Kumpulan Latihan Soal dan Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD 2022: Ayo Berlatih dan Menjadi Juara

Aleepenaku.com-Kumpulan Latihan Soal dan Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD 2022: Ayo Berlatih dan Menjadi Juara merupakan informasi penting terkait dengan pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2022. Harapnnya, segenap guru dari sekolah dasar dapat memahami betul pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2022. Kemudian juga menjadikan beberapa soal atau kumpulan soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2022 untuk berlatih.

Sumber Gambar SS: https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/jenjang/sd

Tentu saja membutuhkan bimbingan dari guru. Selain itu perlu dukungan penuh dari sekolah dan orang tua. Sebab, siswa SD adalah anak yang harus dikembangkan kompetensinya. Hal ini bergantung dari sekolah maupun guru dalam membina secara simultan. 

Rasional

Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2022 ini merupakan lomba berskala nasional yang diselenggarakan oleh Puspresnas Kemdikbudristet RI. Sebagaimana yang dijelaskan dalam pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2022, bahwa merdeka belajar dan pendidikan 4.0 merupakan jenis pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa, saat ini. Siswa diharapkan dapat atau mampu berpikir analitis dan kolaboratif. Kemudian setiap guru harus  mampu menghadapi perkembangan teknologi yang selalu berubah dengan sangat cepat.

Nah, salah satu upaya untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan, maka diperlukan penguasaan Matematika dan IPA (MIPA) yang kuat sejak dini sebagai investasi jangka panjang untuk peserta didik atau siswa meraih kesuksesan di masa mendatang. Oleh karena itu, mutu pendidikan harus terus ditingkatkan. Senantiasa juga mengikuti perkembangan zaman.

Dalam hal ini, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang Matematika dan IPA (MIPA) melalui penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN SD). 

Tujuan Umum dan Khusus Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2022

OSN SD ini adalah ajang bergengsi Olimpiade dalam bidang sains bagi para peserta didik (siswa) di seluruh Indonesia. Kegiatan ini adalah salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA (MIPA). Harapannya, peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu, melalui kegiatan OSN SD ini bertujaun untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

Tujuan Umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2022

Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2022 dijadikan wahana Olimpiade dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik atau siswa SD/ MI dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2022 ini dirancang sebagai Olimpiade yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Tujuan Khusus Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2022

  1. menyediakan wahana bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk mengembangkan talenta di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya; 
  2. memotivasi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan  spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik; 
  3. untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari; 
  4. memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, dan IPA di SD dan atau yang sederajat; 
  5. memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan; dan 
  6. memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.


Tema Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2022

“TALENTA SAINS UNTUK INDONESIA MAJU”

Sasaran Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2022

Sasaran Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2022 adalah peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat.

Dasar Hukum Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2022

Sebagiamana yang dijelaskan dalam buku pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2022, Dasar hukum sebagai landasan pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).
  2. Undang-Undang No. 9 Tahun 2015tentang Perubahan Kedua, Atas Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.
  3. Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang SNP
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 39 tahun2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia No. 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada K13 Dikdas.
  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 9 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 45 Tahun 2019 tentang Organsasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).
  9. Keputusan Menteri Kesehatan (KepMenkes) Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019  di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha Pada Situasi Pandemi.
  10. Keputusan Menteri Kesehatan (KepMenkes) Republik Indonesia Nomor  HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID 2019.
  11. Keputusan Bersama Mendikbud, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Mentdagri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, Nomor 440-717 Tahun 2021 Tentang Panduan Penyelenggaraan di Masa Pandemi Covid-19.
  12. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Nomor: SP DIPA-023.01.1.690397/ 17 November 2021

Sumber: Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD 2022

Selanjutnya, lebih lengkap dapat mengunduh Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD 2022 di bawah ini:



Kumpulan Latihan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD 2022: Ayo Berlatih dan Menjadi Juara

Kumpulan soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD 2022  terdiri dari soal Matematika dan IPA. Soal disajikan secara bervariasi oleh https://forum.pelatihan-osn.com/arsip. Di sini siswa dapat berlatih mengerjakan soal. Baik soal pilihan ganda maupun esay.

Siswa dapat mengerjakan soal-soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD yang pernah dilaksanakan pada tahun sebelumnya. Siswa juga bisa berinteraksi dengan memberikan komentar dan diskusi pada setiap soal.

Untuk mulai mengerjakan silakan klik pada banner biru di bawah ini.

Kumpulan Soal Matematika Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD, Klik Ayo Coba:



Kumpulan Soal IPA Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD,  Klik Ayo Coba: 



Pedoman dan Latihan Soal OSN SMA 2022

Kumpulan Soal Latihan OSN SD 2022

Kumpulan Soal Latihan OSN SMP 2022

Informasi penting lainnya, di sini:

Progress Penetapan NI PPPK Guru Tahap 1 dan 2

THR dan Gaji Ke-13 Guru PPPK dan PNS

Info Tahap 3 2021 dan Tahap 1 tahun 2022

Soal Latihan US SD/-MI Tahun 2022, UNDUH DI SINI.


Panduan Aplikasi PPG 2022

Demikian Informasi penting tentang Kumpulan Latihan Soal dan Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD 2022: Ayo Berlatih dan Menjadi Juara. Salam sukses. Semoga bermanfaat. Salam Literasi.

1 comment for "Kumpulan Latihan Soal dan Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD 2022: Ayo Berlatih dan Menjadi Juara"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.