Twibbon Syahdu Memperingati Hari Nuzulul Qur’an 1443 H/ 2022 M

Aleepenaku.com-Twibbon Syahdu Memperingati Hari Nuzulul Qur’an 1443 H ini merupakan reminder kepada kita sekalian kaum muslimin untuk lebih meningkatkan kualitas diri. Artinya dengan senantiasa mengingat dan bersyukur atas kekuasaanNya, termasuk peristiwa bersejarah dalam Islam yang terjadi pda bulan Ramadan. Yakni Nuzulul Qur’an.

Mengutip artikel Saefudin Latief (https://sumsel.kemenag.go.id/files/) dijelaskan bahwa Nuzul Qur‟an merupakan peristiwa Al Qur‟an secara utuh dari Lauhul Mahfud di langit ketujuh, ke Baitul Izzah di langit dunia.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Qur’an, yaitu: “Bulan Ramadhan, bulan yang padanya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (Qs. Al Baqarah: 185)

Jadi Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam merupakan petunjuk bagi manusia dan penjelasan tentang petunjuk tersebut.

Latief memaparkan bahwa peringatan Nuzulul Quran ini diharapkan dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kita semua. Kita senantiasa membaca dan mendalami atau mempelajari Al-Qur’an. Setiap keluarga diharapkan dapat mengamalkan isi Al-Qur’an. Kita harus melaksanakan perintahNya, menjauhi laranganNya dan meyakini setiap cerita atau kisah yang terkandung di dalam Al-Qur’an.

Pada momentum nuzulul Al-Qur’an biasa juga diselenggarakan beberapa acara keagamaan. Misalnya, pengajian umum, pentas seni religious, dan aktivitas keagamaan lainnya. Seperti pernah kita ketahui, pada peringatan Nuzulul Al-Qur’an diadakan kegiatan nasyid, qasidah, dan lain sebagainya.

Dalam Al-Qur’an juga memuat perintah yang harus dijalankan. Dalam agama Islam, rukun Islam harus ditetapi dengan maksimal dan niat karena Allah SWT. Beribadah kepadaNya dengan mengharap rida dan pahalaNya serta terhindar dari siksaNya. Rukun Islam merupakan bentuk ibadah kepadaNya: Membaca Syahadat, Shalat, Puasa, Zakat dan menunaikan ibadah Haji bagi yang mampu.

Dalam Al-Qur’an juga dijelaskan amalan atau perbuatan yang tidak boleh dilakukan atau dilarang. Misalnya, makan makanan yang diharamkanNya. Serta kita meyakini cerita yang terjadi pada masa lalu. Sejak manusia sebelum diciptakan hingga masa keRasulan Muhamman SAW.

Nah, Al-Qur’an sebagai kita suci wajib diagungkan. Dibaca, dipelajari, didalami dan diamalkan. Bahkan, bagi seseoran yang hafal Al-Qur’an (hafiz) akan mendapatkan keistimewaan yang luar biasa. Baik di dunia, apalgi di akhirat kelak, InsyaAllah.

Kemudian, mempelajari Al-Qur’an juga seyogyanya dilakukan mulai dari dalam keluarga sendiri, di tempat ibadah (masjib, musala), di sekolah maupun di pondok pesantren. Mempelajari Al-Qur’an diharapkan dimulai sedini mungkin hingga akhir hayat.

Malam turunnya Al-Qur’an merupakan kemuliaan. Mari kita refleksi diri dan seoptimal mungkin dapat mengamalkannya. Serta bersiap untuk menyambut Lailatul Qadar.

Selanjutnya, Saefudin Latief memaparkan bahwa  tentang Nuzulul Qur’an berkaitan erat dengan Lailatul Qadr dan Bulan Ramadhan. Sebab, ketiga hal tersebut terdapat hubungan yang saling berkaitan. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Qadr ayat 1, yang artinya, “Sesungguhnya Kami telah

menurunkan (Alqur’an) pada malam Qadr (Lailatul Qadr)”. Lalu, dalam Surat Ad-Dukhan ayat 3 disebutkan, yang artinya, “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi (malam permulaan Al-Qur‟an pertama kali diturunkan)”.

Nah, ketika Al-Qur’an diturunkan secara utuh  untuk pertama kali diturunkan dari Lauhil Mahfudz sampai ke Batil Izzah (Langit Dunia) yaitu pada Malam Qadr di bulan suci Ramadhan, maka para ulama telah bermufakat semuanya. Kemudian dari Baitil Izzah ini, malaikat Jibril as menyampaikannya kepada nabi Muhammad SWA secara bertahap selama kurun waktu sekitar 23 tahun.

Marilah kita gunakan momentum peringatan Nuzulul Qur’an ini untuk merefleksi agar lebih baik lagi. Untuk menyosialisasikan Nuzulul Qur’an, ayo gunakan Twibbon Syahdu Memperingati Hari Nuzulul Qur’an 1443 H di bawah ini.

 

Twibbon Syahdu Memperingati Hari Nuzulul Qur’an 1443 H


Pilih Twibbon Syahdu Indah 1, Unggah Foto ke SINI.


Pilih Twibbon Syahdu Indah 2, Unggah Foto ke SINI.


Pilih Twibbon Syahdu Indah 3, Unggah Foto ke SINI.


Pilih Twibbon Syahdu Indah 4, Unggah Foto ke SINI.


Pilih Twibbon Syahdu Indah 5, Unggah Foto ke SINI.

Rekomendasi Twibbon lainnya:






Soal Latihan US SD-MI Tahun 2022, UNDUH DI SINI.

Demikian Informasi tentang  Twibbon Syahdu Memperingati Hari Nuzulul Qur’an 1443 H/ 2022 M yang dapat disajikan oleh admin aleepenaku. Semoga bermanfaat.

1 comment for "Twibbon Syahdu Memperingati Hari Nuzulul Qur’an 1443 H/ 2022 M"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.