Twibbon Keren Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022

Aleepenaku.com-Twibbon Keren Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Sahabat aleepenaku yang hebat. Seperti kita ketahui bahwa Hari lahir Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya. Tahun ini akan diperingati pada tanggal 1 Juni 2022. 

Sebelum menggunakan Twibbon Keren Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 ini, sebaiknya kita memahami dahulu tentang sejarah Hari Lahir Pancasila. Sehingga, kita dapat mengetahui sejarah penting tentang lahirnya Pancasila di negara kita. Pancasila sebagai dasar negara, falsafah bangsa, pedoman bangsa, ideologi bangsa dan karakter bangsa, peru kita jiwai dan praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Profil pelajar Pancasila sebagai bagian integral dalam penyelenggaraan pendidikan di negara kita, sangat baik untuk terus dikembangkan. Peserta didik dan guru atua pendidik harus dapat dan mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Tidak itu saja, bahwa semua warga negara atau masyarakat bangsa Indonesia, mampu mengimplementasikan karakter Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Pada mulanya, Hari Lahir Pancasila ini ditandai oleh pidato Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno pada 1 Juni 1945. Pidato tersebut disampaikan dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan atau BPUPKI). Pidatonya pertama kali, Bung Karno menyampaikan tentang konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.

Adapun sejarahnya, tentang Pancasila ini berawal dari kekalahan Jepang pada perang pasifik. Sebab itu, mereka berupaya untuk mendapatkan hati masyarakat Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan Indonesia. Setelah itu, membentuk Lembaga. Lembaga ini bertuga untuk mempersiapkan kemerdekaan. Lembaga bernama Dokuritsu Junbi Cosakai. 

Nah, pada sidang pertamanya (Sidang I) pada tanggal 29 Mei 1945, dibahaslah tentang tema dasar Negara. Sidang itu dilaksanakan di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila). Sidang dilaksanakan sekitar hampir 5 hari. Tepat pada tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan ide atau gagasannya terkait dasar negara Indonesia.

Nah, Bung Karno menyatakan atau menamakan “Pancasila”.  Adapaun artinya; Panca berarti lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas. 

Perlu diketahui pula, bahwa Bung Karno menyebutkan lima azas atau dasar untuk negara Indonesia, yakni:

Sila pertama Kebangsaan, 

Sila kedua Internasionalisme atau Perikemanusiaan, 

Sila ketiga Demokrasi, 

Sila keempat Keadilan sosial, dan 

Sila kelima “etuhanan yang Maha Esa.

Panitia Sembilan

Nah, dalam rangka menyempurnakan rumusan konsep Pancasila sebagai dasar Negara serta menyusun Undang-Undang Dasar yang berdsarkan kelima asas tersebut, maka Dokuritsu Junbi Cosakai membentuk sebuah panitia. Panitia inilah yang dikenal dengan panitia Sembilan. 

Adapun anggota Panitia Sembilan tersebu adalah sebagai berikut.

Ir. Soekarno, 

Mohammad Hatta, 

Abikoesno Tjokroseojoso, 

Agus Salim, 

Wahid Hasjim, 

Mohammad Yamin, 

Abdul Kahar Muzakir, 

Mr. AA Maramis, dan 

Achmad Soebardjo.

Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara

Sidang terus dilaksanakan dengan menerima, mendiskusikan, memusyawarahkan setiap pendapat. Kemudian dihasilkan sebuah keputusan bahwa Pancasila akhirnya disahkan pada Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Pada sidang itulah, disetujui bahwa Pancasila dicantumkan dalam Pembukaan atau Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang sah.

Nah, berdsarkan sejarah penting tersebut, maka kita dan generasi saat ini maupun mendatang sangat penting untuk terus mengingat dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga harus dapat memaknai Pancasila sebagai pedoman dan falsafah bangsa. Pancasila adalah dasar Negara yang sudah final,

Sumber: Kesbangpol.madiunkab.go.id

Twibbon Keren Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022

Yuk, sosialisasikan Hari Lahir Pancasila kepada masyarakat Indonesia, termasuk pada siswa kita. Harapannya, dapat meningkatkan semangat nasionalisme, meneladani para pejuang bangsa, menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Caranya? Sangat mudah. Silakan Klik tulisan "Unggah Foto Di Sini" yang berwarna biru, di bawah ini.



Twibbon Hari Lahir Pancasila, Keren 1 >>> Unggah Foto Di Sini

Twibbon Hari Lahir Pancasila, Keren 2 >>> Unggah Foto Di Sini



Twibbon Hari Lahir Pancasila, Keren 3 >>> Unggah Foto Di Sini

Selanjutnya, juga dapat menggunakan twibbon keren Hari Lahir Pancasila, di bawah ini.

Twibbon Hari Lahir Pancasila, Keren 4 >>> Unggah Foto Di Sini

Twibbon Hari Lahir Pancasila, Keren 5 >>> Unggah Foto Di Sini

Twibbon Hari Lahir Pancasila, Keren 6 >>> Unggah Foto Di Sini

Twibbon Hari Lahir Pancasila, Keren 7 >>> Unggah Foto Di Sini

Twibbon Hari Lahir Pancasila, Keren 8 >>> Unggah Foto Di Sini

Twibbon Hari Lahir Pancasila, Keren 9 >>> Unggah Foto Di Sini

Twibbon Hari Lahir Pancasila, Keren 10 >>> Unggah Foto Di Sini

Unduh lebih banyak bingkai twibbon Hari Lahir Pancasila👇:

Twibbon Hari Lahir Pancasila, lebih lengkap lagi >>> Di Sini

Sedangkan untuk informasi penting lainnya, direkomendasikan juga:

Unduh Modul Literasi dan Numerasi


Twibbon Terbaru

Twibbon Hari Kebangkitan Nasional

Twibbon Selamat dan Sukses PAT

Twibbon Hari Buku Nasional

RPP Matematika SD


Demikian Twibbon Keren Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Semoga bermanfaat. Salam Literasi.

2 comments for "Twibbon Keren Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022"

  1. Terimakasih.. sukses sll. Barokallaah

    ReplyDelete
  2. Inspiratif ,Mantap ,Sukses selalu dik.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.