Cara Login dan Mengisi LHKASN dengan Siharka Guru ASN Tahun 2023 (UNDUH Aplikasi Excel)

Aleepenaku.com-Cara Login dan Mengisi LHKASN dengan Siharka Tahun 2023. Cara Login dan Mengisi LHKASN dengan Siharka Tahun 2023 ini mungkin saja sudah disosialisasikan di masing-masing daerah kepada guru melalui kepala sekolah  maupun kelompok kerja kepala sekolah (K3S). Namun demikian, seharusnya setiap ASN dapat memahami tentang Cara Login dan Mengisi LHKASN dengan Siharka Tahun 2023.

 



Banyak pertanyaan yang mungkin muncul tentang LKHSN dan Siharka ini. Misalnya sebag berikut.

Login Siharka pakai apa?

Kapan terakhir Lhkasn 2022?

Bagaimana cara mengisi Lhkasn?

Lhkasn lapor kemana?

Siharka singkatan dari apa?

Bagaimana cara login Siharka?

Siapa saja yang wajib mengisi Siharka?

Kapan terakhir pelaporan Siharka?
 

Nah, perlu dipahami bahwa pada tahun 2023 ini sejak awal, semua ASN seharusnya melakukan pelaporan semua harta kekayaan yang dimilikinya. Termasuk Guru ASN di lingkungan pemerintah daerah atau pusat. Mengapa perlu dilakukan?

Menurut penjelasan ketika sosialisasi di tingkat OPS dan KS bahwa pelaporan ini juga untuk melakukan pencegahan praktik korupsi di lingkungan ASN. Sebagamana SE Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) tahun 2015  Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) di semua Instansi Pemerintah. 

Dengan demikian LHKASN bermanfaat sebagai tindakan preventif pada tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), serta pencegahan penyalahgunaan wewenang. Selain itu, LHKASN adalah sebagai bentuk transparansi ASN, dan penguatan integritas setiap ASN. 

Pengertian LHKASN

LHKASN adalah dokumen tentang penyampaian daftar harta kekayaan setiap ASN. Harta kekayaan tersebut dimiliki dan dikuasai sebagai bentuk transparansi ASN. Dokumen berbentuk formulir yang telah ditetapkan Menteri PAN dan RB. Penetapan dokumen ini bernama formulir LHKASN. 

Cara memperoleh dokumen Formulir LHKASN ini adalah dengan mendownload atau mengunduh di website Kementerian PAN dan RB www.menpan.go.id dalam versi pdf atau exce. Kemudian, menggandakan formulir sesuai kebutuhan masing-masing ASN di sekolah maupun menggunakan aplikasi Si-harka.

Isi LHKASN

Dala LHKASN terdapat 5 hal pokok yang termuat. Yaitu, sebagai berikut.

Data pribadi dan keluarga ASN,

Daftar harta kekayaan, 

Penghasilan, 

Pengeluaran dan 

Surat pernyataan.

Perlu diketahui bahwa harta kekayaan yang dilaporkan oleh ASN, tidak hanya harta kekayaan atas namanya sebagai ASN, pasangan maupun anak yang masih menjadi tanggungannya. Selan itu, juga melaporkan harta kekayaan atas nama siapa pun orang lain, namun telah menjadi harta kekayaan yang dimiliki atau dikuasai oleh ASN secara sah.

Catatan penting bahwa bagi suami dan istri yang sama-sama berstatus sebagai ASN, maka harta kekayaan yang dilaporkan dalam LHKASN haruslah sesua dan sama.

Adapun penghasilan yang harus dilaporkan dalam LHKASN yaitu:

penghasilan dari jabatan, 

penghasilan dari profesi, 

penghasilan usaha lainnya, 

penghasilan dari hibah/lainnya, dan 

penghasilan dari suami/istri yang bekerja. 

Sedangkan pengeluaran yang dilaporkan yaitu:

pengeluaran rutin atau tid selama satu tahun.

Pengeluaran rutin dapat berupa: berupa perkiraan pengeluaran rumah tangga: biaya listrik, air, transportasi, dan biaya hidup lainnya. 

Pengeluaran lainnya: rekreasi, asuransi, biaya pengobatan dan sebagainya. 


Waktu Menyampaikan LHKASN?

Jangka waktu penyampaian LHKASN paling lambat 1 (satu) bulan setelah pejabat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 diangkat dalam jabatan, mutasi atau promosi; dan 1 (satu) bulan setelah berhenti dari jabatan atau purna tugas; 

Jangka waktu lain sesuai peraturan perundang-undangan.

Ke mana Menyampaikan LHKASN?

LHKASN ini disampaikan kepada Bupati melalui Inspektur Daerah, LHKASN ini dituangkan dalam formulir isian dan atau melalui sistem informasi harta kekayaan (SIHARKA).

Silakan juga lebih banyak mempelajari penelusuran terkait:

lhkasn online

formulir lhkasn pdf

siharka selalu gagal login

siharka login

lupa password siharka

siharka tidak bisa diakses

daftar siharka baru

 

Login dan Mengisi LHKASN dengan Siharka Guru ASN Tahun 2023

Untuk mengisi dan laporan LKHASN melalui laman Siharka, silakan Klik Tombol Login berikut.

 

Sumber gambar tangkapan layar: https://siharka.menpan.go.id/index.php/login


Aplikasi Excel Perhitungan LHKASN

Untuk mempermudah perhitungan LHKASN, silakan dapat menghitungnya di aplikasi Excel LHKASN.

Dapatkan Aplikasi Excel Perhitungan LHKASN : Di Sini


Demikian informasi tentang Cara Login dan Mengisi LHKASN dengan Siharka Guru ASN Tahun 2023 (UNDUH Aplikasi Excel). Semoga bermanfaat.


1 comment for "Cara Login dan Mengisi LHKASN dengan Siharka Guru ASN Tahun 2023 (UNDUH Aplikasi Excel)"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.