Guru Anggota PGRI Meraih Prestasi Terbaik: Lomba Menulis Buku pada Festival Hari Buku Nasional Tingkat Jawa Timur Tahun 2022

Guru Anggota PGRI Meraih Prestasi Terbaik: Lomba Menulis Buku pada Festival Hari Buku Nasional Tingkat Jawa Timur Tahun 2022

Hari Buku Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 Mei menjadi momentum untuk merefleksi diri. Terutama terkait dengan kecakapan diri dalam membaca buku. Seperti yang diketahui, bahwa minat baca masyarakat Indonesia, masih cukup rendah. Sehingga, membutuhkan banyak energi untuk mendongrak semangat literasi. Khususnya literasi membaca dan menulis.


Apalagi, bagi kalangan masyarakat akademik. Bahwa aktivitas membaca merupakan sebuah keniscayaan. Buku, sebagai salah satu sumber ilmu pengetahun menjadi pilihan tepat untuk belajar, meningkatkan pengetahuan, menguatkan kecakapan literasi serta sebagai modal utama untuk berkarya, menulis. Tanpa membaca, sesorang akan miskin diksi. Bahkan, ia akan dilindas oleh kosakata-kosakata yang memperkaya perbendaharaan bahasa Indonesia yang terus berkembang.

Setiap insan pendidik, seyogyanya dapat mengambil dan memanfaatkan momentum Hari Buku Nasional tahun 2022 sebagai satu titik balik untuk memulai menerampilkan diri akrab dengan buku. Buku akan banyak melahirkan inspirasi. Dalam buku, kita akan dapat menemukan sesuatu yang baru. Sebab, kekayaan intelektual seseorang yang direfleksikan dalam bentuk buku tidak dapat “hidup” dan bermanfaat tanpa kita membacanya.

Ungkapan bahwa membaca berarti menjelajah jendela dunia, benar adanya. Dengan membaca, kita dapat mengetahui dan memahami setiap lini kehidupan, berbagai disiplin ilmu, situasi lintas Negara dan dan benua. Bahkan, membaca dapat menumbuhkan gairah perubahan gerak literasi yang lebih baik.

Nah, dalam rangka Hari Buku Nasional tahun 2022, Ikatan Penerbit Indonesia Jawa Timur menyambut baik dan respon sekali. IKAPI menghelat berbagai acara luar biasa yang mampu memantik jiwa-jiwa literasi kembali dapat bertumbuh. Salah satu aktivitas sepekan yang menonjol adalah pameran buku oleh beberapa penerbit anggota IKAPI dan oleh beberapa Perguruan Tinggi di Jawa Timur. Bahkan, obral buku hingga diskon 90% adalah terobosan yang sangat baik. Tinggal kita, apakah dapat memanfaatkan kesempatan baik ini atau tidak.

Kemudian, juga mengadakan lomba Duta Buku Jawa Timur tahun 2022 yang diikuti oleh pelajar dari usia remaja hingga dewasa. Lebih luar biasa lagi, IKAPI bekerjasama dengan Komunitas Literasi Nasional, Mediaguru menyelenggarakan lomba menulis buku. Yakni, melaksanakan lomba menulis artikel opini dan esai untuk 4 kategori. Ketegori tersebut adalah kategori siswa, mahasiswa, guru dan umum. Masing-masing kategori naskah yang terpilih akan dibukukan. Sedangkan untuk juara atau pemenang 1, 2, dan 3 akan memeroleh piala dan penghargaan dari IKAPI dan Mediaguru.

Lomba menulis buku ini diikuti oleh masyarakat se-Jawa Timur dan luar Jawa Timur. Lomba ini menajdi salah daya Tarik tersendiri bagi kalangan pendidik dan masyarakat terdisik untuk terus mengembangkan literasi menulis dan berkarya. Sehingga, sangat saying sekali apabila dilewatkan begitu saja.


Nah, kesempatan ini, saya gunakan sebaik-baiknya. Sebagai Guru Anggota PGRI dan menjadi pengurus APKS PGRI Provinsi Jawa Timur dan PGRI Kabupaten Sumenep, merasa terpanggil dan ikut bertanggung jawab untuk ikut menyukseskan acara tersebut. Selain itu, hal terpenting juga dapat meningkatkan pengalaman menulis buku. Terutama menulis artikel ilmiah popular dan esai.

