Dapat Info Pemanggilan? Ini Dua Undangan Penting Direktorat PPG untuk Guru dan Dosen Tahun 2022

Aleepenaku.com-salam pendidikan. Para sahabat hebat, semuanya. Apakah sahabat Dapat Pemanggilan? Ini Dua Undangan Penting Direktorat PPG untuk Guru dan Dosen Tahun 2022? Baik sebagai guru atau dosen? Lalu dari mana kita bisa mengetahui tentang undangan tersebut? 

Sumber Gambar Tangkapan Layar: https://ppg.kemdikbud.go.id/news/type/undangan

Nah, ini adalah hal penting yang perlu terus diikuti perkembangannya. Terutama bagi sahabat guru yang mengajar di bawah Kemdikbudristek. Memang, pada era digital ini, undangan atau pemberitahuan terkait dengan aktivitas dan peluang kita seabgai tenaga pendidik disampaikan secara online d website terkait. Sehingga, bukan berbentuk undangan fisik yang dikirim ke alamat kita.

Seperti kita ketahui, bahwa pemerintah melalui Kemdikbudristek memiliki banyak program pendidikan yang berkaitan langsung dengan guru dan tenaga kependidikan lainnya. Misalnya, program peningkatan mutu guru melalui berbagai pelatihan, mutu pembelajaran dam mutu pendidikan. Secara lebih teknis, contoh program yang sudah dilaksanakan, sebagai berikut.

PPG dalam jabatan

PPG Prajabatan

Program Beasiswa Studi bagi Guru

Program Beasiswa Studi bagi Dosen

Diklat atau bimtek daring

Penyempurnaan kurikulum

Lomba prestasi siswa

Lomba karya inovatif guru

Sekolah Penggerak

Guru Penggerak

Pengajar Praktik

Fasilitator SP

serta banyak lagi program lainnya.

Dua Undangan Penting Direktorat PPG untuk Guru dan Dosen Tahun 2022

Hingga kini, untuk tahun 2022,terdapat beberapa undangan penting bagi guru dan dosen yang dikutip dari laman https://ppg.kemdikbud.go.id/news/type/undangan, yaitu:

  1. Pendaftaran PPG Dalam Jabatan
  2. Beasiswa LN Program Doktor bagi Dosen

Bagaimana pelaksanaan kedua program tersebut?

1. Pendaftaran PPG Dalam Jabatan

Pada bulan lalu telah diinformasikan tentang Persyaratan, Pendaftaran, Seleksi Administrasi dan Jadwal Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022. Untun tahap 1 sesuai dengan surat nomor: 0248/B2/GT.00.03/2022, 4 Februari 2022. Dijelaskan bahwa relevan dengan PP No: 19/ 2017 tentang Perubahan PP No: 74/2008 tentang Guru, Direktorat PPG, Ditjen GTK, Kemdikbudristek akan membuka pendaftaran dan seleksi administrasi Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2022. Dan ini sudah dilaksanakan. 

Tentang Persyaratan, Pendaftaran, Seleksi Administrasi dan Jadwal Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022  selengkapnya dapat disimak, DI SINI.

Dan kewajiban terkait hal tersebut, supaya melakukan pemutakhiran Dapodik, dan menyiapkan Dokumen Pendaftaran PPPG 2022 serta mengusai Tata Cara Lapor Diri Calon Peserta PPG DJ 2022.

PPG Dalam Jabatan Tahap 2 tahun 2022

Nah, ternyata tentang PPG Dalam Jabatan ini juga dibuka untuk tahap 2. Pada tahap 2 ini memberikan kesempatan bagi sahabat guru yang belum terpanggil pada tahap sebelumnya. Mengenai syarat dan ketentuan registrasi, relatif sama.

Namun demikian, para kandidat untuk tahap 2 ini tidak boleh terlambat melakukan pendataran. Setelah melakukan registrasi dengan dokumen administrasi yang disyaratkan diunggah, maka perlu menunggu hasil pengumuman kelulusannya. Jika sudah muncul dan diterima, maka persiapkan untuk menuju seleksi akademik.

Selengkapnya tentang syarat, cara pendaftaran PPG DJ Tahap 2, silakan simak DI SINI.

Jadwal Uji Coba Persiapan Seleksi Akademik PPG DJ 2022

Baru-baru ini telah dilakukan uji coba simulasi kesiapan mengikuti seleksi akademik bersama pengawas sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Untuk memeroleh informasi tentang kegiatan uji coba persiapan seleksi akademik dan jadwalnya, direkomendasikan mendapatkan pemahaman, DI SINI

2. Beasiswa LN Program Doktor bagi Dosen

Program beasiswa Luar Negeri untuk tingkat doktoral ini bagi dosen perguruan tinggi penyelenggara pendidikan di Indonesia yang memenuhi persayaratan. 

Sedangkan untuk persyaratan, tata cara registrasi, serta  peluang lainnya terkait beasiswa ini, silakan kunjungi laman: Beasiswa LN Program Doktor bagi Dosen.

Undangan Penting Direktorat PPG untuk Guru dan Dosen Tahun 2022

Untuk memeroleh informasi tentang Undangan Penting Direktorat PPG untuk Guru dan Dosen Tahun 2022, selengkpanya untuk segera mendapatkan informasi pada laman resmi Direktorat PPG, DI SINI.

Rekomendasi dari admin untuk dibaca juga:

Perbedaan PPG daljab 2022 dan PPG prajabatan

Pendaftaran PPG Tahap II Tahun 2022

Surver Layanan Info Penyelenggaraan PPG

Progress Penetapan NI PPPK untuk Guru

Pedoman Peringatan Hardiknas 2022

UNDUH Panduan Seleksi Akademik PPG tahun 2022

Kisi-Kisi untuk Seleksi Akademik PPG 2022

Panduan Aplikasi PPG 2022

Demikian Informasi tentang Dapat Info Pemanggilan? Ini Dua Undangan Penting Direktorat PPG untuk Guru dan Dosen Tahun 2022 yang dapat disampaikan oleh admin aleepenaku. Semoga bermanfaat. Semoga Berhasil.

2 comments for "Dapat Info Pemanggilan? Ini Dua Undangan Penting Direktorat PPG untuk Guru dan Dosen Tahun 2022"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.