Mengatasi Kendala: Tips Isi Formulir dan Mengajukan Akses Pendaftaran Kurikulum Merdeka 2023-2024

Aleepenaku.com-Mengatasi Kendala: Tips Isi Formulir dan Mengajukan Akses Pendaftaran Kurikulum Merdeka 2023-2024. Bapak ibu kepala sekolah maupun plt yang ingin mendaftarkan sekolahnya dalam program IKM tahun pelajaran 2023-2024, sebaiknya terlebih dahulu mempelajari Tata Cara Pendaftaan IKM 2023-2024. Sebab, tanpa mengetahuai cara mendaftarkan, maka sangat sulit untuk memahami alurnya.


Seperti diketahui bahwa implementasi kurikulum merdeka, sudah banyak sekolah yang menyelenggarakan. Apalagi bagi sekolah yang telah menjadi atau menjalankan program sekolah penggerak. Baik sudah memasuki tahu kedua maupun baru tahun pertama. Namun, PSP ini menjadi contoh bagi sekolah lainnya yang belum atau masih akan menerapkan kurikulum merdeka.

Kemudian, memang sudah seringkali dilaksanakan seminar atau IHT tentang implementasi kurikulum merdeka, penyusunan modul, P5, rapor kurikulum merdeka dan lain sebagainya. Akan tetapi, tidak ada salahnya apabila kita tetap fokus untuk memaksimalkan program tersebut di sekolah dengan tetap bekerjasama dan berkolaborasi antarguru. Tujuannya, agar apa yang telah menjadi harapan bersama dapat terwujud dengan baik. 

Nah, untuk tahun pelajaran 2023-2024, kembali dibuka pendaftaran untuk menimplementasikan kurikulum merdeka di lembaga satuan pendidikan. Silakan bapak ibu kepala sekolah secara saksama memerhatikan syarat dan ketentuan mendaftar IKM ini. Jika belum memahami syarat-syarat pendaftaran IKM untuk 2023-2024 ini, dapat membaca kembali tentang alur pendaftaran IKM 2023-2024.

Selain itu, barangkali juga mengalami kendala dalam melakukan pendaftaran IKM ini. Ingatlah bahwa kepala sekolah atau Plt kepala sekolah harus mendaftarkan sendiri dalam program IKM ini. Tidak boleh dilakukan oleh pihak lain. 

Kendala yang Mungkin Dihadapi?

Apa saja kendala yang mungkin dihadapi oleh kepala sekolah saat mendaftar implementasi kurikulum ini? Apakah sudah tepat pilihan IKM Mandiri yang diajukan? Entah IKM Mandiri belajar, berubah ataupun berbagi.

Perhatikan kendala yang mungkin saja terjadi dan dialami oleh kepala sekolah saat mendaftar, sebagai berikut.

  1. Tidak dapat mendaftar karena belum unduh aplikasi paltform merdeka mengajar (PMM)
  2. Tidak dapat akses pendaftaran Kurikulum Merdeka
  3. Tidak tersambung karena tidak menggunakan gmail belajar id. admin sekolah
  4. Tidak bisa diterima karena dilakukan bukan oleh KS
  5. Tidak ada akses karena belum melengkapi surat keputusan sebagai KS
  6. Belum menunjukkan atau meneyertakan NPSN, jadi tidak terakses
  7. dan kendala lainnya.


Mengatasi Kendala: Tips Mengajukan Akses Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka 2023-2024

Sekali lagi bagi Kepala sekolah (KS) atau Plt KS yang telah mendaftar dan mengalami permasalahan serta kendala, sehingga terjadi non akses untuk mendaftar Kurikulum Merdeka di PMM, silakan segera mengajukan permohonan akses.

Permohonan akses yang dimaksud adalah untuk memeroleh akses masuk untuk mendaftar Kurikulum Merdeka. 

Akses masuk tersebut dapat diperoleh atau diberikan setelah kepala sekolah atau plt kepala sekolah mengajukan permohonan akses mendaftar kurikulum merdeka dengan mengisi data formulir http://bit.ly/KendalaAksesPendaftaranKM 

Atau bisa juga langsung Isi Formulir Akses Pendaftaran Akses dengan menekan gambar di bawah ini.


