Pengumuman Cetak Kartu Seleksi PPG Tahap II: Cek Perubahan Jadwal di SIM PKB dan ppg.kemdikbud

Aleepenaku.com-Pengumuman Cetak Kartu Seleksi PPG Tahap II: Cek Perubahan Jadwal di SIM PKB dan ppg.kemdikbud. Sahabat kandidat PPG dalam jabatan berbasis domisili tahun 2022 memang sedang menunggu informasi penting tentang Cetak Kartu Seleksi PPG GJ tahap 2 tahun 2022 ini. Sesuai dengan jadwal sebelumnya, seharusnya kartu seleksi telah bisa dicetak hari ini. Namun, Direktorat PPG Ditjen GTK memberikan pengumuman penundaan jadwal cetak kartu seleksi ini.

Sumber Gambar: Tangkapan Layar https://ppg.kemdikbud.go.id/news/pengumuman-perubahan-jadwal-cetak-kartu-pada-seleksi-ppg-daljab-tahap-ii

Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Berbasis Domisili 2022

Sebelumnya, telah diketahui bahwa dalam rangka pelaksanaan aktivitas/ kegiatan PPG Daljab tahun 2022, Direktorat PPG, Ditjen GTK akan melakukan Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 untuk tahap II. Sehingga, para sahabat yang dinyatakan lulus seleksi akademik, maka dapat mengikuti proses PPG Dalam Jabatan tahun 2022 ini.

Bahkan, untuk persiapan yang matang, telah dilakukan uji coba seleksi pada waktu lalu yang dipantau atau difasilitasi oleh pengawas yang ditunjuk. Hal ini dilakukan untuk memastikan para guru calon peserta PPG dalam melaskanakan setiap tahapan seleksi dengan lancar. Termasuk pada tahapan seleksi akademik tahap II tahun 2022.

Persiapan Perangkat 

Seharusnya, bagi para peserta untuk menyiapkan perangkat digital atau elektronik yang disyaratkan. Sehingga, ketika akan melaksanakan uji seleksi akademik dapat berjalan sesuai dengan harapan. Jika persyaratan dengan spesifikasi minimal tidak dipenuhi, maka dikhawatirkan proses seleksi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga, persiapan perangkat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

  1. Laptop, dengan SEB sebagai aplikasi wajib yang hars terpasang.
  2. Handphone HP, juga wajib terpasang aplikasi Zoom dan Whatsapp; dan
  3. Koneksi Internet yang lancar, minimal kuota 10 GB.

Aplikasi untuk Ujian

  • SEB (Safe Exam Browser).
  • Cukup Koneksi Inernet.
  • Instalasi SEB dan file konfigurasi SEB.
  • Waktu Ujian: 150 mnt.
  • Ketika waktu habis aplikasi ujian akan tertutup.

Berkas Instalasi Aplikasi

Instalasi SEB pada Sistem Operasi Windows (SOW): 

A. 1_SEB_SELEKSI_INSTALL_Windows.exe

B. 2_MULAI_SELEKSI_Windows.seb

Instalasi SEB pada Sistem Operasi MacOS (SOM)

A. 1_SEB_SELEKSI_INSTALL_macOS.dmg

B. 2_MULAI_SELEKSI_V1_macOS.seb


Selanjutnya tentang Langkah-langkah instalasi, Prosedur dan solusi terhadap masalah yang dihadapi, pelajari pada tautan: Prosedur dan Solusi Masalah Instaasi.

Pengumuman Cetak Kartu Seleksi PPG Tahap II

Selanjutnya tentang Pengumuman cetak kartu seleksi PPG tahap 2 yang ditunggu-tunggu oleh para sahabat, terjadi penundaan. Hal ini dapat dilihat pada laman resmi ppg.kemdikbud.go.id. Para sahabat dapat menyimaknya dari HP maupun laptop. Bisa jadi juga sudah dishare di grup WA yang menginformasikan tentang pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Berbasis Domisili tahun 2022.

Pengumuman resmi tetap akan disampaikan melalui kanal resmi ppg.kemdikbud dan atau dapat melihat pada SIM PKB masing-masing guru. Bagaimana tentang penundaan jadwal cetak kartu seleksi PPG tahun 2022? Atau mengapa terjadi penundaan jadwal cetak kartu seleksi PPG Dalam jabatan Tahap II tahun 2022?

Maka, untuk hal itu menjadi kewenangan pemerintah. Dalam hal ini adalah kemdikbud bagian yang menangani penyelenggaraan PPG DJ tahun 2022. Sehingga, para peserta seleksi terus harus mengikuti informasi terkini terkait dengan jadwal cetak kartu seleksi dan pelaksanaan seleksi PPG tahap II tahun 2022 ini.

Cek Perubahan Jadwal di SIM PKB dan ppg.kemdikbud

Para sahabat supaya terus mengecek informasi terkini. Paling tercepat, dapat dicek pada laman atau akun SIM PKB masing-masing guru calon peserta PPG dalam jabatan berbasis domisili tahap II tahun 2022. 

Namun demikian, untuk perubahan jadwal Cetak Kartu Seleksi PPG Tahap II tahun 2022 ini, belum ada ketentuan tanggal kapan akan diumumkan cetak kartu. Peesrta disarankan untuk sesering mungkin mengeceknya melalui akun SIM PKBnya dan laman resmi ppg.kemdikbud.go.id.

Untuk jadwal terdahulu, atau Jadwal Ujian Seleksi Akademik PPG Tahap 2 dan Instalasi Aplikasi Sistem Ujian untuk Seleksi Akademik PPG bisa dikunjungi: 
Undangan Direktorat PPG untuk Guru serta Dosen Tahun 2022

1. Pendaftaran PPG Dalam Jabatan

Pada bulan sebelumnya telah disampaikan mengenai pendaftaran PPG Dalam Jabatan Berbasis Domisili tahap II tahun 2022. Termasuk para sahabat untuk melakukan uji coba persiapan seleksi akademik PPG DJ tahap 2 tahun 2022.

Untuk informasi tersebut, bisa dipahami ulang,  DI SINI

2. Beasiswa LN Program Doktor bagi Dosen

Program beasiswa Luar Negeri program S3,doktoral untuk dosen perguruan tinggi penyelenggara pendidikan di Indonesia yang  telah memenuhi persayaratan. Maka, bagi sahabat yang ingin memeroleh kesempatan tersebut, silakan kunjungi laman: Beasiswa Luar Negeri  Program Doktor bagi Dosen.


Informasi penting yang lainnya, silakan dibaca juga:







Demikian Informasi penting tentang Pengumuman Cetak Kartu Seleksi PPG Tahap II: Cek Perubahan Jadwal di SIM PKB dan ppg.kemdikbud. Simak infoedukasi aleepenaku di blog sederhana ini. Salam Literasi. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Pengumuman Cetak Kartu Seleksi PPG Tahap II: Cek Perubahan Jadwal di SIM PKB dan ppg.kemdikbud"