Peka Sosial: Forum Silaturahmi Guru Sumenep Berbagi Takjil dan Buka Bersama

Aleepenaku.com-Peka Sosial: Forum Silaturahmi Guru Sumenep Berbagi Takjil dan Buka Bersama. Ramadan tahun ini benar-benar menjadi momentum yang baik untuk terus meningkatkan kepekaan sosial. Forum Silaturahmi Guru (FSG) sebagai komunitas guru-guru di Sumenep melaksanakan kegiatan bagi-bagi takjil. Yakni, bakti sosial dengan aktivitas berbagi makanan untuk berbuka puasa.

Sebenarnya, sepertinya disampaikan Moh. Yasin, Ketua FSG, acara ini sudah digelar setiap tahun. Setidaknya, telah berbuat nyata sebagai bagian dari rangkaian ibadah di bulan suci ini. Bahkan, bagi-bagi takjil ini dimotori langsung oleh pengurus FSG. Kemudian, anggota FSG juga mendukung penuh serta ikut secara langsung membagi takjil ini. Anggota FSG yang terlibat dalam acara ini sekitar 30 orang.

Sebelumnya, untuk kegiatan bagi-bagi takjil ini telah dimusyawarahkan dalam rapat pengurus dan anggota. Dalam rapat tersebut diputuskan untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial bagi-bagi takjil. Sesuai dengan kesepakatan, dana untuk kegiatan ini sepenuhnya ditanggung oleh keluarga besar FSG Sumenep. Adapun anggota dan pengurus dengan sukarela iuran untuk mewujudkan kegiatan ibadah sosial ini.

Dalam pelaksanaannya, makanan untuk takjil, pengurus FSG memesan makanan takjil dalam bentuk paket katering. Sehingga lebih efektif dan efisien. Kemudian, semua anggota berkumpul di satu titik. Tampaknya semua pengurus dan anggota saling membahu mengemas takjil dengan baik. Mengingat, takjil akan segera dibagikan di jalan utama, sekitar lampu merah.

Sasaran bagi takjil ini antara lain: abang becak, pemulung yang lewat, serta pengguna jalan yang melewati jalan utama. Yakni, jalan Urip Sumoharjo, depan Kantor Pos Sumenep. Adapun makanan takjil yang tersedia adalah 225 paket. Satu paket berisi makanan: nasi menu ayam lalapan dan air kemasan. 

Raden Hidayat sebagai pengurus FSG memaparkan bahwa aktivitas tahunan ini, semoga berkah. Semoga Allah SWT menerima niat ikhlas kita dalam berbagi kepada sesama. Selain itu, kegiatan ini melatih kepekaan kita semua sebagai insan akademik, intelektual dan religius.

Tidak ketinggalan pula, dalam aktivitas ini segenap pengurus berharap agar apa yang telah dilakukan dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Hikmah lain yang bisa diperoleh antara lain; meningkatkan kepekaan sosial yang tinggi, menumbuhkan rasa persaudaraan, memantapkan niat karena Allah dalam beribadah, menjunjung tinggi nilai-nilai religiusitas, dan memupuk kesabaran yang tinggi.

Kemudian, sesuai dengan hasil rapat diputuskan bahwa setelah acara bagi-bagi takjil, dilanjutkan dengan ifthar bersama di rumah salah satu pengurus FSG. Yakni, bapak Haris. 

Hal yang istimewa, dalam acara bukber tersebut hadir para pejabat dinas pendidikan kabupaten Sumenep. Yakni, Sekretaris Dinas Pendidikan, Bapak Sunaryanto, S. STP., M.Si.. Kemudian bapak Kabid Dikdas, bapak Ardi Ali Sochibi, ST., MT dan Kasi Kurikulum, yakni bapak Buhari, M. Pd. Serta bapak Dr. Abd. Kadir, Sekretaris Dinas BPBD.

Pada momentum acara buka bersama, diawali dengan pembacaan Surat Yasin. Kemudian diskusi sebentar tentang pendidikan dan hikmah Ramadan serta pemantapan literasi oleh Bapak Abd. Kadir. Selanjutnya adalah berbuka puasa, salat magrib berjamaan dan ramah tamah. Luar biasa, keakraban keluarga besar FSG Sumenep dengan pejabat Diknas sangat terasa. Semoga senantiasa dalam RahmatNya. Amin.


Post a Comment for "Peka Sosial: Forum Silaturahmi Guru Sumenep Berbagi Takjil dan Buka Bersama"