MUDAH: Cara Mengunduh Modul Ajar atau Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka dari Aplikasi Merdeka Mengajar

Aleepenaku.com. MUDAH: Cara Mengunduh Modul Ajar atau Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Platform Merdeka Mengajar. MUDAH: Cara Mengunduh Modul Ajar atau Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Platform Merdeka Mengajar ini adalah informasi penting yang disajikan untuk guru. Terutama bagi guru jenjang PAUD Dikdasmen yang telah memiliki akun belajar.id.

MUDAH: Cara Mengunduh Modul Ajar atau Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Platform Merdeka Mengajar ini disediakan dengan lengkap di PMM. Sehingga, para guru yang login ke PMM dapat dengan mudah mendownload atau mengunduhnya.

Bagaimana cara MUDAH Mengunduh Modul Ajar atau Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Platform Merdeka Mengajar? Perhatikan caranya. Agar dapat diunduh dengan baik dan sesuai dengan harapan.

 


MUDAH: Cara Mengunduh Modul Ajar atau Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Platform Merdeka Mengajar

 Nah, para sahabat semuanya. Seperti yang telah dijelaskan pada langkah-langkah Mengunduh Modul Ajar atau Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Platform Merdeka Mengajar di laman https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/ yakni sebagai berikut.

Nah, perhatikan sebelumnya. Setelah para sahabat aleepenaku menemukan perangkat ajar yang dibutuhkan di PMM, kita bisa mengunduhnya dalam ruang penyimpanan HP atau gawai atau smartphone kita. 

Sebagai catatan penting: silakan pastikan dahulu ruang penyimpanan pada gawai atau smartphonenya cukup untuk menyimpan dokumen Perangkat Ajar. Oleh karena itu, koreksi dahulu ruang penyimpanan HP kita sebelum mengunduhnya. Unduhan perangkat ajar atau modul dari PMM dalam bentuk PDF. Sedangkan untuk file bentuk video, belum bisa diunduh.

Perhatikan cara mengunduhnya:

Silakan pilih perangkat ajar yang ingin di download atau diunduh. 

sumber gambar dan  milik: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/7332346388249-Mengunduh-Perangkat-Ajar


Setelah berhasil login atau masuk ke halaman perangkat ajar, segeralah klik Unduh Perangkat Ajar. 

sumber gambar dan  milik: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/7332346388249-Mengunduh-Perangkat-Ajar



Perlu diketahui bahwa modul ajar atau RPP yang merupakan perangkat ajar yang dapat terdiri dari satu pertemuan atau lebih. Juga beserta bahan ajar pelengkap yang beragam. Silakan juga mengunduh dokumen  setiap pertemuan. Lebih bagus diunduh secara lengkap.

Selanjutnya, silakan buka pertemuan dalam RPP yang ingin diunduh, selanjutnya klik Lihat detail. 

sumber gambar dan  milik: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/7332346388249-Mengunduh-Perangkat-Ajar



Setelah kita login ke halaman detail pertemuan. Pilih dan klik tombol Unduh Semua apabila ingin mengunduh seluruh dokumen dalam satu pertemuan maupun dokumen satu per satu dengan klik ikon unduh di bagian kanan dokumen.


Pertanyaannya, apakah wajib masuk/login untuk mengunduh perangkat ajar?
Jawabannya adalah wajib masuk. Sehingga kita bisa mengunduh perangkat ajar yang berupa bahan ajar, modul ajar dan modul projek. Jika tidak, maka terbatas maksimal 3 kali. 

Kemudian, bagaimana jika selalu gagal mengunduh perangkat ajar?
Hal ini karena: Kita belum masuk/login ke platform Merdeka Mengajar. Kalau belum login hanya dibatasi maksimal 3 kali pengunduhan.
Koneksi jaringan internet yang kurang stabil.
Ruang penyimpanan HP atau smartphone sudah penuh.
Aplikasi Merdeka Mengajar (PMM) belum diperbarui.
 

Solusinya, adalah sebagai berikut.

Wajib login ke PMM

Koneksi jaringan pastikan stabil

Ruang penyimpanan HP cukup

Bersih dari cache

Install ulang aplikasi merdeka mengajar

Selengkapnya dapat didalami di Cara Mengunduh Perangkat Pembelajaran di PMM

atau di UNDUH MODUL Aplikasi PMM

Demikian informasi tentang MUDAH: Cara Mengunduh Modul Ajar atau Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka dari Aplikasi Merdeka Mengajar. Salam Bahagia.

1 comment for "MUDAH: Cara Mengunduh Modul Ajar atau Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka dari Aplikasi Merdeka Mengajar "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.