Penilaian Akhir Tahun (PAT): Pengertian, Pelaksanaan, Tujuan dan Laporan Administrasi

Aleepenaku.com – Penilaian Akhir Tahun (PAT): Pengertian, Pelaksanaan, Tujuan dan Laporan Administrasi. Pada tahun 2022 ini, akan dilaksanakan PAT untuk semua jenjang Pendidikan. Baik SD, SMP dan SMA sederajat. Sebenarnya, seperti apa Pengertian, Pelaksanaan, Tujuan dan Laporan Administrasi PAT tersebut?

Pengertian Penilaian Akhir Tahun (PAT)

Penilaian Akhir Tahun (PAT) merupakan evaluasi tahap akhir tahun ajaran untuk mengukur dan mengevaluasi hasil belajar peserta didik selama semester genap. Sehingga, yang diukur adalah SK/ KD mata pelajaran yang telah diajarkan selama satu semester genap tersebut.

Merujuk kepada Permendikbud Nomor 23 tahun 2020 tentang Standar Penilaian Pendidikan, bahwa Penilaian berarti upaya pengumpulan dan pengolahan informasi pencapaian suatu hasil belajar peserta didik  dalam waktu tertentu.  Sehingga, untuk PAT, merupakan pengukuran atau evaluasi hasil belajar selama semester genap.

Pengertian Kegiatan Pembelajaran

Kemudian, yang dimaksud dengan kegiatan pembelajaran adalah proses interaksi antarpeserta didik antara peserta didik, guru dan sumber belajar di dalam lingkungan belajar. Hal ini juga dapat ditemukan pada Permendikbud No. 23/ 2020. Sehingga, sesuai dengan pengertian tersebut dapat diketahui bahwa kegiatan atau proses belajar mengajar (PBM) tidak harus dilakukan dalam ruangan tertentu dengan baku atau keharusan. Sebagai contoh, pada masa pandemi waktu lalu, kelas pembelajaran banyak dilakukan secara virtual.

Contoh penilaian akhir tahun lalu pun, juga dilaksanakan secara daring. Sehingga, guru menyiapkan soal-soal PAT menggunakan platform yang dapat dipahami oleh peserta didik dan orang tua. Misalnya, menggunakan google form dan classroom.

Tujuan Penilaian Akhir Tahun (PAT)

Sebelumnya, dijelaskan bahwa penilaian terhadap peserta didik dapat dilakukan dengan tujuan untuk mengukur ranah belajar peserta didik dari aspek kognitif, afektif atau sikap dan keterampilan. Pada aspek afektif/ sikap, peserta didik diharapkan dapat memenuhi kriteria minimal baik pada sikap spiritual dan sosial.

Sedangkan tujuan penilaian akhir tahun adalah untuk mengukur atau mengevaluasi hasil belajar peserta didik sesuai dengan tiga ranah tersebut selama semester genap. Sehingga, yang diukur adalah pencapaian hasil belajar peserta didik pada setiap SK/ KD mata pelajaran atau muatan pelajaran yang telah diajarkan selama satu semester 2.

Untuk penilaian akhir tahun 2022 ini, akan segera dimulai pada Juni 2022 untuk jenjang SD/ MI. Sehingga perlu persiapan yang matang. Baik guru maupun siswa. Guru menyiapkan kisi-kisi dan soal PAT. Sedangkan siswa bisa belajar materi atau ringksan materi dan kisi-kisi soal Latihan penilaian akhir tahun.

Sekai lagi, untuk penilaian akhir tahun sd atau MI, maka Lembaga satuan Pendidikan dasar perlu menyiapkan administrasi PAT, panduan penilaian akhir tahun yang sesuai dengan panduan yang disyaratkan serta mempersiapkan diri tentang laporan penilaian akhir tahun.

Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT)

Penilaian formatif dan sumatif dilaksanakan untuk mengetahui apakah peserta didik dapat menerima materi pelajaran dengan baik?  Juga mengetahui apakah peserta didik juga mengalami perubahan sikap yang juga membaik?.

