Pedoman Peringatan dan Upacara serta Logo Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022

Aleepenaku.com-Pedoman Peringatan dan Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 merupakan petunjuk pelaksanaan peringatan Hardiknas yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Pedoman Peringatan dan Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 ini menjadi acuan bagi pemerintah, lembaga dalam pemerintahan dan instansi maupun badan yang akan melaksanakan Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022.

Sumber Gambar Tangkapan Layar: Pedoman Hardiknas 2022, Kemdikbud

Sejarah Hari Pendidikan Nasional

Sebagaiman kita ketahui bahwa Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap tanggal 2 Mei. Tanggal 2 Mei ini bertepatan dengan hari ulang tahun atau hari lahir Ki Hadjar Dewantara. Beliau adalah pahlawan nasional sekaligus sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hajar Dewantara sangat dihormati. Beliau mencetuskan pemikirannya tentang pendidikan di Indonesia.

Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya di Indonesia selama masa kolonialisme Belanda. Beliau dikenal sangat berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda, ketika itu. Mengapa? sebab pada masa itu untuk mengenyam bangku pendidikan, hanyalah memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya saja. 

Kritik yang disampaikan Ki Hajar Dewantara terhadap kebijakan pemerintah kolonial Belanda, menyebabkan Beliau diasingkan ke negeri Belanda. Nah, setelah kembali ke Indonesia, Ki Hajar Dewantara kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan itu bernama Taman Siswa. 

Semboyan Pendidikan Indonesia

Kemudian, setelah negara kita merdeka, Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan. Filosofi yang dicetuskan Ki Hajar Dewantara adalah tut wuri handayani ("di belakang memberi dorongan"). Kemudian filosofi ini digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia hingga saat ini. Ki Hajar Dewantara wafat tepat pada tanggal 26 April 1959. 

Untuk menghormati jasa Ki Hajar Dewantara  terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional. Yakni Hari nasional ini sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor: 316 Tahun 1959, tanggal 16/12/1959.

Pedoman Peringatan dan Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022

Sebagaimana diketahui, bahwa Hardiknas seharusnya diperingati pada tanggal 2 Mei 2022. Namun, karena bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri 1443 H dan cuti bersama tahun 2022, maka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) akan menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)Tahun 2022, tanggal 13 Mei 2022 pada pukul 08.00 WIB. 

Sumber Gambar Tangkapan Layar: Pedoman Hardiknas 2022, Kemdikbud

Sesuai dengan pedoman yang diterbitkan Kemdikbudristek, bahwa upacara bendera akan dilaksanakan secara tatap muka, terbatas, minimalis, dan menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Hal ini telah ditetapkan pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.

Kemudian utnuk instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta Kantor Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri menyesuiakan dengan kondisi setempat tentang PPKM. Serta mengacu kepada  menyelenggarakan upacara ketetapan aau pedoman yang diterbitkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sedangkan untuk instansi dan satuan pendidikan atau sekolah di daerah yang berada dalam PPKM  level 3, diimbau untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari kantor atau dari rumah tinggal masing-masing.

Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022

 “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”.

Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022

Sumber Logo Tangkapan Layar: Pedoman Hardiknas 2022, Kemdikbud

Logo Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) serta Sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) dapat diunduh di laman www.kemdikbud.go.id.

Imbauan untuk Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022

Kemudian Kemdikbudristek mengimbau agar instansi di pusat, daerah, satuan pendidikan, serta Kantor Perwakilan Republik Indonesia (KPRI) di luar negeri turut memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 melalui berbagai media publikasi cetak, elektronik, serta media sosial dengan menggunakan logo dan tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022.

Selanjutnya Kemdikbudristek mengimbau agar instansi di pusat, daerah, satuan pendidikan, serta Kantor Perwakilan Republik Indonesia (KPRI) di luar negeri dapat menyelenggarakan aktivitas/kegiatan memperingati dan memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 secara kreatif. Kemudian menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19, serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Sumber: Pedoman Peringatan dan Upacara serta Logo Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022: Kemdikbud.go.id

Selanjutnya tentang dokumen Pedoman Peringatan dan Upacara serta Logo Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 dapat diunduh di bawah ini.




Informasi penting lainnya, rekomendasi di sini:

1 comment for "Pedoman Peringatan dan Upacara serta Logo Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.