Alhamdulillah, pada saat pengumuman melalui acara webinar Komunitas Pecinta Buku, saya ditetapkan sebagai Pemenang 1 Menulis Artikel dibukukan dengan tema Hari Buku Nasional. Judul tulisan saya adalah Refleksi HBN: Luaskan Literasi Masyarakat, Berdayakan Komponen Penggerak. Pada Hari Buku Nasional tahun 2022, saya sebagai penulis menawarkan solusi alternatif meningkatkan literasi membaca dan menulis dengan cara memberdayakan komponen penggerak di masyarakat.

Komponen penggerak tersebut dapat berupa komunitas literasi di masyarakat, paguyuban literasi, tokoh masyarakat literat, guru literat, satuan pendidikan, dan komponen lain yang dapat menggerakkan literasi membaca dan menulis, secara simultan. Tentu, jika ini dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan ikhlas berbakti, maka akan melahirkan energi literasi yang dahsyat.

Setelah diumumkan para pemenang, maka untuk Juara 1,2, dan 3 diundang untuk menerima piala yang bersamaan dengan acara penutupan Festival Hari Buku Nasional dan Bazaar Buku Murah berkualitas yang dilaksanakan di Maspion Square, Jl. Ahmad Yani, No. 73, Margorejo, Kec. Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60238 pada Minggu, 22 Mei 2022. Penutupan ini dilangsungkan sangat meriah.

Pada puncaknya, dihelat parade budaya oleh finalis duta buku Jawa Timur, Menyanyi, dan Fashion Show. Kemudian, acara puncak, para juri menilai para finalis pemilihan duta buku untuk siswa SMP dan SMA atau kategori remaja dan dewasa.

Hal yang luar biasa, pada acara pertama setelah penilaian grand final Duta Buku Jatim 2022,  juga disampaikan penghargaan dan piala kepada para pemenang atau juara menulis buku.

Piala dan penghargaan diserahkan oleh Ibu Arumi Bachsin Dardak, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Timur yang juga istri dari Bapak Emil Dardak, Wakil Gubernur Jatim. Kemudian, hadir juga memberikan piagam kepada siswa berpretasi menulis adalah ketua IKAPI Jatim.


Pada kesempatan berbahagia itu, disampaikan penghargaan kepada para juara 1, 2 dan 3 untuk kategori umum lomba menulis buku adalah sebagai berikut.

1. Ali Harsojo _ SDN Pajagalan II Sumenep _ Refleksi HBN: Luaskan Literasi Masyarakat, Berdayakan Komponen Penggerak

2. Desy Indriyani _ SMPN 06 Batu _ Implementasi Digitalisasi Sekolah melalui Perpustakaan Digital “dSNEBA”

3. Arga Pribadi Imawan _ Departemen Politik dan Pemerintahan UGM _ Platform Digital Industri Buku

Sebagai Guru Anggota PGRI dan meraih juara 1 Lomba Menulis Buku ini, kebanggaan tersendiri dan menjadi hadiah terindah Hari Buku Nasional ini. Alhamdulillah, saya telah menulis 4 buku tunggal dan lebih dari 115 buku antologi. Beberapa tahun sebelumnya juga meraih sebagai juara 1 Guru Berprestasi tingkat kabupaten Sumenep.

Hal yang membanggakan pula, pada kesempatan itu, saya juga berkesempatan menyerahkan buku karya yang cukup fenomenal kepada Ibu Arumi Bachsin dan ketua IKAPI Jatim. Judul bukunya adalah Bedah Literasi Kelas (Catatan Literasi Pak Guru). Karya yang sangat fenomenal. Cocok sebagai panduan literasi di sekolah. Dan buku ini sudah banyak digunakan oleh guru dari berbagai daerah di Indonesia.

Meski hanya seorang guru SD di SDN Pajagalan II Sumenep, saya merasa bangga dapat mewarnai momentum Hari Buku Nasional Tahun 2022. Semoga apa yang telah dihasilkan menjadi karya tulis, dapat bermanfaat. Amin.

Catatan: Kabar Pendidikan serupa juga diberitakan di berbagai media online.

Post a Comment for "Guru Anggota PGRI Meraih Prestasi Terbaik: Lomba Menulis Buku pada Festival Hari Buku Nasional Tingkat Jawa Timur Tahun 2022"