Dalam hal ini, guru dapat mengetahui materi pelajaran atau SK/ KD dapat diterima dan dikuasai oleh peserta didik yaitu dengan cara memberikan pertanyaan formatif kepada peserta didik. Dalam hal ini, tes formatif ditujukan memahami seberapa besar peserta didik mampu menyerap materi pelajaran yang disampaikan.

Nah, kemudian, barulah guru juga melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan kalender pendidikan atau akademik yang telah dianalisis setiap tahun ajaran. Di dalam kalender akademik tersebut terdapat kegiatan Asesmen hasil belajar secara tersistem. Dimulai dari Penilaian harian (PH), Penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester (PAS) serta Penilaian Akhir Tahun.

Setelah melaksanakan PH 1 dan 2 atau bahkan PH ke-3, guru akan melaksanakan kegiatan Penilaian tengah semester (PTS), lalu PAS. Mengenai Penilaian akhir semester dilakukan setelah peserta didik melaksanakan proses belajar materi pembelajaran selama 1 semester di semester 1. Sedangkan Penilaian Akhir Tahun (PAT) dilaksanakan setelah peserta didik melaksanakan proses pembelajaran selama satu semester genap. Dengan demikian, jika peserta didik telah melaksanakan PAT, berarti ia telah belajar selama 1 tahun penuh. Barulah, akan dilaksanakan kenaikan kelas.

Materi Pelajaran yang Diujikan

Pada jenjang sekolah dasar materi pelajaran yang diujikan dalam kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) terdiri dari: Muatan Materi pelajaran pada Tematik, Matematika, PJOK, PAI BP, dan muatan lokal. Sedangkan pada jenjang SMP, terdiri dari mata pelajaran: PPKN, PAI BP. Bhs. Indonesia, Bhs. Inggris, IPA, IPS, SBdP, Prakarya, dan lainnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Guru

Nah, Tugas dan Tanggung Jawab Guru sebelum 'melaksanakan kegiatan PAT, hendaknya guru menyusun soal yang digahului dengan menyusun kisi-kisi soal. Mengapa? agar seluruh SK/ KD yang telah diajarkan dapat diujikan dan dimasukkan ke dalam soal PAT tersebut. Selain itu, guru juga dapat mengidentifikasi atau menganalisis kompetensi dasar (KD) yang tidak dilaksanakan. Misalnya pada saat pandemi berlangsung, sekolah atau madrash menerapkana kurikulum disederhanakan. Sehingga, soal yang dihasilkan benar-benar mewakili standar kompetensi dan kompetensi dasar pembelajaran.

Laporan Administrasi PAT

Lembaga satuan Pendidikan dapat menyiapkan administrasi PAT, misalnya sebagai berikut.

SK Panitia PAT

Berita Acara Pelaksanaan PAT

Berita Acara PAT

Daftar Hadir Peserta PAT

Denah Ruang PAT

Rekapitulasi Kehadiran Peserta PAT

Daftar Hadir Pengawas Ruang PAT

Denah Tempat Duduk Peserta PAT

Format Daftar Peserta PAT

Format Nomor Meja Peserta PAT

Format Nomor Ruang PAT

Kartu Peserta PAT

Lembar Jawaban PAT

Sampul Amplop Naskah Soal PAT

Sampul Soal PAT

Berita Acara Serah Terima Naskah dan Soal Ujian

Jadwal PAT dan Jadwal Pengawas

Daftar Peserta Per Ruang

Surat Izin Masuk/ Keluar Ujian

Kartu Pengawas

Tata Tertib Peserta PAT

Tata Tertib Pengawas PAT

Informasi yang terpenting selengkapnya, direkomendasikan ini:

APLIKASI RAPOR untuk Kenaikan Kelas / PAT 2022




Perangkat RPP dan Pembelajaran dan Administrasi Guru 👇:

Demikian apa yang bisa disampaikan tentang Penilaian Akhir Tahun (PAT): Pengertian, Pelaksanaan, Tujuan dan Laporan Administrasi. Admin aleepenaku menguncapkan terima kasih atas atensinya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Penilaian Akhir Tahun (PAT): Pengertian, Pelaksanaan, Tujuan dan Laporan Administrasi"