Daftar Mata Kuliah PPG Prajabatan seseuai Arah Kebijakan PPG Prajabatan

Aleepenaku.com-Daftar Mata Kuliah PPG Prajabatan seseuai Arah Kebijakan PPG Prajabatan 2022. Para sahabat calon guru alumni FKIP maupun STKIP yang luar biasa. Banyak kesempatan bagi sahabat untuk menjadi guru profesional melalui PPG Prajabatan. Mungkin saja sudah banyak yang memahami tentang peluang dan keuntungan bisa mengikuti dan lolos menjadi mahasiswa PPG Prajabatan.



Oleh karena itu, patut berbangga bagi sahabat yang telah dinyatakan lolos dan menempuh pendidikan profesi guru dalam jabatan (PPG Prajabatan) ini. Sebagaimana yang dijelaskan dalam laman resmi: https://ppg.kemdikbud.go.id/prajabatan-landing-page bahwa Arah Kebijakan PPG Prajabatan 2022, meliputi beberapa hal sebagai berikut.

Berdasarkan kebutuhan guru

Memiliki kepastian direkrut

Lulusan Pendidikan Profesi Guru

Terintegrasi dengan Induksi Guru Pemula

Memiliki relevansi yang kuat

Sinergi pemangku kepentingan

Sedangkan penjabarannya secara rinci, dapat disimak di laman ppg.kemdikbud.go.id - ppg prajabatan.


Profil Lulusan PPG Prajabatan

Agar diketahui oleh para sahabat semuanya, bahwa calon guru yang profesional melalui PPG Prajabatan harus memiliki profil sebagai berikut.

Mangamalkan Pancasila

Berkompeten

Mangamalkan Pancasila

Berkompeten

Nah, dengan demikian sahabat, bahwa menjadi guru profesional memang keharusan. Para sahabat akan mendapatkan dan menjalani pendidikan profesi guru dengan banyak belajar secara teori dan praktik. Sahabat calon guru akan dididik menjadi guru yang benar-benar mampu membawa perubahan di dunia pendidikan.

Oleh karena itu, perlu memahami mata kuliah yang akan dipelajari selama menempuh studi PPG Prajabatan ini. Janganlah lupa bahwa menempuh PPG Prajabatn, berarati para sahabat telah siap untuk belajar dan berubah. Menjadi agen perubahan yang benar-benar membawa perubahan lebih baik dalam dunia pendidikan.

Daftar Mata Kuliah PPG Prajabatan seseuai Arah Kebijakan PPG Prajabatan 2022

Apa saja mata kulia yang akan dipelajari oleh para sahabat sesuai dengan arah kebijakan PPG Prajabatan? Simaklah sebagai berikut.

Mata Kuliah Inti

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah bagi satu-satunya mahasiswa. Artinya, wajib diambil oleh calon guru. Selain itu, mata kuliah ini harus lulus sebagai bagian dari pemenuhan syarat kelulusan program PPG Prajabatan. Dengan demikian, para sahabat harus banyak belajar.


Mata Kuliah Selektif

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan. Ada sejumlah mata kuliah sebagai pilihan yang disediakan oleh perguruan tinggi. Yakni Perguruan Tingga penyelenggara program PPG Prajabatan. Mata kuliah pilihan selektif ini ditetapkan secara nasional.


Mata Kuliah Elektif

Mata kuliah pilihan elektif merupakan mata kuliah yang dipilih oleh calon guru atau mahasiswa. Yakni dipilih dari pilihan yang disediakan. MKE ini dapat berasal dari mata kuliah pilihan secara nasional.


MKI: Mata Kuliah Inti

1 Filosofi Pendidikan Indonesia

2 Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya

3 Prinsip Pengajaran & Asesmen Efektif I dan II

4 Pembelajaran Sosial Emosional

5 Seminar Pendidikan Profesi Guru

6 Provek Kepemimpinan I dan II

7 PPL I dan II



Mata Kuliah Pilihan Selektif

1 Literasi dalam Lintas Mata Pelajaran

2 Literasi Dasar*

3 Teknologi Bar dalam Pengajaran dan Pembelajaran

4 Pengantar Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

5 Perancangan dan Pengembangan Kurikulum

6 Pembelajaran Berdiferensiasi

7 Pengajaran dan Pembelajaran Daring dan Bauran

8 Design Thinking

9 Computational Thinking

10 Pendidikan di Daerah Khusus

11 Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

12 Bahasa Inggris untuk Guru SD**


Selengkapnya tentang detail program, silakan simak di ppg.kemdikbud.go.id -detail program ppg prajabatan.

Demikian yang dapat diinformasikan tentang Daftar Mata Kuliah PPG Prajabatan seseuai Arah Kebijakan PPG Prajabatan. Semoga berhasil sukses. Salam literasi.

Post a Comment for "Daftar Mata Kuliah PPG Prajabatan seseuai Arah Kebijakan PPG Prajabatan"