Twibbon Saya Bangga Bahasa Indonesia

Aleepenaku.com-Twibbon Saya Bangga Bahasa Indonesia merupakan twibbon dengan caption Bangga Bahasa Indonesia, Bangga memiliki bahasa Indonesia. Bahasa Pemersatu dan Persatuan.

NAh, sebagaimana yang diberitakan di laman resmi kemdikbud.go.id bahwa Mendikbudristek menyampaikan bahwa sebagai Mendikbudristek, tentu menolak usulan tersebut. Yakni usulan bahwa bahasa Melayu menjadi bahasa perantara kedua kepala Negara. Sehingga, bahasa melalyu diperkuat menjadi bahasa pengantar dalam pertemua negara-negara ASEAN.

Maka, Mendikbud mengimbau seluruh masyarakat Indoenesia untuk bahu membahu dengan pemerintah agar terus memberdayakan dan bela bahasa Indonesia. Bahkan, beliau mengatakan bahwa Bahasa Indonesia lebih layak untuk menjadi bahasa resmi ASEAN. 

Mengapa? Sebab, beberapa hal berikut:

  1. Bahasa Indoensia dipertimbangkan memiliki keunggulan historis, hukum dan linguistik.
  2. Pada tingkat International, Bahasa Indonesia, menjadi bahasa terbesar di Asia Tenggara.
  3. Persebaran Bahasa Indonesia telah mencakup 27 negara di dunia.
  4. Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, telah dilaksanakan sekitar 428 lembaga.
  5. Bahasa Indonesia telah diajarkan menjadi mata kuliah di beberapa kampus tingkat dunia. Mulai dari Eropa, Amerika, dan Australia serta ASIA.
  6. Secara hukum, diatur pada  Pasal 36 Undang-undang Dasar (UUD) Republik Indonesia bahwa Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia.
  7. Status dan fungsi bahasa Indonesia ditegaskan dalam UU Republik Indonesia No: 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, 
  8. Diatur dalam Peraturan Pemerintahm (PP) No: 57 Tahun 2014 tentang Pengembangan, Pembinaan, dan Pelindungan Bahasa dan Sastra serta Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia, 
  9. Diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia, serta 
  10. Diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 42 Tahun 2018 tentang Kebijakan Nasional Kebahasaan dan Kesastraan.

Sumber informasi: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/04/mendikbudristek-bahasa-indonesia-sebagai-bahasa-resmi-asean-dikedepankan

Twibbon Saya Bangga Bahasa Indonesia

Yuk, dukung dan bangga dengan bahasa Indonesia. Klik foto keren kita unggah dan pasang pada twibbonnya.

Gunakan Twibbon Keren di atas, Unggah Foto Ke SINI.


Gunakan Twibbon Keren di atas, Unggah Foto Ke SINI.


Gunakan Twibbon Keren di atas, Unggah Foto Ke SINI.

Twibbon lainnya, silakan bisa digunakan juga:






Untuk memeroleh berbagai informasi lainnya, seringkali diunduh juga:

Kisi-Kisi, Soal PAT Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/ MI Semester Genap, UNDUH DI SINI.

Modul Pembelajaran  di SD, SMP, SMA

RPP dan Administrasi Guru Kelas dan Mapel👇:


Demikian informasi penting dari admin aleepenaku tentang Twibbon Saya Bangga Bahasa Indonesia: Layak Menjadi Bahasa Pengantar Negara ASEAN. Semoga bermanfaat. Salam literasi.

1 comment for "Twibbon Saya Bangga Bahasa Indonesia"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.