Pedoman dan Kumpulan Latihan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA: Ayo Jadi Juara OSN Tahun 2022

Aleepenaku.com-Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA: Ayo Jadi Juara OSN Tahun 2022 merupakan dokumen penting bagi siswa dan guru dari satu lembaga satuan pendidikan atau sekolah. Seperti diketahui bahwa Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini  diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia. 

Kapan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA dilakukan? 

Olimpiade Sains Nasional (OSN) dilakukan secara rutin setiap tahun. Sehingga sekolah dapat menyiapkan siswa unggulan untuk mengikuti program Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini. Secara rutin, sekolah melalui guru pembinanya dapat membina dan membimbing siswa untuk mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini. Guru dengan segenap kompetensinya dapat ditunjuk sebagai pembina siswa. Sehingga dapat menyusun jadwal pembinaan secara tepat dalam kurun waktu tertenu.

Pembina siswa pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini dapat berkolaborasi dengan guru lain berdasarkan surat tugas dari kepala sekolah. Sehingga, kegiatan pembinaan siswa dapat dilakukan secara simultan. Siswa dapat dilatih dengan soal-soal pilihan atau soal terdahulu Olimpiade Sains Nasional (OSN). Harapannya, siswa cakap dalam menjawab soal-soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) dengan waktu yang tepat serta jawaban yang benar.

Apa tujuan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA?

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan event yang bergengsi untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik (siswa), serta memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains. Selain itu, Olimpiade Sains Nasional (OSN) memiliki tujuan untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi Tingkat Internasional (KTI).

Sesuai dengan buku pedoman, maka tujuan Olimpiade Sains Nasional (OSN) dibagi dua:

Tujuan Umum

Tujuan Khusus

Adapun Tujuan Umum yaitu: 

  1. Mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul. 
  2. Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Menciptakan atmosfer berolimpiade dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.
  4. Menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan.

Sedangkan Tujuan Khusus, yaitu:
  1. Menyelenggarakan seleksi peserta didik secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional yang mempunyai kompetensi/ kemampuan dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.
  2. Mendapatkan calon peserta untuk mewakili Indonesia pada olimpiade sains tingkat internasional.
  3. Membangun basis data nasional peserta didik yang bertalenta dalam bidang sains.

Tema Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA tahun 2022

Tema OSN-P tahun 2022 ini adalah dengan  "Sains Pulihkan Negeri". Tema ini menjadi tema yang hebat seabgai bagian dari bagaimana kita bisa pulih dari pandemi. Khususnya dalam dunia pendidikan diharapkan dapat pulih seperti sediakala. Semua peserta didik dapat kembali belajar normal di sekolah. Pada tataran nasional, dunia pendidikan dapat kembali berjalan normal dan semakin berkembang.

Bidang Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA tahun 2022

Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA tahun 2022 mencakup bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/ Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, Geografi sesuai dengan jenjang pendidikannya yang dimulai dari sekolah dasar.

Sumber: Buku Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA

Unduh Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA

Unduh Latihan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA

Pedoman dan Latihan Soal OSN SMA 2022

Kumpulan Soal Latihan OSN SD 2022

Kumpulan Soal Latihan OSN SMP 2022

Informasi penting lainnya, direkomendasikan untuk membaca juga:

THR dan Gaji Ke-13 Guru PPPK dan PNS

Info Tahap 3 2021 dan Tahap 1 tahun 2022

Soal Latihan US SD-MI Tahun 2022, UNDUH DI SINI.

Info Penting CASN PPPK Guru 2022

Tata Tertib untuk PPG 2022, Larangan dan Sanksinya

Panduan Aplikasi PPG 2022

Demikian Informasi penting tentang Pedoman dan Kumpulan Latihan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA: Ayo Jadi Juara OSN Tahun 2022. Salam sukses. Semoga bermanfaat. Salam Literasi.

Post a Comment for "Pedoman dan Kumpulan Latihan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA: Ayo Jadi Juara OSN Tahun 2022"