SIMAK Penjelasannya:



Cara Mengisi Formulir yang Tepat

Setelah membuka akses formulir pengajuan akses seperti di atas, Kepala Sekolah harus memasukkan beberapa data yang dibutuhkan. Data tersebut wajib ada dan diisi sesuai dengan fakta. Data tersebut meliputi:

  • KS harus memiliki Akun belajar.id aktif
  • NPSN
  • Surat Keputusan (SK) penunjukan sebagai KS atau Plt KS.

Pastikan isian data benar dan kirim dengan tepat.

Apa yang dilakukan selanjutnya: Selanjutnya data yang dikirim oleh kepala sekolah akan diproses. Yakni diperiksa terlebih dahulu. Kepala sekolah atau Plt kepala sekolah harus bersabar menunggu keputusan yang akan diterima.

Nah, untuk lebih siap siaga, maka ketika sedang menunggu validasi pemeriksaan data yang diajukan, maka kepala sekolah atau plt kepala sekolah harus memerhatikan informasi sebagai berikut.

Jika ternyata sudah dinyatakan lulus pemeriksaan, maka KS tersebut akan memeroleh akses pendaftaran sektar 3-5 hari setelah mengisi formulir. Di sinilah pentingnya kepala sekolah selalu melakukan cek secara berkala. Pastikan muncul tombol Mulai Pendaftaran atau Lakukan Refleksi. Tombol tersebut digunakan untuk mengakses kembali. 

Cermati pula email belajar id kepala sekolah atau plt kepala sekolah. Sebab, bagi yang dinyatakan tidak lulus pemeriksaan, akan ada informasi melalui emailnya.

Apabila ternyata dalam kurun waktu 3-5 hari setelah mengirim formulir tersebut belum bisa melakukan pendaftaran, maka hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah sebagai berikut.

  • Silakan keluar/logout 
  • Lalu, masuk/login kembali ke platform Merdeka Mengajar. 

Nah, jika memang masih ada kendala yang dihadapi, belum ada perubahan maupun kendala lainnya, disarankan segera menghubungi bantuan atau dengan cara menekan tombol 

Selanjutnya kepala sekolah akan mengisi tampilan seperti di bawah ini:

sumber gambar ss: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/14460103814297-Syarat-dan-Ketentuan-Pendaftaran-Kurikulum-Merdeka


Alur dan Cara Pendaftaran Kurikulum Merdeka

Untuk melakukan pendaftaran Kurikulum Merdeka, silakan buka aplikasi PMM dan cobalah akses dengan dua cara, sebagai berikut:

  1. Aplikasi Merdeka Mengajar  atau AMM segera unduh dari Smartphone atau HP.
  2. Platform Merdeka Mengajar (PMM) dari Laptop ke: https://guru.kemdikbud.go.id/

Setelah unduh atau melalui web ke PMM, lakukan langkah berikut:

Masuk/login ke PMM dengan menggunakan Akun belajar.id kepala sekolah atau plt KS.

Pahami terlebih dahulu video tentang Kurikulum Merdeka 

Pilih opsi implementasi Kurikulum Merdeka, Silakan segera dengan mengisi kuesioner. 

Lengkapi isian tersebut hingga selesai. Perhatikan cara mendaftar Kurikulum Merdeka ini.


Jika Sekolah atau satuan pendidikan sudah siap melakukan implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) selanjutnya segera pelajari secara mendalam informasi mengenai Kurikulum Merdeka di PMM: platform Merdeka Mengajar. I


Poin catatan: Pengajuan akses untuk melakukan pendaftaran Kurikulum Merdeka (KM) yang untuk akun belajar id aktif, oleh:

Kepala sekolah aktif

Plt kepala sekolah aktif

Infromasi selengkapnya tentang pendaftaran dan mengatasi kendala, DI SINI.


Sumber informasi: 

https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/14460103814297-Syarat-dan-Ketentuan-Pendaftaran-Kurikulum-Merdeka


Demikian informasi penting tentang Mengatasi Kendala: Tips Mengajukan Akses Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka 2023-2024 yang disajikan admin aleepenaku. Semoga bermanfaat, salam bahagia.

Post a Comment for "Mengatasi Kendala: Tips Isi Formulir dan Mengajukan Akses Pendaftaran Kurikulum Merdeka 2023-2024"