tahun 2022 sangat berbeda. Perbedaan antara Ujian Sekolah dan Asesmen Nasional Tahun 2022 ini disesuaikan dengan pedoman, petunjuk, peraturan dan kebijakan yang menaunginya. Maksudnya, setiap aktivitas yang berkaitan dengan evaluasi terhadap hasil belajar siswa, dilaksanakan dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku. 

Sehingga, Ujian Sekolah dilaksanakan mengacu kepada peraturan dan pedoman tentang Ujian Sekolah. Demikian juga, tentang Asesmen Nasional, mengacu kepada peraturan dan pedoman AN. 

Siapa Pelaksana Ujian Sekolah dan Asesmen Nasional Tahun 2022?

Pelaksana Ujian Sekolah dan Asesmen Nasional Tahun 2022 adalah lembaga satuan pendidikan atau sekolah. Sehingga sekolah di bawah kepemimpinan kepala sekolah bertanggung jawab atas terselenggaranya aktivitas Ujian Sekolah dan Asesmen Nasional Tahun 2022 tersebut.

Siapa sasaran Ujian Sekolah dan Asesmen Nasional Tahun 2022?

Sasarannya adalah siswa. Namun, Ujian sekolah dilaksanakan bagi siswa kelas VI SD. Sedangkan Asesmen Nasional melalui ANBK, dilaksanakan untuk siswa kelas V SD. 

Apa Tujuan Ujian Sekolah dan Asesmen Nasional?

Ujian sekolah untuk mengukur dan mengevaluasi hasil belajar siswa yang dilaksanakan secara nasional. Namun, ketentuan kelulusan peserta didik atau siswa diatur berdasarkan peraturan yang berlaku dan pelaksanaannya sesuai juknis terbaru. Asesmen Nasioanal dilaksanakan sebagai upaya mengetahui raport pendidikan suatu sekolah. Oleh karena itulah, pada AN ini ada aktivitas survey lingkungan belajar. Asesmen Nasional juga bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama suatu sekolah atau satuan pendidikan. Yaitu pengembangan kompetensi dan karakter siswa. Asesmen Nasional bertujuan untuk memberikan sebuah gambaran tentang karakteristik esensial sekolah. 

Apa Kebijakan Ujian Sekolah (US) Tahun 2022?

Pada laman https://ditpsd.kemdikbud.go.id/ dijelaksan bahwa bentuk pelaksanaan Ujian Sekolah (US) yang dapat diselenggarakan oleh sekolah atau satuan pendidikan sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud No.1 Tahun 2021. Silakan Download di bawah ini.

Apa saja tentang Ujian Sekolah (US) Tahun 2022?

Ujian sekolah merupakan ujian yang diselenggarakan/ dilaksanakan oleh lembaga satuan pendidikan/ Sekolah sebagai upaya penilaian hasil belajar siswa. PHB ini dinilai oleh sekolah/ Satuan Pendidikan itu yang bertujuan untuk menilai pencapaian SKL: standar kompetensi lulusan siswa pada semua mata pelajaran/ muatan pelajaran.

Bentuk Ujian:

a. Portofolio;

b. Penugasan;

c. Tes tertulis; dan/atau

d. Bentuk kegiatan atau aktivitas lainnya yang ditetapkan oleh sekolah berdasarkan dengan kompetensi yang diukur berdasarkan SNP.

Peserta Ujian Sekolah (US) 

Ujian yang diselenggarakan oleh sekolah diikuti oleh siswa saat akhir jenjang.

Syaratnya:

  a.  Telah berada pada tahun terakhir di setiap jenjang / program paket kesetaraan;  dan

  b.  Memiliki laporan yang lengkap tentang penilaian hasil belajar (PHB.

Selanjutnya, tentang Ketentuan Kelulusan Peserta Didik Tahun 2022, selengkapnya simak di tautan Ketentuan Kelulusan Peserta Didik 2022.

Asesmen Nasional

Asesmen Nasional merupakan program penilaian terhadap kualtias atau mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Mutu atau kualtias sekolah/ madrasah ini dinilai berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar, yakni aspek literasi, numerasi, dan karakter. Kemudian, juga menilai mutu/ kualitas proses belajar-mengajar (pembelajaran) dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. 

Bagaimana cara mengukur mutu sekolah?

Maka, untuk memeroleh informasi terkait, dilaksanakanlah tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter (SK), dan Survei Lingkungan Belajar (SLB). Sehingga, siswa dan guru sama-sama melaksanakan aktivitas evaluasi untuk mengukur peran masing-masing pada lembaga satuan pendidikan tersebut.

Apa Pentingnya Asesmen Nasional?

Asesmen Nasional (AN) sangat penting dilakukan untuk meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan di sekolah dan nasional. Asesmen nasional dirancang untuk menghasilkan informasi yang paling akurat untuk memperbaiki mutu pembelajaran, belajar-mengajar. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar murid. 

Asesmen Nasional (AN) ini akan menghasilkan informasi untuk memantau: 

(a) perkembangan kualitas/ mutu dari waktu ke waktu, dan 

(b) kesenjangan antarbagian di dalam sistem pendidikan 

Untuk selengkapnya tentang Asesmen Nasional, dapat dibaca DI SINI.

Sedangkan untuk POS ANBK Tahun 2022, Silakan dapatkan pada Download di bawah ini.


Informasi terpenting lainnya, silakan dibaca juga:











RPP, Perangkat Pembelajaran dan Administrasi Guru 👇:


Demikian Informasi penting tentang Apa Perbedaan Ujian Sekolah dan Asesmen Nasional Tahun 2022?. Simak selalu info aleepenaku di blog ini. Salam Literasi. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Apa Perbedaan Ujian Sekolah dan Asesmen Nasional Tahun 2022?"